Memprediksi Tren Video Marketing di 2018

Penggunaan video marketing nampaknya masih akan berjaya pada tahun ini. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Wyzowl, 81% pebisnis menggunakan video sebagai alat pemasaran. Masih berdasarkan survei yang sama, 85% pebisnis melihat video marketing menjadi hal yang penting dalam strategi pemasaran. Tidak hanya sekedar menonton, audiens sebagai konsumen potensial juga gemar berbagi konten video ke orang lain. Sebelum merencanakan pembuatan video marketing bagi brand kamu, simak beberapa hal yang diramal menjadi tren video marketing di tahun 2018.

 

Ini dia prediksi tren video marketing di tahun 2018.
Bekerja sama dengan inflluencer

Tren video marketing dengan influencer baik sebagai pembuat konten maupun talent mungkin telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Namun, tren ini nampaknya tetap marak pada tahun 2018. Bekerja sama dengan influencer dalam membuat atau terlibat dalam video marketing cukup tricky. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah kesesuaian citra influencer dan konten dengan brand dan tujuan yang ingin dicapai oleh pemasar. Jangkauan pengikut masif yang dimiliki oleh seorang influencer bukan jaminan tujuan dapat tercapai. Dalam bekerja sama dengan influencer, sebaiknya pemasar memberikan kebebasan dalam berkreasi untuk menghasilkan konten yang lebih meyakinkan bagi penonton.

 

Siaran langsung dengan Live Video

Teknologi saat ini memungkinkan pesan pemasaran dapat disampaikan secara real time melalui live video. Berdasarkan survei Wyzowl, 34% pemasar menggunakan layanan live Facebook dan 81% diantaranya merasa strategi tersebut efektif. Facebook bukan satu-satunya media sosial yang memiliki layanan live video atau live streaming. Instagram, Twitter dengan Periscope, dan Youtube juga memiliki layanan yang sama dan dapat dimanfaatkan oleh pemasar. Situs business2community menyebutkan bahwa penonton menghabiskan waktu 3 kali lebih lama menonton video yang disiarkan secara live dibanding video yang telah direkam sebelumnya.

 

Live video adalah salah satu tren video marketing di 2018.

Penjelasan singkat dan menarik dengan Animasi

Penggunaan animasi nampaknya masih marak pada tren video marketing tahun ini. Selain menarik, penjelasan dengan animasi juga informatif dan memudahkan penonton memahami pesan. Pemasar serta pembuat konten juga dapat berkreasi lebih jauh dengan animasi.

 

Pengalaman menonton yang baru dengan 360 Video

Teknologi ini dapat dikatakan sebagai teknologi yang baru dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan survei Wyzowl, 62% pemasar yang telah menggunakan teknologi ini mengangap  360 Video merupakan strategi yang efektif. 360 Video dapat memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi penonton. Penonton dapat menikmati konten video sesuai perspektif yang diinginkan dan merasa jadi bagian dari konten itu sendiri.

 

Virtual Reality semakin marak

Tren ini memang sudah berlaku di tahun 2017 namun nampaknya akan semakin marak tahun ini. Teknologi virtual reality memberikan pengalaman baru bagi penonton dengan menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata. Penonton dapat merasakan pengalaman melakukan olahraga ekstrim, tur ke dunia baru, maupun merasakan barang yang akan mereka beli dengan teknologi ini. Berbeda dengan tren lainnya, pemasar harus memastikan penonton menggunakan alat atau kacamata khusus untuk dapat menikmati virtual reality. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam pengaplikasian virtual reality dalam strategi pemasaran. Namun, bukan berarti tren ini tidak disukai. Berdasarkan data Wyzowl, 67% dari pemasar yang telah menggunakan virtual reality melihat teknologi ini efektif sebagai strategi pemasaran.

 

 

Bentuk video sesuai layar ponsel dan standar ukuran media sosial

Banyak penonton sebagai konsumen potensial mengakses video marketing melalui ponsel mereka. Pada umumnya bentuk video marketing adalah video horizontal sehingga penonton yang mengakses dari ponsel perlu memiringkan gawainya. Dalam beberapa tahun belakangan ini, para pembuat video mulai menyesuaikan kebiasaan penonton ini. Video disajikan dalam bentuk vertikal sesuai dengan layar ponsel. Optimalisasi video untuk ponsel ini dapat menarik lebih banyak penonton. Selain dalam bentuk vertikal, video dengan ukuran 1×1 atau square shaped video juga dapat dimanfaatkan untuk video marketing yang memanfaatkan media sosial khususnya Instagram.

Comments