6 Tips Mencari Lokasi Syuting Yang Tepat Untuk Filmmu

Menemukan lokasi yang tepat, terutama untuk film pendek, sangat krusial. Bagaimana tidak, sebagian besar frame-mu dutentukan oleh latarnya. Jika latarnya tidak sesuai, atau jelek, maka sulit membuat penonton percaya pada semesta yang kamu ciptakan. Apalagi untuk film pendek yang durasinya pendek dan lokasinya sedikit: semakin tepat lokasi yang kamu pilih, semakin mudah pula kamu memainkan elemen-elemen mise-en-scene lainnya.

Ini dia 6 tips mencari lokasi syuting yang tepat untuk filmmu!

Pertanyaannya sekarang: bagaimana sih caranya mendapatkan lokasi yang tepat? Hal-hal apa aja yang perlu kamu perhatikan saat menentukan lokasi? Nah, jangan khawatir sebab di postingan kali ini, kami akan berbagi tips sedikit soal pencarian lokasi. 

Penasaran? Berikut 6 tips mencari lokasi syuting yang tepat untuk filmmu:

Lokasi Membantu Cerita

Pertanyaan paling mendasar dalam pencarian lokasi syuting adalah apakah lokasi tersebut dapat membantu penceritaan sebuah film. Yang kami maksud dengan membantu tentu bukanlah hanya soal apakah lokasi itu sesuai dengan kebutuhan cerita, tetapi juga bagaimana lokasi itu mampu memberikan dampak psikologis tertentu pada penonton. Jika kamu mencari lokasi untuk film horror, tentu kamu menginginkan suasana mencekam, dengan tekstur-tekstur yang sudah kuat. Potretlah dari berbagai sudut, dan coba tunjukan ke orang lain, lalu dengar apa pendapatnya tentang lokasi itu. Dengan begitu, maka tugasmu sebagai pembuat film akan lebih mudah kedepannya.

Ini dia 6 tips mencari lokasi syuting yang tepat untuk filmmu!

Gunakan Waktu yang Tepat!

Perfect timing is needed! Kalau cerita filmmu berlangsung di malam hari, lalu apa gunanya melihatnya di pagi hari. Pertimbangkanlah baik-baik waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi syuting. Sesuaikanlah waktu pencarian lokasi dengan waktu syuting. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan dengan lebih jeli, tidak hanya perihal tampilan visual, tetapi juga hal-hal teknis lainnya.

Pertimbangkan Gangguan Suara

Hal ini kadang dihiraukan—padahal ini sngat menentukan syutingmu dapat berjalan lancar atau tidak. Pastikan lokasimu tidak berada disekitar lokasi yang bising, seperti jalan raya, pabrik, atau rumah yang sedang dibangun misalnya. Cari tahu sejak awal sebab ini akan sangat berpengaruh dengan kelancaran syutingmu.

Ambil Gambar Exterior dan Interior

Foto! Foto! Foto! Percayalah, kamu membutuhkan banyak foto untuk membuat keputusan yang jernih. Potretlah dari berbagai sudut, baik interior maupun eksteriornya. Biarkan instingmu bekerja dalam merespon ruang, lalu biarkan mengendap, dan buka kembali foto-foto tersebut sebelum memutuskan. Selain itu, foto-foto tersebut juga akan berguna sebagai gambaran dalam menentukan blocking aktor dan kebutuhan teknis lainnya.

Ini dia 6 tips mencari lokasi syuting yang tepat untuk filmmu!

Catatlah Hal yang Penting!

Setelah kamu mengambil foto-foto lokasi yang kamu tuju, hal selanjutnya adalah mencatat! Kami menyarankan kamu membawa buku catatan saat proses pencarian lokasi supaya tidak ada yang terlewat. Selain kamu dapat mencatat barang apa saja yang ada di lokasi dan dapat dipergunakan, kamu juga dapat menimbang-nimbang tambahan-tambahan apa saja yang dibutuhkan.

Periksa Sumber Listrik!

Apakah lokasi tersebut menyediakan banyak sumber listrik? Cari dan catatlah berbagai sumber-sumber listrik yang tersedia di lokasi! Hitung berapa banyak ketersediaan sumber listrik dan tanyakan pada pengelola lokasi berapa kapasitas listrik yang dapat digunakan. Jika lokasimu memiliki daya listrik yang terbatas, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan genset.

Itulah beberapa tips dari kami mengenai hal-hal yang dapat membantumu dalam mencari lokasi ideal, kamu ada pertanyaan lain? Tulis di kolom komentar ya!

Comments