6 Ide Konsep Video Menarik Untuk Brand Kecantikan

Kami kembali lagi dengan artikel mengenai ide konten video. Kali ini kami ingin membahas ide konsep video menarik untuk brand kecantikan dan ide apa saja yang menurut kami unik untuk dijadikan inspirasi.

Dunia kecantikan bersaing semakin ketat, salah satunya karena meledaknya review dari beauty blogger di seluruh dunia. Meskipun begitu, masih ada banyak ide konten video lainnya yang menggugah perhatian selain review para blogger. Apa sajakah? Cek 6 hal di bawah ini:

 

Short film

Ide konsep video menarik pertama yang layak kamu pertimbangkan adalah film pendek. Salah satu film pendek menarik adalah kisah menyentuh dari Pornkasem Clinic, Thailand, berjudul ‘Lalin’. Selain mengangkat fenomena media sosial sebagai konsep cerita, ‘Lalin’ membahas tentang cyberbully dan efek psikologis yang ditimbulkan. Topik yang berat tersebut dikemas manis dengan romansa dua tokoh utamanya.

Lalin, seorang gadis Thailand, yang memiliki akun sosial media populer ‘Lalin Moon’ dan juga dinobatkan sebagai Net Idol justru pindah ke Jepang untuk ‘kabur’ dari orang-orang yang dikenalnya. Ia mengenakan masker sepanjang film, tidak ingin menunjukkan wajah aslinya tanpa filter-filter Instagram. Dalam perjalanannya, ia berkenalan secara online dengan seorang ilustrator. Namun saat mereka bertemu, Lalin ragu.

Siapa sangka ternyata film pendek ini adalah konten video dari klinik kecantikan kulit (Dermatologis) di Thailand. Antara brand dan film pendek ‘Lalin’ memiliki benang merah yang kuat, yaitu masalah kecantikan kulit.

Nah, bisa ditiru, nih! Jika kamu sedang kebingungan membuat konsep untuk suatu brand, coba cari kata kunci dari brand tersebut dan jadikan topik utama di filmmu.

 

Tutorial

Siapa, sih, yang tidak suka tutorial? Tutorial mempermudah hidup kita. Sebenarnya konsep tutorial ini sudah ada sejak dulu, misalnya saja buku resep masakan, video masak-memasak, atau catatan panduan. Namun dengan munculnya internet serta situs berbagi video, permintaan tutorial yang berbeda semakin bermunculan.

Jika ingin membuat konten video berupa tutorial, kamu bisa mengintip video dari L’Oreal.

L’Oreal menawarkan video tutorial tatanan rambut sederhana dengan durasi hanya satu menit. Agar menarik, video dikemas secara tematik yaitu dengan embel-embel Romantic Night, meskipun tatanan rambut yang diajarkan adalah tatanan sederhana yang bisa diterapkan di berbagai acara. Penekanan video ini bukan pada cara membuat tatanan rambut melainkan pada bagaimana penggunaan produk L’Oreal yang ditawarkan.

 

Motivational

Sekarang banyak kampanye yang berusaha ‘menghancurkan’ standar kecantikan. Salah satunya video dari Dove ini, ‘You’re More Beautiful Than You Think’.

Di dalam video tersebut, beberapa orang wanita dan pria dimintai pendapat secara terpisah tentang wajah mereka dan apa itu kecantikan menurut mereka masing-masing. Kemudian satu per satu dari mereka masuk ke sebuah ruangan di mana seorang seniman forensik menunggu untuk menggambar sketsa wajah mereka. Peraturannya, mereka harus mendeskripsikan diri mereka masing-masing kepada seniman untuk dapat digambar. Sang seniman tidak boleh melihat wajah mereka langsung. Mereka juga diminta mendeskripsikan peserta lain, orang-orang asing bagi mereka.

Di akhir video, mereka melihat perbandingan sketsa hasil deskripsi pribadi dan orang lain. Sketsa hasil deskripsi orang lain tampak lebih cantik daripada sketsa hasil deskripsi pribadi. Seperti judulnya, video ini bermaksud mengatakan bahwa kamu lebih cantik dari dugaanmu sendiri. Keren ‘kan?

 

Social Experiment

Video satu ini memiliki konsep yang sangat menarik. Hampir mirip dengan video Dove yang sebelumnya, Dove Choose Beautiful juga mencoba menyelami pikiran para wanita tentang kecantikan.

Dalam video ini, Dove melakukan eksperimen sosial. Dua pintu masuk ke sebuah bangunan dilabeli dua tulisan yang berbeda yaitu Cantik dan Biasa. Di awal video, hampir semua wanita memilih pintu Biasa dan justru takut masuk ke pintu berlabel Cantik. Menuju akhir video, semakin banyak wanita yang percaya diri untuk memilih pintu berlabel Cantik.

 

Historical Information

Tidak banyak orang yang tahu tentang sejarah kecantikan. Video-video yang menunjukkan tren-tren per dekade selama satu abad dari tahun 1900-an mulai bermunculan. Bisa jadi tujuannya edukasi, atau juga untuk hiburan semata. Yang jelas, video tentang sejarah kecantikan ini berhasil menarik perhatian banyak orang jika dikemas apik seperti video berjudul ‘100 Years of Hairstyle’ dari L’Oreal ini.

‘100 Years of Hairstyle’ menampilkan gaya-gaya rambut paling populer dari tahun 1910 sampai sekarang diiringi musik dan model-model yang memeragakan dengan gaya teatrikal. Video ini hanya berdurasi lebih dari satu menit, informatif tapi efisien.

 

Web Series

Konsep video menarik yang terakhir namun tak kalah penting adalah web series. Lewat web series, kamu bisa bercerita banyak sekali hal tentang value dari brand kamu. Kami sendiri pernah membuat dua season web series ‘Hijab Love Story 2’ dan ‘Hijab Love Story 3’. Dalam dua season web series itu, kami bekerjasama dengan brand kecantikan yang sudah tak asing lagi, Wardah Beauty. Seperti apa bentuknya, tonton saja hasilnya di bawah ini:

Comments