5 Film Panjang Yang Berawal Dari Film Pendek

Sebagai filmmaker pendatang baru, membuat film panjang di awal karir bukanlah hal yang mudah. Namun ada langkah awal yang dapat kamu lakukan, salah satunya dengan membuat film pendek. Siapa sangka, bahwa sebuah film pendek bisa sangat berpotensi untuk menjadi film panjang yang dapat sukses di pasaran. Hal tersebut tentunya dapat berpengaruh pada karir seorang filmmaker dan terbukti berhasil pada beberapa sutradara ternama dunia. Berikut 5 contoh film panjang yang ternyata berawal  dari film pendek:

 

Saw

Saw adalah contoh pertama film panjang yang berawal dari film pendek. Saw berawal dari sebuah film pendek horor yang didasari dari ide sang sutradara, James Wan mengenai permainan hidup dan mati. Film pendek yang diproduksi tahun 2003 oleh James Wan dan ditulis oleh Leigh Wannel, ini akhirnya berhasil menarik perhatian Lionsgate Studios untuk pembuatan film panjang. Dengan kisah yang menggambarkan penyiksaan psikologis dan adegan-adegan sadis, Saw pun menjadi salah satu film horor yang sukses di pasaran. Tidak hanya dengan satu sequel tetapi  film ini telah sukses dengan ke-8 sequelnya.

 

Whiplash

Whiplash merupakan salah satu film panjang yang menjadi karya sukses dari sutradara Damien Chazelle. Perjalanan Chazelle yang telah sukses di industri film, ternyata tidak semudah yang dilihat. Pada awalnya Chazelle  mengalami kesulitan dalam mengumpulkan dana untuk produksi film Whiplash tersebut. Hingga pada akhirnya, ia memutuskan untuk mengambil satu scene dari script film panjangnya, untuk ia jadikan sebuah film pendek. Ia mulai mengikutsertakan film pendek tersebut ke beberapa kompetisi, dan memenangkan Short Film Jury Award di Sundance 2013.  Dari film pendek itulah, ia berhasil menarik produser-produser untuk mendanai versi film panjang dari Whiplash.

 

Mama

Contoh lain film panjang yang berawal dari film pendek adalah Mama. Film ini berikisah mengenai sesosok makhluk halus yang menghantui dua orang anak perempuan dengan orangtua angkatnya. Mama sendiri merupakan debut film panjang horor dari sutradara Andrés Muschietti. Diawali dari sebuah film pendek berbahasa Spanyol, film ini kemudian ditemukan oleh Guillermo del Toro, yang pada akhirnya berperan sebagai produser dalam film panjangnya. Versi film pendek dari Mama ini kemudian berhasil digunakan sebagai alat promosi dari film panjangnya sendiri.

 

Rumah Dara

Rumah Dara merupakan salah satu gebrakan film slasher horor asal Indonesia yang disutradarai oleh Mo Brothers. Film ini sukses membuat penonton ketakutan tanpa harus menampilkan sosok makhluk halus. Kisah Keluarga Dara yang melakukan pembantaian terhadap orang-orang yang terjebak di rumah mereka digambarkan dengan adegan kekerasan yang terbilang kejam. Film panjang ini terbilang sukses dan telah didistribusikan ke berbagai negara di dunia. Namun, kesuksesan film panjang ini pun tak luput dari respon positif yang didapatkan dari segmen film pendeknya yang berjudul “Dara”. Pada tahun 2008, segmen film pendek “Dara” yang mengawali film panjang ini telah diputarkan di festival-festival film internasional.

 

Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya

Sebelum Vakansi yang Janggal dan Penyakit Lainnya dirilis di Indonesia, Yosep Anggi Noen, sang sutradara, terlebih dahulu membuat sebuah film pendek berjudul Hujan Tak Jadi Datang.  Sama seperti versi panjangnya, film pendek ini menceritakan seorang laki-laki dan perempuan yang ditugaskan untuk mengantar sofa  ke sebuah rumah. Perjalanan ini membawa mereka ke sebuah situasi yang tidak mereka duga. Hujan Tak Jadi Datang ditayangkan perdana di International Film Festival Rotterdam.

Comments