Ini Dia Daftar Festival Film Pendek Bergengsi di Dunia

Perhelatan bergengsi filmmaker ialah festival-festival yang setiap tahunya bahkan bisa melebihi 10-20 festival jika itu di Indonesia, bagaimana jika diluar negeri? Kemungkinan-kemungkinan festival bisa jauh lebih banyak dan lebih bergengsi, kadang membuat beberapa filmmaker berambisi besar untuk memasukan filmnya hingga sudah mempersiapkan jauh-jauh hari agar filmnya bisa masuk kesana

Oleh karena itu, kami mencoba untuk merangkum beberapa festival film pendek  yang sangat bergengsi hingga terbaik untuk kamu coba dan persiapkan dari sekarang jika memang perlu dan ingin kamu lakukan, terlebih perkembangan film pendek kita yang sudah mulai merambah masuk ke berbagai festival dimana-mana membuat kami rasa perlu memberitahu kepada kamu, siapa tau kamu dapat mulai belajar bagaimana memasukanya hingga mengenal lebih jauh festival film terbaik ini.

Berikut kami rangkum lima festival film pendek terbaik yang mungkin dapat kamu coba:

Clermond-Ferrand Film Festival (Prancis)

Ini dia daftar festival film pendek paling bergengsi di dunia!

Sejarah panjang mencatat mengenai festival ini, bahwa festival ini sering juga disebut sebagai “Mekah-nya Film-Film Dunia” dikutip dari perkataan Dimas Jayasrana. Bahwa Clermond-Ferrand bukan hanya sebatas festival film yang menggelar kompetisi film pendek yang ketat dan proses kurasi film secara baik, tetapi juga film market-nya yang besar, dan lebih gila membuat film-film pendek di festival ini bahkan bisa memiliki ekosistem ekonominya sendiri, selain itu, festival ini juga bisa sampai menerima 10 ribu hingga 12 ribu judul film pendek di seluruh dunia yang ingin mendaftar kompetisi maupun di putar di sana, yang dari jumlah tersebut bahkan hanya 80 film terpilih. Perhelatan festival ini yang mencapai ke -40 hingga saat ini, membuat festival ini sangat-sangat diperhitungkan. Tertarik untuk melihat festival ini? 

Festival Sinema Prancis  (FSP) secara konsisten mengajak kamu untuk dapat melihat secara langsung festival film pendek terbesar di dunia ini, hal yang perlu kamu ikuti adalah mendaftar terlebih dahulu film pendekmu untuk diikut sertakan dalam festival film sinema Prancis ini, dan jika kamu mendapat juara dalam festival tersebut maka kamu juga berhak mengantongi tiket untuk datang langsung ke festival film pendek terbesar di dunia yaitu Clermond-Ferrand!

Website: clermont-filmfest.org

Shorts Shorts Film Festival (Jepang)

Memulai sejak tahun 1999 serta masuk menjadi bagian dalam Academy Motion Picture Art and Sciences, kemudian Terakreditasi secara resmi sebagai Festival tahun 2004. Membuat festival ini menjadi sebuah tolak ukur  dalam perfilman film pendek di Asia hingga Dunia, bahkan banyak menyebut jika film yang memenangi festival ini, secara langsung masuk sebagai nominasi Academy Award,  SSF yang secara resmi konsisten terhadap pengaruh perkembangan Film di Asia membuat festival ini sangat menarik untuk kamu coba masukan ke dalam list festival film pendek terbaik di dunia

Pada tahun 2014, mulai mencuat nama seorang Yosep Anggi Noen yang berhasil memenangkan 3 penghargaan dalam festival ini lewat filmnya yang berjudul A Lady Caddy Who Never Saw a Hole-in-One selain dapat membanggakan Indonesia, pencapaian ini juga bisa mengangkat mengenai perkembangan film Indonesia yang sudah dikatakan mampu di tahap asia. Ingin mencobanya?

