Di Balik Nama Studio Antelope

‘Kenapa Antelope?’, ini salah satu pertanyaan yang paling sering kami dengar. Kami pun sudah terbiasa dengan berbagai reaksi orang-orang yang mendengar nama kami, mulai dari orang yang menyebut nama kami ‘hip’, hingga orang yang bingung dengan hubungannya dengan industri film & video. Oke, melalui postingan ini, kami ingin menceritakan cerita di balik nama Studio Antelope.

Studio Antelope adalah video production company / production house didirikan pada tahun 2011 oleh Jason Iskandar dan Florence Giovani. Awalnya, tujuan mereka hanya ingin menciptakan satu platform yang bisa jadi media ekspresi bersama sembari menambah uang jajan. Dari berbagai kandidat nama, antara lain Telescope, Envelope, dsb, terpilihlah nama Antelope. Alasannya tak lain tak bukan karena enak didengar.

Lalu kenapa pakai kata Studio? Ketika itu Jason sudah membuat beberapa film pendek dan Florence lebih banyak mendesain grafis. Oleh karena itu, supaya platform ini bisa mewakili keduanya, maka ditambahlah kata ‘studio’ agar cakupannya lebih luas. Maka tidak heran, karya-karya awal kami tidak hanya meliputi film & video, tetapi juga desain grafis.

Nah, ini juga bagian yang sering salah kaprah. Jason dan Florence menyepakati nama Studio Antelope dan bukan Antelope Studio. Kenapa? Mereka sendiri lupa kalau ditanya lagi. Mungkin karena saat itu ada beberapa perusahaan desain yang menggunakan kata studio di depan. Ya, mungkin juga supaya lebih terdengar Indonesia.  Oke, yuk kita lanjut ke arti nama Antelope:

Lukisan gua, cerita tentang alasan kita memilih nama Studio Antelope.1. Lukisan Gua

Saat Jason kecil, ia memiliki seri ensiklopedia anak-anak bergambar. Salah satu buku tentang peradaban manusia menampilkan gambar lukisan gua yang digambar oleh manusia purba. Salah satu lukisannya di ensiklopedia itu bergambar hewan antelope. Ya, hewan Antelope merupakan hewan yang biasa dilihat oleh manusia purba. Manusia purba mencatatkan apa yang ia lihat melalui dinding-dinding gua. Kami pun ingin karya kami serupa dengan lukisan antelope tersebut: catatan yang jujur tentang apa yang kami lihat dan rasakan.

Insting adalah salah satu khas hewan Antelope, yang juga merupakan salah satu alasan kita memilih nama Studio Antelope.2. Insting

Antelope adalah hewan yang percaya pada intuisi mereka. Sama seperti itu, kami pun selalu ingin percaya pada insting setiap berkarya. Nah, apalagi dalam pembuatan film, terkadang percaya pada insting dan bukan pada desain awal yang kaku mampu melahirkan karya yang lebih jujur dan luwes. Antelope adalah simbol yang tepat untuk mengingatkan kami akan hal tersebut.

Antelope adalah hewan yang sangat decisive, salah satu alasan kita memilih nama Studio Antelope.3. Decisive

Antelope adalah simbol dari decisive action, atau aksi yang tegas. Antelope mampu bergerak cepat serta percaya diri dalam mengambil langkah yang diperlukan. Di lokasi syuting, kami selalu berhadapan dengan ratusan bahkan ribuan kemungkinan yang harus segera dipilih dalam waktu singkat. Jadi, kami pun harus percaya diri dan bersikap tegas.

Kira-kira begitulah alasan kenapa nama kami Studio Antelope. Betul sih, awalnya nama Antelope dipilih karena terdengar asik saja, tapi pada prosesnya kami mulai menyadari kesamaan-kesamaan kapabilitas hewan yang satu ini dengan para pembuat film. Setujukah?

Comments