Istilah-Istilah Dalam Instagram Yang Perlu Kalian Ketahui

Kalian pasti tahu dong, media sosial Instagram? Instagram merupakan media sosial, dimana para pengikutnya dapat menampil kan foto – foto keseharianya ataupun menampilkan sebuah video namun hanya berdurasi 1 menit. Ada beberapa istilah dalam instagram yang perlu kamu ketahui. Nah, dalam postingan kali ini, kami mau membahas istilah-istilah tersebut.

Berikut ini adalah istilah dalam instagram yang perlu kamu ketahui!

Instagram dimiliki oleh semua masyrakat, tidak hanya dari kalangan muda sampai kalangan tua, di jaman ini mereka semua memiliki instagram. Tapi pernah tidak beberapa kali kita mendengar kata – kata yang sedikit asing yang tidak ada di dunia kita biasanya, seperti “klik on my bio” atau “ baca caption plis”. Nah kalimat – kalimat seperti itulah mungkin yang kalian tidak tahu. Nah oleh karena itu kita akan memberitahu, istilah – istilah apa saja sih yang ada di instagram.

 

Activity Feed

Mudahnya, istilah ini berarti pemberitahuan. Di dalam activity feed tersebutlah terdapat pemberitahuan mengenai apa yang dilakukan oleh IGers terhadap akun kita, seperti misalnya mention username kita, memberi like atau komentar pada postingan kita, dan lain-lain.

 

Bio

Singkatan dari Biography, yang mengacu pada keterangan singkat mengenai diri kita sebagai seorang pengguna Instagram. Bio ini perlu dituliskan agar orang tahu dan paham siapa diri kita. Letak Bio ini terdapat persis di bawah nama kita. Selain tulisan, kita juga bisa menambahkan emoji di bagian Bio untuk memperindah penampilan profile kita.

 

Caption

Caption merupakan deskripsi atau keterangan tentang post yang kita kirimkan. Di dalamcaption kita juga bisa memuat hashtag. Tidak ada ketentuan tertentu dalam menuliscaption, semua terserah kita sebagai pengguna. Ada baiknya caption yang kita tulis tidak mengandung sesuatu yang berbau SARA. Selalu gunakan caption yang baik dan jika bisa dapat memberikan inspirasi kepada orang lain.

 

Comment

Artinya komentar, dan kita pasti semua sudah tahu maksud istilah ini. IGers bisa memberikan komentar antar sesama pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain. Kita juga bisa menyertakan akun IGers lain di dalam komentar yang disebut denganmention.

 

Feed, Gallery, atau Album

Maksud dari ketiga istilah di atas dalam Instagram mengacu pada koleksi gambar atau video yang terdapat di profil IGers. Masing-masing pengguna IG mungkin memiliki aliran tertentu dalam menyebut bagian tersebut. Banyak pengguna IG yang membuat keunikan tersendiri di feed mereka dengan mengunggah foto-foto bertema sama dalam kurun waktu yang ditentukan.

 

Filter

Filter ini merujuk pada sebuah fitur Instagram untuk memberikan efek-efek pada gambar atau foto yang kita unggah secara gratis. Sebagai contoh efek merubah warna foto menjadi terang, bersih, sejuk, dan lain-lain. Ada sekitar 20 lebih efek yang kini tersedia di Instagram.

 

Follower

Artinya pengikut akun IG kita. Setiap pengikut pasti mendapatkan pemberitahuan atau kabar mengenai postingan terbaru dari akun yang ia ikuti. Ikutilah akun-akun IG yang dapat memberikan inspirasi untuk kita menjalani aktivitas sehari-hari, sebagai contoh akun seorang motivator, akun yang membahas tentang kepemudaan, atau tentang keagamaan.

 

Geotag

Geotag merupakan lokasi yang terdapat dalam postingan yang kita kirim. Fungsi geotagsendiri dalah untuk menunjukkan lokasi di mana kita mengirim postingan secara real-timeatau tidak. Fitur ini juga mampu mempermudah kita dalam pencarian foto-foto yang telah lama kita unggah.

 

Ghost Follower

Istilah dalam instagram yang juga perlu kamu ketahui adalah Ghost follower. Istilah ini sering disebut juga ghostie. Ghostie merupakan pengikut IGers yang tidak pernah memberikan like atau bahkan memberikan komentar ke postingan IGers yang ia ikuti. Pengikut seperti ini hanya sekedar menjadi pengamat atau silent reader.

 

Hashtag

Tulisan apapun yang kita tulis di caption akan menjadi hashtag bila kita awali dengan simbol # atau tagar. Kegunaan hashtag bisa untuk membuat tren, spesifikasi, atau pengelompokan serta pengerucutan bidang tertentu. Gunakanlah fitur hashtagsebagaimana mestinya jika kita ingin memposting sesuatu.

 

Like

Layaknya media sosial yang lain, Instagram juga menyediakan fitur untuk memberikan ekspresi atau apresiasi kepada post yang ia suka. Caranya cukup ketuk dua kali sebuahpost dan otomatis gambar hati akan muncul di tengah post tersebut.

 

News Feed

Istilah mengacu pada post terbaru dari akun IG yang kita follow dan dapat kita lihat di bagian beranda dengan tanda rumah, di bagian kiri bawah. Di news feed inilah semua aktivitas pengguna akun yang diikuti dapat kita ketahui secara langsung.

 

Post

Post adalah istilah yang mengacu pada gambar atau foto yang diunggah oleh IGers. Dalam bahasa Indonesia sendiri, post berarti kiriman baik berupa gambar atau video. Sebuah postbisa mengandung, gambar/video, caption, geotag, serta user tags.

