Amatir vs Profesional: Pentingnya Menghire Profesional Untuk Proyek Video Anda

Pernahkah Anda menonton video atau film Youtube yang kameranya goyang-goyang dan menganggu? Atau video dengan transisi yang terkesan murahan? Atau video dengan fokus yang ‘lari-lari’? Itu baru urusan teknis, ada urusan-urusan non-teknis lainnya yang juga penting, misalnya cerita yang tidak digarap dengan baik, atau akting pemain yang tidak maksimal, dsb.

Itu semua adalah kesalahan-kesalahan mendasar yang biasa ditemui dalam produksi video. Nah, di postingan kali ini, kami ingin menceritakan pentingnya memperkerjakan profesional untuk proyek video marketingmu. Well, apa yang tertulis disini pada dasarnya berasal dari apa yang kami lihat di medan Youtube.

Perkembangan teknologi digital membuat permintaan akan video meningkat drastis. Budget yang tidak besar untuk setiap project, kadang menjadi kendala untuk menghasilkan output yang maksimal. Tapi percayalah video adalah investasi yang layak untuk Anda coba. Seluruh strategi marketing kini mengandalkan video karena memang terbukti jitu meningkatkan sales & awareness. Oleh karena itu, penting sekali menghire profesional untuk proyek video Anda berikutnya, berikut ini alasannya:

1. Naskah yang Solid

Naskah adalah tonggak utama video. Serius, naskah adalah tonggak utama. Video apapun itu, baik video dokumentasi acara sederhana hingga iklan yang mengutamakan cerita, semua dibuat dengan struktur tertentu. Struktur cerita akan mempengaruhi nuansa yang diterima oleh penonton. Naskah yang mampu mengatur ritme tahu kapan informasi tertentu perlu dikeluarkan ke penonton.

2. Gambar Berkualitas

Setiap cerita punya kebutuhan gambar yang berbeda. Oleh karena kebutuhan gambar berbeda, maka kebutuhan alat-alat pun berbeda. Di poin kedua ini, kami ingin bilang pentingnya menghire profesional adalah karena ia tahu betul peralatan-peralatan yang diperlukan untuk proyek-proyek tertentu. Anda bisa saja menggunakan kamera RED tercanggih, tetapi the man behind the gun paling utama. Profesional tahu betul peralatan-peralatan yang cocok untuk setiap cerita.

3. Suara Berkualitas

Ini kelemahan yang paling sering kami temukan di video-video Youtube. Gambarnya sudah cantik dan bercerita, tapi teknis pengambilan suara yang buruk mengurangi kesan ketika menonton. Sama seperti poin sebelumnya, profesional tahu betul alat-alat yang dibutuhkan untuk setiap proyek. Demikian pula dengan teknis pengambilan suara yang menjamin kualitas gambar dan suara akan sama-sama baik.

4. Production Value

Ini juga penting. Produser profesional akan mengusahakan hasil akhir film / videonya terlihat mahal, walaupun budgetnya tidak se’mahal’ itu. Produser dan sutradara yang baik paham bagaimana caranya menyiasati budget untuk keperluan production value. Produser dan sutradara yang baik punya referensi dan visi yang akan menjamin hasil akhir video anda tidak terlihat murahan.

5. Editing yang Tepat Guna

Salah satu kelemahan yang juga sering kami temui adalah editing yang kurang terjaga. Pernahkah Anda menonton video dengan editing yang terasa patah? Atau continuity (kesinambungan gambar) yang tidak terjaga antara satu adegan ke adegan lain? Atau transisi antar adegan yang terkesan murahan? Itu semua disebabkan oleh editor yang kurang mumpuni. Sayang sekali jika naskah yang solid sudah diambil dengan kualitas gambar yang mendukung, tapi diceritakan dengan editing yang ceroboh.

6. Memahami Penonton

Nah ini yang tak kalah penting. Dengan pengalamannya dalam banyak proyek, statistik dari proyek-proyek sebelumnya, serta feedback yang diterima dari penonton membuat produser profesional memahami kebutuhan penonton. Produser profesional akan memahami hal-hal yang dicari penonton dan bagaimana hal-hal tersebut dikeluarkan dalam video. Dengan pemahaman seperti ini, maka video marketing campaign Anda akan terbantu.

Kesimpulan

Memang kebutuhan video dalam dunia marketing semakin meningkat. Sekali lagi kami tekankan kalau video adalah investasi yang layak untuk dicoba. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan baik hal teknis maupun non-teknis dalam produksi video tersebut. Dan untuk melakukan pertimbangan-pertimbangan tersebut diperlukan tim yang berpengalaman. Dengan demikian, investasi Anda tak akan sia-sia.

Comments