Algoritma Youtube: Bagaimana Cara Memaksimalkannya Untuk Meningkatkan Penonton Videomu

Bagi para individu atau kelompok yang kariernya dan basis utamanya berada di Youtube, tentunya peraturan dan algoritma Youtube sangat berpengaruh. Seringkali para Youtuber menyatakan kekesalannya saat Youtube mengubah lagi algoritma mereka yang memang sangat berpengaruh dalam mendapatkan jumlah view.

Sistem algoritma Youtube disebut dengan ‘search and discovery system’, sebuah algoritma yang menentukan video yang ditampilkan ketika seseorang memasukkan keyword pada kolom search. Selain hasil pencarian, algoritma Youtube ini juga menentukan video-video apa saja yang ditampilkan pada home page, trending stream, suggested video stream dan notifikasi.

Ini dia cara-cara memaksimalkan algoritma youtube untuk menadapatkan hasil yang lebih baik.

Ilmu mengenai peningkatan promosi berdasarkan algoritma disebut juga dengan search engine optimization atau SEO. Nah, tapi karena para perusahaan seperti Youtube beberapa kali merubah algoritmanya, SEO dinilai jadi tidak berguna lagi.

Tapi kami tidak sepenuhnya setuju. Bagaimanapun, ada cara-cara yang masih efektif untuk kamu yang ingin memulai karier atau pun sekedar membagikan konten di Youtube. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk dapat memaksimalkan jumlah penonton videomu:

Target

Kata kunci
Pastikan kamu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan konten videomu. Bukan hanya sesuai, kata kunci yang kamu gunakan juga lebih baik jika mempertimbangkan kata kunci yang umum digunakan orang. Namun, tetap pastikan kesesuaiannya dengan kontenmu. Kata kunci ini adalah kalimat yang berlaku sebagai judul videomu atau tags yang kamu masukkan.

Jika kamu masih baru, cobalah gunakan kata kunci yang unik dan tidak kompetitif.

Lokasi
Selain kata kunci, kamu perlu menentukan target penonton berdasarkan lokasi. Tentunya ini berhubungan dengan lokasi kamu berada dan bahasa yang kamu gunakan atau tema yang kamu angkat. Lokasi video ini dapat diubah di tab Video Manager di Youtube.

Ini dia cara-cara memaksimalkan algoritma youtube untuk menadapatkan hasil yang lebih baik.

Metadata

Yang dimaksud dengan metadata adalah judul, deskripsi dan thumbnail videomu. Untuk judul, pastikan judul yang kamu buat tidak melebihi 60 karakter. Semakin pendek judul video, semakin besar kemungkinannya untuk ditemukan. Lalu, hindari penggunaan judul yang mengandung click bait. Selain karena pengguna Youtube kini sudah semakin pintar, click bait dapat mengundang penalti dari Youtube. Hindari juga penggunaan kata yang mengandung SARA dan menyinggung, ya.

Untuk deskripsi, berikan deskripsi yang singkat, padat dan jelas mengenai videomu. Jika kamu baru di Youtube, jangan gunakan deskripsi yang terlalu rumit. Oh iya, kamu juga bisa mempromosikan media sosialmu yang lain dengan mencantumkan linknya di dalam kolom deskripsi ini. Terakhir, jangan lupakan penggunaan hashtags yang relevan.

Untuk thumbnail, ambil satu frame dari videomu yang paling merepresentasikan topik yang dibahas dan tentunya pilihlah yang menarik. Tapi seperti judul, hindari thumbnail yang berupa click bait semata.

Daya Ingat Penonton

Youtube tidak memiliki batas durasi video yang diunggah. Namun, kami sarankan untuk tetap membuat video seefektif mungkin. Jangan bertele-tele dalam bertutur. Jika videomu memang butuh durasi panjang, tentunya tidak ada larangan. Tapi jika kamu dapat bertutur dengan durasi yang lebih pendek, kenapa tidak? Pastikan juga videomu menawarkan naratif yang menarik di menit-menit awal.

Interaktif
Youtube memiliki fitur yang dinamakan cards. Cards memfasilitasi pencantuman link di dalam videomu, sehingga kamu dapat mempromosikan video yang lain secara langsung. Kamu dapat mendorong para penonton untuk meng-klik link tersebut. Tujuannya adalah untuk meningkatkan interaksi antara kamu dan penontonmu.

Ini dia cara-cara memaksimalkan algoritma youtube untuk menadapatkan hasil yang lebih baik.

Kolaborasi

Karena media sosial kini sudah semakin terkoneksi satu sama lain, kamu dapat mulai dari hal-hal paling sederhana seperti mencantumkan link video di kolom website di Instagram, atau membagikan video di Facebook dan Twitter, serta media sosial lain. Jika kamu official account di Instagram, kamu juga bisa meletakkan link di instastory dan meminta followers-mu untuk swipe up.

Untuk yang lebih canggih, kamu juga diperbolehkan mengamati taktik lawan dan mengaplikasikannya untuk videomu sendiri.  Ada beberapa aplikasi yang menawarkan jasa monitoring media sosial, entah channel-mu sendiri atau channel milik kompetitor.

Cara apapun yang kamu gunakan, gunakanlah langkah yang fair dan sehat. Tips terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan detail mulai dari konsep, konten hingga langkah-langkah yang disebutkan di atas. Semoga beruntung!

Comments