10 Situs Online Untuk Belajar Bikin Film Secara Mandiri

Ada banyak sekali tempat untuk belajar bikin film secara mandiri. Bagi kamu yang sekolah film, mungkin kamu bisa mengandalkan ilmu-ilmu yang diberikan oleh kampusmu, tetapi jangan abaikan pula ilmu-ilmu praktis yang bisa kamu dapatkan di tempat lain. Begitu pula buat kamu yang tidak sekolah film, belajar film secara mandiri memerlukan komitmen yang tinggi.

Sebagian besar dari kami sendiri tidak sekolah film. Situs-situs online menjadi platform yang sering kami jadikan gudang ilmu. Memang pada kenyataannya, kami sendiri merasa kehidupan ini sendiri adalah inspirasi utama dari karya-karya kami, akan tetapi pengetahuan teknis dan praktis yang dikemas ringkas dan menarik khas konten-konten dunia maya, bisa kamu jadikan tempat untuk belajar banyak hal.

Kami merangkum situs-situs online yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar film secara mandiri:

 

  1. Studio Antelope Blog

Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, sebagian besar dari kami tidak sekolah film. Selain belajar dari pengalaman sendiri dan komunitas lain, kami banyak belajar dari situs-situs online. Oleh karena itu, setelah bertahun-tahun berkarya dan berproses, kami pikir penting untuk mulai berbagi pada teman-teman komunitas yang juga punya passion yang sama.

Pengetahuan yang kami bagikan ini scopenya luas. Selama ini kami berproses secara mandiri mulai dari hulu sampai hilir produksi. Selain itu, kami juga memulai sebagai komunitas film, oleh karena itu kami pikir banyak pengalaman yang mungkin sama dengan yang teman-teman alami.  Jadi, kami sangat senang bisa berbagi pengalaman di blog kami dan membantu teman-teman lain dalam berproses.

Link: http://studioantelope.com/blog

 

  1. No Film School

Salah satu situs favorit kami. Nofilmschool memberikan tips-tips, baik teknis dan non-teknis, yang bisa diaplikasikan oleh pembuat film dari manapun. Tidak hanya itu, Nofilmschool juga kerap mewawancarai pembuat film untuk membagikan pengalamannya seputar filmmaking. Gear juga tidak luput diliput oleh mereka. Suplemen yang segar dan sehat untuksemua orang yang punya passion for making pictures.

Link: http://nofilmschool.com

 

  1. Taste of Cinema

Pembuat film yang baik adalah penonton film yang baik. Maka penting sekali buat pembuat film untuk menonton sebanyak mungkin film. Menonton film tidak hanya memberikan pengetahuan tentang kosakata film, tetapi juga memperkenalkan pendekatan-pendekatan segar. Taste of Cinema memberikan daftar-daftar film sesuai topik yang kamu sukai. Mereka selalu menulis daftar berdasarkan topik tertentu, sehingga memudahkan kita untuk mencari referensi yang dibutuhkan.

Link: http://www.tasteofcinema.com

 

  1. Cinema 5D

Situs ini dimulai sebagai platform yang menulis khusus untuk Canon 5D. Akan tetapi pada perkembangannya, situs ini kini telah menjadi sumber pengetahuan untuk pengguna kamera digital secara keseluruhan. Situs ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang kamera-kamera digital, review gear, dan workflow yang ideal untuk projectmu.

Link: https://www.cinema5d.com

 

  1. PremiumBeat

Topik yang ditulis PremiumBeat cukup luas. Kontributor situs ini terdiri dari praktisi-praktisi industri yang bisa memberikanmu ilmu dan tren terbaru dalam dunia filmmaking. Tidak hanya itu, PremiumBeat juga memberikan resource yang sangat bermanfaat, mulai dari musik hingga preset-preset lainnya.

Link: https://www.premiumbeat.com

 

  1. Raindance

Salah satu festival film independen ternama di Britania. Selain menyelenggarakan festival film tiap tahunnya, Raindance juga memberikan tips dan tutorial yang bermanfaat bagi pembuat film dari berbagai belahan dunia.

Link: https://www.raindance.org

 

  1. Phillip Bloom

Phillip Bloom adalah salah satu generasi baru sinematografer digital. Ia telah berpergian ke mancanegara untuk membuat film pendek, dokumenter, iklan komersial, dan sebagainya. Ia dikenal sebagai salah satu pioneer sinematografer digital yang memanfaatkan DSLR untuk mendapatkan film / cinematic look. Phillip Bloom rajin memberikan tips dan tutorial seputar gear-gear yang pernah ia gunakan hingga workflow.

Link: http://www.philipbloom.net

 

  1. IndieWire

Teknis memang penting, tetapi memahami film secara lebih umum pun tak kalah penting. IndieWire adalah platform yang memberikanmu perspektif industri film secara lebih luas. Mereka rajin mengulas dan memperlakukan film independen sejajar dengan film-film mainstream. Perspektif segar mereka adalah alasan utama untuk menjadikannya tempat belajar film secara mandiri.

Link: http://www.indiewire.com

 

  1. Cinema Poetica

Film tidak melulu soal produksi. Ada banyak sekali aspek lain yang menunjang film sebagai seni secara keseluruhan. Cinema Poetica adalah situs kajian film dari Indonesia yang konsisten mengupas dan mengkaji film dari perspektif yang menarik. Sayangnya memang di Indonesia, kritik masih sering dianggap penting. Nah, Cinema Poetica adalah salah satu situs yang mampu memberikan perspektif baru mengenai kritik film.

Link: http://cinemapoetica.com

 

  1. Videomaker

Platform website dari salah satu majalah filmmaking ternama berjudul sama. Videomaker akan membantumu belajar seoal filmmaking dari hulu hingga hilir, mulai dari membeli gear hingga menyunting gambar. Ditulis dan dikelola oleh praktisi industri, situs Videomaker sangat bagus untuk belajar lebih banyak tentang pembuatan video, baik untuk pemula hingga profesional sekalipun.

Link: https://www.videomaker.com

Comments