Website: shortsshorts.org 

Palm Springs International ShortFest (AS)

Festival film yang telah dimulai sejak tahun 1990, dan berfokus pada perkembangan film pendek ini sangat menarik perhatian. Palm Spring film festival disebut-sebut sebagai salah satu festival terbesar dan paling bergengsi di Amerika Utara hingga Dunia, dengan jumlah penonton lebih dari 135.000 orang yang menghadiri. Perayaan festival ini bahkan bisa sampai 12 hari dengan mengadakan berbagai rangkaian acara dan pemutaran film yang  lebih dari 180 film dan di adakan di Palm Springs serta Cathedral City. Mungkin membuat kamu akan begitu senang dapat menghadiri disana.

Selain mengadakan berbagai pemutaran dan acara, festival ini juga turut serta untuk membangun hingga membantu terhadap film-film pendek sebagai bentuk perkembangan film pendek di Amerika Utara hingga Dunia, Acara tersebut yaitu   ShortFests unique Film Market and Forum  yang memberikan kesempatan kepada pembuat film untuk mengemukakan ceritanya untuk mendapat bantuan dana.

Website: psfilmfest.org

Tampere Film Festival (Finlandia)

Festival film pendek yang sudah mencapai 49 tahun sejak bergulirnya untuk pertama kali, merupakan festival yang sangat bergengsi bahkan festival ini  dikatakan sebagai salah satu dari beberapa festival terbaik dan terpenting di Dunia yang merupakan prioritas hingga mimpi seluruh filmmaker untuk dapat masuk ke festival ini, Tampere Film Festival merupakan salah satu festival yang banyak dikunjungi dari mulai professional hingga amatir yang jumlahnya bisa mencapai 30,000 pengunjung setiap tahunya. Film-film yang masuk juga bisa mencapai 4000 submissions sedangkan yang hanya diterima hanya sekitar 100an dari 40 negara yang masuk. Tampere Film Festival juga menyajikan beberapa program yang menarik dalam setiap tahunya seperti retrospective, tribute hingga seminars and workshop professionals loh, tertarik untuk ikut?

Salah satu film Indonesia yang juga berhasil untuk masuk dalam festival film ini yaitu On The Origin Of Fear (Pelon Alkupera) karya Bayu Prihantoro Filemon

Yang masuk dalam kategori International Competition 1 dalam Tampera Film Festival. Wah prestasi yang cukup membanggakan ya!

Website: tamperefilmfestival.fi

International Short Film Festival Oberhausen (Jerman)

Festival ini adalah salah satu festival tertua di dunia! Dibentuk sejak tahun 1954, Oberhausen merupakan salah satu festival film yang berfokus pada film pendek dari seluruh-seluruh dunia, dalam festival ini biasanya terbagi kedalam—International Competition, German Competition and International Childrens and Youth Film Competition. Oberhausen Short Film Festival sendiri biasanya ada lebih dari 5,500 film yang mendaftar disana dari 90 negara setiap tahunnya., meski yang terpilih hanya 450 film dalam berbagai sesi pemutaran atau dalam kompetisi. Serta biasanya banyak orang yang memang professionals dalam bidang film Internasional yang datang lebih dari 1,000 orang. Sangat luar biasa bukan festival ini?

 Karena namanya yang sudah tergolong festival tertua di dunia, Obenhausen Short Film Festival juga biasanya menjadi salah satu referensi festival untuk pemilihan nominasi film dalam Academy Of Motion Picture Arts and Sciences. Kamu tertarik untuk mengunjungi atau mencoba memasukkan filmmu ke festival ini?

Website: kurzfilmtage.de

Seperti itulah beberapa festival paling bergengsi hingga terbaik di dunia untuk film pendek, festival-festival diatas hanyalah sebagian dari festival terbaik lainya yang mungkin kamu sudah tahu sebelumnya, semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang berjuang membuat film atau mengirimkan filmmu kemana-mana. Kamu punya pertanyaan lain? Silahkan tulis di kolom komentar ya!

Comments