5 Anjuran Dalam Membuat Film Pendek Untuk Pemula

Saat ini siapa saja bisa membuat film. Sudah banyak alat-alat yang harganya terjangkau dan mudah digunakan, mulai dari kamera handphone  hingga kamera mirrorless bisa kamu pakai untuk membuat film. Akan tetapi, sebetulnya ada hal-hal lain yang juga tidak boleh disepelekan, terutama untuk pembuat film pendek pemula. Dalam postingan kali ini, kami akan memberikan 5 tips mudah membuat film pendek untuk pemula.

Dalam membuat film banyak cara-cara yang bisa dilakukan agar kamu  mendapatkan hasil yang baik, terutama bagi kamu yang baru mau memulai membuat film, kami akan coba jelaskan satu-satu bagaimana caranya membuat film untuk pemula khususnya membuat film pendek, mau tau bagaimana caranya? Berikut adalah lima tips membuat film pendek untuk pemula yang pasti bisa kamu lakukan!

Cerita Sederhana

Ini dia anjuran dari kami untuk membuat film pendek untuk pemula.

Sebuah film yang baik dimulai dengan menulis cerita karena dengan itu kita dapat mudah menyampaikan pesan yang ingin disampaikan, jangan sampai cerita yang kita inginkan malah terlihat membosankan serta tidak dapat dimengerti karena terlalu bertele-tele, membuat cerita yang dapat dimengerti bisa dimulai dengan membuat cerita yang sederhana, yang bisa kamu lakukan dengan cara melihat lingkungan-lingkungan sekitar kamu atau mulai dengan melalui keresahan-keresahan yang kamu punya sehingga kamu dapat dengan mudah mengeksplore cerita kamu sendiri. 

Lokasi Menawan

Ini dia 5 anjuran dalam membuat film pendek untuk pemula!

Jangan sepelekan lokasi! Mendapatkan lokasi yang menawan akan memudahkan kamu dan tim dalam menciptakan gambar-gambar yang baik. Menentukan tempat yang ingin kamu jadikan untuk film adalah salah satu tips yang bisa kamu lakukan dalam membuat film pendek, lokasi yang menawan dan tidak memerlukan biaya seperti lokasi yang memang dipakai untuk umum, bisa kamu masukan ke dalam list membuat film pendek kamu! Serta pastikan kamu survey lokasi-lokasi yang ingin kamu jadikan untuk film pendekmu, karena dengan itu kamu tidak perlu sulit untuk menentukan perizinan dllnya.

Pilih Aktor

Casting is a king! Dengan casting yang baik, maka setengah dari pekerjaanmu sebagai sutradara sudah selesai. Daripada mengajak teman kampusmu yang hanya sekedar ganteng dan cantik, cobalah beranikan diri mengajak aktor-aktor profesional atau setidaknya yang memiliki jam terbang di seni peran. Selain itu, lakukanlah reading dan rehearsal terlebih dahulu untuk mengeksplorasi karakter yang ada dalam ceritamu.

Pendek!

Yang namanya film pendek ya harus pendek! Jangan membuat film panjang yang dipendek-pendekan. Cara paling mudah untuk membuat film pendek untuk pemula adalah memulai dengan cerita yang pendek dengan satu situasi, satu masalah, dan satu penyelesaian. Cobalah mulai dengan mengeskplorasi satu situasi, dan bayangkan kejutan-kejutan yang mungkin terjadi dalam situasi tersebut. Jangan khawatir, kami punya beberapa contoh yang akan membuat kepalamu penuh ide:

 

 

 

Teknis Realistis

Memulai untuk membuat film pendekmu dengan melakukanya melalui hal-hal yang kamu ketahui, bisa serta kamu mengerti. Shooting melalui teknik-teknik yang realistis dan tergolong mudah seperti; teknik still shot. Tidak perlu untuk mencoba teknik-teknik yang menyulitkan kamu seperti harus menggunakan dolly agar kamu dapat menggunakan shot dolly track,  atau sampai-sampai harus meminjam jimmy jib agar kamu dapat menggunakan shot pedestal. Atau kamu pun bisa mencari hacks bagaimana menggunakan alat-alat yang sederhana namun bisa menciptakan shot yang bervariasi. Kamu bisa lihat beberapa hacks oleh Studio Antelope pada link dibawah ini.

 

Sekarang kamu sudah paham kan? Bagaimana cara membuat film pendek untuk pemula, jadi yang harus kamu lakukan sekarang adalah mencoba melakukanya. Dengan mencoba kamu mungkin akan tau, seberapa jauh kemampuan kamu dalam memaksimalkan yang kamu bisa. Kamu punya tambahan lain? Jika ada tulis di kolom komentar ya!

Comments