Mempertimbangkan Tata Cahaya Dalam Film Hitam Putih

Sudah pernah nonton The Artist (2011) oleh Michel Hazanavicius?  Film yang berhasil memenangkan Academy Awards dalam kategori Best Picture di tahun 2012 ini merupakan salah satu film hitam-putih yang cukup ciamik. Berbeda dengan film berwarna, pada pembuatan film hitam-putih ada beberapa aspek lighting yang perlu diperhatikan. Film berwarna menggunakan warna-warna pada frame sebagai petunjuk dalam menceritakan film kepada penonton. Namun pada film hitam-putih, shade hitam, putih dan abu-abu itu lah yang memegang andil dalam bercerita. Apa saja yang perlu diperhatikan untuk shooting film hitam-putih?

Kualitas Cahaya

Cahaya merupakan hal yang paling utama dalam visualisasi film hitam-putih. Pengaturan cahaya sesuai dengan efek dan mood yang ingin dibangun pada suatu scene. Terdapat dua jenis cahaya yang dapat digunakan untuk feel yang berbeda yaitu hard light dan soft light. Hard light biasa digunakan untuk membangun suasana tegang dan misterius, sedangkan soft light lebih banyak digunakan untuk memberikan efek beauty pada gambar. 

Manfaatkan bayangan

Bayangan merupakan aset penting yang dapat dimainkan dalam sebuah shot pada film hitam-putih. Bayangan digunakan untuk sehingga dapat memberikan tambahan tekstur dan kedalaman pada gambar agar tidak terlihat flat. Memainkan bayangan dapat dilakukan dengan mengatur letak dan jarak lampu atau meletakan ranting daun didepan lampu untuk memberikan tekstur bayangan pohon pada tempat yang diinginkan.

Mempertimbangkan Tata Cahaya Dalam Film Hitam PutihIntensitas Cahaya

Dengan warna yang terbatas, sulit bagi penonton membedakan fokus. Berbeda dengan film berwarna, dimana menggunakan warna untuk mempertegas suatu objek seperti pintu berwarna merah. Maka dari itu, penekanan cerita secara visual dapat dilakukan dengan mengatur intensitas cahaya. Salah satunya dengan memberi cahaya yang lebih terang pada objek yang sedang menjadi pusat perhatian. 

Temperatur Warna

Pada saat shooting untuk film hitam-putihmu, tidak perlu memperhatikan temperatur warna pada lampu yang ada pada set. Temperatur warna tidak akan mempengaruhi tampilan visual filmmu karena pada akhirnya filmnya hanya akan terdiri dengan warna hitam dan putih. Maka jangan khawatir apabila terdapat cahaya lampu pada set tidak sama dengan lampu practical yang digunakan.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat film hitam putih. Tentu film hitam putih akan memberikan pesan dan kesannya sendiri yang mungkin tidak bisa dihantarkan oleh film berwarna. Jadi bagaimana? Tertarik? Jangan lupa akan tips-tips diatas dan tambahkan di kolom komentar untuk tips-tips lainnya!

Comments