Lens Hack – Cara Mudah Mengakali Lensamu

Kamu ingin mendapatkan gambar yang lebih sinematik? Atau ingin gambar yang  lebih dinamis untuk videomu? Jangan khawatir karena kami puny cara-cara mudah untuk mengakali lensamu. Tak perlu lensa-lensa mahal untuk membuat efek-efek gambar yang dinamis. Kami sudah siapkan video singkat agar kamu dapat menerapkannya dengan lebih mudah, yuk tonton di sini:

Untuk menerapkan trik-trik seperti video di atas, caranya mudah. Cukup siapkan beberapa perlengkapan untuk menjalankan lens hack sebagai berikut: (1) Lip Balm, (2) Senter / Pointer / Lampu Kilat Handphone, (3) Karton Manila + Gunting, (4) 3M / Magic Scotch, (5) Plastik Gorengan.

Masing-masing alat ini akan bermanfaat untuk masing-masing trik. Ada 5 trik  yang akan kami bahas pada #SiasatSinema kali ini, yaitu:

 

1. Dreamy Chap

Untuk mendapatkan hasil gambar dengan nuansa flashback atau dreamy, kamu cukup mengoleskan lip balm milikmu membentuk sebuah lingkaran di filter lensamu. Jangan lupa sisakan lubang di tengan filter tersebut untuk menyisakan ruang tajam di gambarmu. Trik ini mungkin akan merusak filtermu, jadi jangan lupa siapkan filter UV murah untuk dioleskan lip balm.

 

2. Smart Flare

Kamu ingin membuat lens flare tanpa harus menambahkannya di post-production? Caranya gampang, cukup ambil smartphone-mu dan nyalakan lampu kilat / senternya. Arahkan ke lensamu dari samping, atas, atau bawah. Voila! Kamu akan mendapatkan gambar dengan flare alami.

 

3. Bokeh – Love

Ingin menambah suasana romantis di gambarmu. Ubah bentuk bokeh yang membosankan seperti lingkaran atau oktagon menjadi bentuk hati. Caranya tak susah, cukup ambil karton manila warna hitam, dan potong tengahnya dengan bentuk hati. Pasang di depan lensamu dan atur fokusnya. Kamu akan mendapatkan bokeh dengan bentuk hati.

 

4. Straight Flare

Kamu bosan dengan bias cahaya yang berpendar? Tempelkan magic scotch di filter lensamu. Arahkan ke cahaya dan maka kamu tak akan lagi mendapatkan pendar cahaya. Kamu akan mendapatkan gambar dengan bentuk lurus.

 

5. Cello Lens

Jika kamu videographer wedding, maka kemungkinan besar kamu akan membutuhkan ini untuk membuat gambar menjadi lebih syahdu nan romantis. Caranya gampang sekali, ambil plastik gorengan (pastikan kamu sudah menghabiskan semua gorengannya), lalu letakan di bawah lensamu dan gerakan secara halus. Tadaaa! Kamu mendapatkan foreground nan syahdu yang bikin gambarmu semakin romantis!

Itu dia 5 cara mudah mengakali lensamu alias Lens Hack dari #SiasatSinema. Kami akan upload video berbagi pengalaman, tips, dan siasat setiap hari sabtu di channel YouTube kami. Jadi, pastikan kalian like, share, dan subscribe channel kami.

Comments