 

Private

Istilah ini menerangkan bahwa akun IG seseorang tidak dapat ditampilkan oleh akun lain. Untuk bisa melihat profil akun private tersebut kita diharuskan mem-follow dan menunggu konfirmasi dari pemilik akun private tersebut dulu.

 

Selebgram

Merupakan singkatan dari selebritis instagram atau IGers yang umatnya banyak. Seorang selebgram dipastikan memiliki banyak pengikut dari puluhan bahkan jutaan. Orang yang tenar di Instagram bukan hanya artis yang sering tampil di televisi, bahkan ada juga mereka yang tenar karena aktif memposting foto-foto bagus dengan tema tertentu. Sebagian dari mereka kadang memperoleh keuntungan finansial berkat banyaknya jumlah pengikut. Keuntungan tersebut datang dari hasil meng-endors (mempromosikan) suatu produk.

 

Istilah dalam instagram yang perlu kamu ketahui.

 

Username

Istilah dalam instagram yang juga perlu kamu ketahui adalah username. Artinya nama pengguna yaitu nama yang digunakan untuk alamat akun IG kita. Usernamemenjadi tanda pengenal unik sekaligus pembeda antar akun IG kita dari yang lainnya. Username diawali dengan tanda ‘@’ misalnya @username. Selain istilah-istilah umum di atas, ada beberapa istilah lain yang sering dipakai para IGers dan kadang juga digunakan sebagai hashtag sebuah post.

 

LFL

Adalah singkatan dari Like for Like, maksudnya adalah suatu aktivitas antara dua orang IGers untuk saling memberikan like pada postingan mereka masing-masing.

 

DMF

Kepanjangannya adalah Do Mine First, artinya kakunya ya lakukan pada milikku terlebih dahulu. Secara singkat, istilah ini dipakai pada aktivitas LFL di atas yang mana salah satu IGers misalnya (A) meminta IGers yang lain (B) untuk memberikan like dulu pada postingan A. Lalu, kemudian A memberikan Like ke postingan B.

 

K/D

Kependekan dari Keep or Delete. Istilah dalam Instagram ini mengacu pada pertanyaan yang ditulis oleh seorang IGers pada caption fotonya. Maksudnya adalah pertanyaan kepada para pengikutnya apakah postingan tersebut dihapus saja atau dipertahankan.

 

SFS

Singkatan dari Shoutout for Shoutout, yakni sebuah istilah yang sering dilakukan oleh IGers yang biasanya punya produk untuk dijual. Nah, istilah ini mengacu pada aktivitas saling mempromosikan produk secara bergantian.

 

F4F atau FFF

Kepanjangannya adalah Follow for Follow, maksudnya ajakan untuk saling menjadi pengikut satu sama lain. Contoh: IGers A jadi pengikut IGers B, dan kemudian sebaliknya.

 

TnF

Kata ini kepanjangan dari Tap and Follow. Istilah ini mengacu pada sebuah aktivitas meminta atau mengajak untuk memberikan like pada sebuah postingan dan mengikuti IGers yang di-tag dalam postingan tersebut.

 

R4R

Istilah dalam instagram yang juga perlu kamu ketahui adalah R4R. Singkatan dari Recent For Recent. Kata recent sendiri mengandung terkini. R4R merupakan istilah yang dipakai untuk aktivitas pada Instagram untuk saling memberi like hanya pada satu atau beberapa postingan terbaru saja.

 

Comment for Comment

Jika R4R hanya berisi ajakan untuk memberi like pada postingan yang paling baru, maka istilah dalam instagram ini mengaju pada aktivitas mengajak untuk saling berkomentar di postingan terbaru baik antara dua orang IGers atau lebih.

 

Spam for Spam

Jika biasanya spam dikaitkan dengan sesuatu yang buruk yakni sampah atau nyampah di sosial media lain, maka di Instagram istilah spam malah disukai. Spam for Spam ini merupakan istilah untuk mengajak orang untuk LFL atau memberikan like berkali-kali pada postingan.

 

Istilah dalam instagram yang perlu kamu ketahui nih!

QOTD

Kependekan dari Question of The Day. Mengacu pada aktivitas seorang IGers yang memberikan sebuah pertanyaan mengenai suatu hal kepada pengikutnya di hari itu dan mengharapkan ada jawaban.

 

AOTD

Kalau yang ini singkatan dari Answer of The Day, biasanya istilah ini ada bersama QOTD yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang dipertanyakan sebelumnya pada postingan seorang IGers.

 

OOTD

Singkatan dari Outfit of The Day. Istilah dalam Instagram ini sering kita temui pada captionsebuah postingan yang menampilkan foto full body atau full shot (foto yang menampilkan satu badan penuh). Istilah ini dipakai oleh IGers yang ingin menunjukkan pakaian yang sedang ia kenakan pada hari itu pada para pengikutnya, biasanya sih fashion blogger dan para selebgram lainnya.

 

CWD

Istilah dalam instagram yang juga perlu kamu ketahui adalah CWD. Merupakan kependekan dari Comment When Done. Istilah yang didapatkan dari aktivitas para IGers untuk menuliskan kata “Done” di kolom komentar setelah selesai melakukan apa yang diminta oleh IGers yang lain seperti contoh LFL, DMF, atau Spam for Spam.

 

NFO

Singkatan dari New Followers Only, maksudnya postingan yang terbaru saat itu hanya diperuntukkan pada pengikut baru saja, sedangkan pengikut lama tidak boleh ikutan melakukan apapun pada postingan tersebut.

Comments