Apa Itu Film Pendek dan Seberapa Pendek kah Film Pendek?

Apa itu film pendek? Seberapa pendek kah film pendek? Berapakah durasi yang ideal? Ini pasti pertanyaan yang muncul di benak kalian semua, terutama bagi yang sedang memulai membuat film pendek. Nah, sebelum sampai ke sana, maka ada baiknya dulu kita membahas sedikit tentang sejarah film pendek.

Awalnya semua film berdurasi pendek. Film-film awal bahkan durasinya hanya sekitar satu menit. Seiring dengan perkembangan industri, durasi film pun semakin panjang, dan film pendek hanya dijadikan medium untuk mahasiswa bereksperimen dan belajar. Walaupun demikian, bukan berarti film pendek selalu menjadi medium eksperimen saja. Saat ini, terutama setelah perkembangan teknologi digital, film pendek semakin memiliki kekhasannya sendiri.

Kembali ke pertanyaan kita tadi: apa definisi film pendek. Sesuai namanya, film pendek adalah film yang durasinya pendek. Nah, sayangnya tidak ada standarisasi tentang durasi film pendek. Batas maksimal film pendek biasanya ditentukan dari festival film yang mematok durasi maksimal untuk bisa dikategorikan sebagai film pendek. 

Nah, sebagai ilustrasi, kamu bisa melihat beberapa ajang bergengsi di bawah ini. Masing-masing ajang ini memiliki definisi durasi film pendek yang berbeda-beda. Berikut daftarnya:

Ini dia langkah-langkah menulis naskah film pendek!
Academy Awards (Maksimal Durasi: 40 Menit)

Perhelatan festival ini tentu bukan sembarang orang yang menghadirinya—hingga menonton film-filmnya. Acuan durasi dalam festival ini mungkin masih terbilang standart dalam festival film terutama untuk film pendek, karenanya mungkin mereka memberikan acuan yang juga standar agar kalian dapat mengeskplore film kalian sebebasnya dengan tidak perlu risau memperhitungkan durasi maksimal yang tersedia, Hal yang patut dicoba jika memang kamu berkenan ingin mencoba untuk mendistribusikanya ke Academy Awards. 

International Film Festival Rotterdam (Maksimal Durasi: 60 Menit)

Durasi maksimal yang setara dengan hampir satu film panjang bioskop memungkinkan kamu untuk mencoba festival ini, festival yang menjadi salah satu festival tertua di dunia—agaknya memang menginginkan untuk filmmaker terkhusus film pendek agar bisa mengeksplor idenya menjadi sebuah film dengan sangat bebas dan bahkan durasi hanyalah patokan angka belaka, seperti terlihat bahwa durasi maksimal dalam festival ini lumayan cukup lama bahkan setara dengan durasi film panjang. Ingin mencobanya?

Festival de Cannes (Maksimal Durasi: 15 Menit)

Festival film tertua di dunia ini sepertinya memungkinkan diri kamu untuk memberikan ide dengan memvisualisasikanya secara sederhana—tetapi bermakna, dan itu juga yang mungkin mereka inginkan, kamu hanya perlu memperhitungkan bagaimana filmmu dapat memberi kesan tanpa harus menjelaskanya dengan bertele-tele bahkan dengan durasi yang panjang. Di festival ini kamu diajak untuk mencobanya! Tertarik?

Festival Film Dokumenter (Maksimal Durasi: 40 Menit)

Ini adalah ukuran untuk film pendek dokumenter ya! Jangan sampai salah paham, festival ini tentu mengkhusukan pada film-film dokumenter yang memang memiliki berbagai macam potensi untuk dapat dikembangkan, dan maksimal durasi pada festival ini terbilang cukup untuk dapat menyampaikan gagasan yang baik seperti halnya pada Academy Awards, tertarik untuk membuat film dokumenter? Hitunglah durasi yang mungkin dipakai pada filmmu!

Festival Film Indonesia (Maksimal Durasi: 59 Menit)

Festival yang sudah cukup lama selalu hadir di Indonesia dan merupakan salah satu festival paling bergengsi patut untuk kamu coba! Maksimal durasi dalam festival ini juga tidak begitu takut apalagi kamu pikirkan untuk film pendekmu, karena lumayan lama sekali durasi untuk sebuah film pendek. Jadi, tunggu apalagi?

Minikino Film Week (Maksimal Durasi: 25 Menit)

Festival ini mungkin menjadi standart baku durasi pada kebanyakan festival-festival film pada umumnya, terlihat festival ini  secara tegas untuk mencoba para filmmaker dapat mengeksplor film pendeknya tanpa takut kelebihan durasi atau juga kekurangan durasi—lebih dari itu festival ini juga memberikan ruang yang lebih leluasa terhadap durasi dalam film pendekmu. Ingin mencoba?

udin telkomsel sebagai salah satu film pendek lucu pilihan kami
Jadi, berapa durasi film pendek yang ideal?

Nah, ini pertanyaan yang sulit, karena tidak ada jawaban yang pasti mengenai itu. Namun, sebagai pembuat film pendek kami punya beberapa saran buat kamu:

Pertama, lebih pendek lebih baik. Biar bagaimanapun juga, film pendek adalah medium yang berbeda dengan film panjang. Film pendek bukanlah film panjang yang dipendek-pendekan. Film pendek haruslah dipersiapkan dengan materi film pendek yang singkat, padat, dan lugas. Oleh karena itu, persiapkanlah materi film pendek dengan sebaik-baiknya.

Kedua, ingatlah bahwa film pendek selalu diputar dalam programasi. Film pendek selalu diputar bersama film pendek lain dalam satu program. Oleh karena itu, semakin panjang film pendek kamu, maka semakin banyak slot yang terbuang. Semakin banyak slot yang terbuang, maka semakin sedikit film yang dapat diputar oleh sang programmer. Jadi, inilah alasan lain kenapa lebih pendek lebih baik.10-15 menit merupakan durasi film pendek yang sedap ditonton.

Nah, jangan lupakan poin ketiga. Bagaimanapun juga, sebaiknya kamu tidak memaksakan durasi filmmu menjadi sependek-pendeknya. Apabila cerita filmmu memang membutuhkan 20 menit, jangan korbankan ceritamu hanya karena kamu ingin memangkasnya menjadi 10 menit. Dalam film pendek, durasi merupakan salah satu faktor penting. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkannya baik-baik. 

Comments