5 Inspirasi Iklan Perusahaan B2B Yang Seru & Menarik

Membuat iklan perusahaan B2B (business-to-business) bisa jadi cukup sulit. B2B adalah bentuk hubungan usaha yang tidak berhubungan langsung dengan konsumen sehingga ruang eksplorasi untuk pengiklanan atau marketing tidak seluas konten untuk business-to-customer (B2C). Selain itu, kebanyakan kegiatan usaha perusahaan B2B dipandang tidak terlalu menyolok dan menyisakan sedikit ruang eksplorasi. Nah, padahal dengan kreatifitas, pembuatan iklan B2B ini adalah sebuah kesempatan yang menantang.

Karena target video iklan perusahaan B2B adalah para profesional, pertanyaan yang timbul adalah seputar bagaimana menarik perhatian target tersebut. Iklan seperti apa yang efektif? Gaya seperti apa yang menarik para mitra bisnis? Pada dasarnya, membuat iklan B2B tetap mengaplikasikan prinsip-prinsip video marketing. Iklan-iklan yang dinilai berhasil adalah iklan yang mampu menimbulkan emosi bagi penontonnya melalui drama, humor dan kedekatan personal. Simak di bawah ini 5 inspirasi iklan perusahaan B2B yang bisa kamu jadikan referensi:

Slack

Video dari Slack ini menggunakan format testimoni pelanggan. Sekilas, ide tersebut terdengar klasik. Namun siapa sangka ternyata video testimoni bisa dikemas dengan presentasi gaya yang lucu dan komikal tanpa menghilangkan kerangka promosi.

Idenya, sebuah perusahaan, Sandwich Video Inc., membuat testimoni tentang bagaimana Slack membantu mereka dan pekerjaan para karyawannya. Dengan gaya komikal ala Amerika Serikat, video iklan Slack memberikan nuansa ringan yang merefleksikan konsep Slack tanpa menghilangkan penekanan terhadap manfaat menggunakan Slack, sebuah perusahaan collaboration hub. 

 

Hootsuite

Video Hootsuite mengadopsi salah satu konsep konten program Jimmy Kimmel, Mean Tweets. Dalam video ini, Hootsuite bertujuan untuk memberitahukan kepada para penggunanya bahwa mereka baru saja melakukan dashboard update. Mereka menyampaikannya dengan pembukaan di mana tim desain produk Hootsuite membaca cuitan bersifat kritik dan ejekan dari para pengguna Twitter, baru kemudian video tersebut menunjukkan bagaimana Hootsuite telah memperbaiki tampilannya.

Yang menarik, video ini mampu mengumumkan perubahan tampilan Hootsuite sekaligus melakukan branding bahwa tim yang bekerja di balik Hootsuite mendengarkan dan menerima saran dan kritik. Gaya yang membungkus iklan ini juga termasuk ringan dan mengundang senyum. Apalagi dengan referensi program Jimmy Kimmel, penonton akan merasa jauh lebih relate. 

 

Verisign

Jika kamu adalah penggemar berat iklan yang berformat naratif atau storytelling, kamu mungkin bisa mendapat inspirasi dari iklan video Verisign. Verisign adalah perusahaan penyedia nama domain, tapi setelah melihat videonya, apakah kamu mengira ini adalah iklan perusahaan yang menjual nama domain? Video iklan Verisign tersaji dengan sangat halus.

Berformat mockumentary, iklan berjudul ‘Shopping Cart Whisperer’ ini bercerita tentang Liberty Fillmore, seorang pria yang ‘menyelamatkan’ troli-troli terbuang. Video ini menunjukkan seolah-olah troli tersebut hidup. Meskipun konyol dan sedikit eksentrik, namun hubungan antara konsep video ini dengan Verisign adalah premis yang ditawarkan: penyelamat troli terbuang. Di akhir video, akan ada call to action pula agar orang meng-klik sebuah situs yang terhubung ke Verisign. Halus ‘kan? 

 

Method CRM

Sebuah video tutorial tidak harus membosankan, loh. Buktinya adalah video iklan dari Method CRM ini. Meskipun mengadopsi konsep tutorial yang menunjukkan langkah-langkah secara langsung dengan kursor di layar digital, Method CRM bermain dengan dialog admin bernama Errol yang menyenangkan. Video ini juga membuat sebuah skenario di mana Errol berbicara dengan seorang pelanggan yang bertanya.

 

Maersk Line

Untuk tone video yang lebih serius namun tetap menarik, tengok video dari Maersk Line ini. Video ini lebih seperti profil perusahaan secara singkat dari sudut pandang para tenaga kerjanya. Dengan shot-shot indah mengenai proses pengiriman di tengah laut serta kapal yang digunakan, video ini menampilkan sejumlah individu dengan latar belakang berbeda menyebutkan nilai-nilai perusahaan Maersk Line.

Pembukaan tersebut memberikan citra positif bagi Maersk Line, beberapa di antaranya yaitu keberagaman sumber daya manusia, toleransi dan tentu saja, nilai-nilai perusahaan. Nah, konsep video ini bisa dibilang lebih formal, klasik dan serius, cocok dalam menggambarkan citra perusahaan seperti Maersk Line.

Comments