5 Tips Memotret Untuk Meningkatkan Kualitas Foto Instagrammu

Idiom “A picture is worth a thousand words” sangat familiar. Jika melihat kondisi saat ini, A picture in Instagram is worth a thousand words. Foto di Instagram dapat menentukan first impression orang lain mengenai gambaran diri yang kamu perlihatkan di dunia maya. Kamu pasti ingin memberikan first impression yang terbaik. Studio Antelope punya tips 5 cara meningkatkan kualitas foto Instagrammu.

 

Tentukan perspektif

It’s a matter of perspective, sudut pandang apa yang ingin kamu tunjukkan dalam foto. Situs The Phoblographer menjelaskan ada 3 perspektif dasar dalam foto yaitu neutral perspective, 45 degrees, dan birds’ eye view. Neutral perspective dapat digunakan jika kamu ingin fokus terhadap objek tertentu dan menghasilkan background bokeh. Jika kamu menginkan foto dengan kesan ber-layer, perspektif 45 degrees dapat menjadi pilihan. Birds’ eye view banyak digunakan dalam food photography karena memberikan kesan flat dan menunjukkan keseluruhan detil objek.

 

Pencahayaan yang baik

Lebih suka Boyhood atau Like Father Like Son?

A post shared by Jason Iskandar (@jasoniskandar) on

Cahaya yang baik menjadi kunci untuk kualitas foto terbaik. Usahakan untuk memotret dengan pencahayaan alami atau natural lights. Ada beberapa waktu yang dapat menjadi pilihan untuk pencahayaan alami yang dikenal dengan istilah Golden Hour. Istilah ini dikenal sebagai durasi waktu yang tepat untuk pencahayaan alami. Golden Hour terjadi pada sesaat setelah matahari terbit dan sebelum matahari terbenam.

 

Perhatikan objek dan background foto

Apa yang ingin kamu tunjukkan dalam foto kamu? Mungkin padu padan pakaianmu untuk outfit of the day, makanan yang menggiurkan, pemandangan yang indah, atau selfie diri kamu. Foto yang baik memiliki objek yang ingin ditonjolkan secara jelas. Jika kamu ingin menonjolkan objek penuh warna, kamu bisa memilih background berwarna putih. Sebaliknya jika kamu ingin menunjukkan ootd monochrome kamu bisa memilih background berpola dan berwarna untuk mengimbanginya. Kuncinya adalah keseimbangan antara objek dan background foto.

 

Komposisi foto yang tepat

Minimal Seoul 🇰🇷 #vante

A post shared by Ante Badzim (@ante) on

Ada beragam jenis komposisi foto yang dapat kamu terapkan. Aturan dasar yang sering digunakan adalah rule of thirds. Rules of thirds adalah menetapkan kompisisi dengan membagi 3 bagian dengan menggunakan 2 garis vertikal dan 2 garis horizontal. Sebaiknya objek ditempatkan di titik-titik temu antara garis vertikal dan horizontal.

Rule of thirds (sumber: photographymad.com)

Framing (sumber: digital-photography-school.com)

Jenis komposisi lain yang bisa kamu gunakan adalah framing yaitu dengan membuat foto terkesan berada di dalam “frame” seperti foto melalui jendela. Pastikan juga foto kamu tegak lurus dengan menggunakan fitur grid. Komposisi yang baik dapat menghasilkan foto yang menarik.

 

Poles dengan aplikasi editing

Tidak ada salahnya menggunakan aplikasi editing untuk menghasilkan foto terbaik sesuai yang kamu inginkan. Kamu bisa perbaiki exposure, contrast, crop, maupun mengganti suasana foto dengan mengubah temperature. Ada beragam aplikasi editing yang bisa kamu unduh secara gratis di smartphone kamu seperti VSCO, Snapseed, dan PicsArt.

Comments