5 Tips Mudah Membuat Video Timelapse Yang Baik

Video timelapse adalah teknik yang merekam perubahan atau perjalanan adegan atau objek dalam suatu rentang periode yang cukup panjang lalu mengubahnya menjadi video dengan durasi dicepatkan. Salah satu contoh paling umum adalah perubahan langit dari pagi ke malam lalu ke pagi lagi. Untuk mencapai hasil tersebut, kamera diletakkan di atas tripod untuk merekam langit dari pagi ke malam.. hingga ke pagi lagi. Lalu bagaimana sih cara membuat video timelapse?

Banyak orang salah kaprah dalam membuat video timelapse. Banyak orang mengira harus merekam video selama berjam-jam untuk kemudian dipercepat di editing. Padahal, dengan mengumpulkan foto dalam interval tertentu dalam periode waktu tertentu, video time lapse juga dapat dibuat.

Bagaimana sih cara membuat video timelapse? Yuk klik untuk membaca selangkapnya!

Kamera dapat mengambil rangkaian foto selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Hasil video timelapse sangat digemari kini. Bagaimana sih caranya agar video timelapse-mu dapat diambil dengan efisien? Berikut ini adalah lima tips mudah membuat video timelapse yang baik:

Bawa Peralatan Terbaik

Jika kamu sedang membuat video timelapse, kamu tidak membutuhkan banyak peralatan. Tidak perlu lampu, flash, apapun itu. Kamu hanya membutuhkan kamera saja dan mungkin satu buah lensa yang baik. Kamu dan kameramu. Secara manual, atur juga pengaturan yang berhubungan dengan frame rate, apperture, shutter speed dan lain sebagainya. Selain filter kamera, kamu mungkin juga akan merindukan stabilizer yang stabil. Karena kamu cuma butuh kamera, pastikan kamu membawa kamera dengan kualitas yang cukup baik dan sesuai, ya.

Bagaimana sih cara membuat video timelapse? Yuk klik untuk membaca selangkapnya!

Ambil Shot dengan Rumus

Kapan terakhir kamu menggunakan rumus matematika untuk membuat sebuah keputusan kecantikan? Jika berurusan dengan time lapse, hal tersebut mungkin-mungkin saja. Faktanya, jika kamu ingin mengambil time lapse yang tidak tidak terlalu ribet, pasti menggunakan rumus (frame rate) x (seconds of footage) = (total number of frames) dan (shoot time in seconds) ÷ (number of frames) = interval in seconds). 

Pastikan Pengaturan yang Baik

Pengaturan yang bersifat otomatis terkadang sering melakukan rekalibrasi aspek-aspek pengaturan kamera sehingga menuntut kita untuk memberikan penilaian lagi. Pengaturan bersifat manual memang terkadang memberikan hasil yang lebih baik, misalnya titik fokus, ISO, white balance, apperture dan sebagainya. Tapi, kembali lagi, banyak faktor untuk dipertimbangkan. Kali ini, misalnya, termasuk faktor pencahayaan dan perubahan cuaca.

 

 

Kestabilan

Pastikan kamera yang kamu bawa terpasang dengan baik pada tripod dan sebagainya kecuali memang idemu ingin menambahkan gerakan (motion) pada video timelapse-mu. Jika bagi kamu menambah gerakan saat proses pengambilan gambar tidak memungkinkan, coba manipulasi gambar pada proses editing dengan teknik crop.

Ambil Gambar!

Ambil kameramu, tentukan objekmu dan ambil gambar yang kamu ingin dengan kamera tersebut. Berhenti memikirkan atau membahas ide-ide yang ada dan segera lakukan saja. Beberapa test shot untuk memastikan penyesuaian, lalu kamu siap mengambil gambar time lapse! 

Comments