6 Tipe Konten Video Untuk Marketing di Indonesia

Memasuki tahun 2017, video masih menjadi salah satu senjata ampuh dalam pemasaran. Durasinya yang singkat membuat nyaman ditonton. Bentuknya yang dinamis membuat informasi sampai dengan baik. Musik dan adegan yang dirancang dengan baik memberikan efek emosional tersendiri. Masih banyak sekali alasan-alasan lain untuk disebutkan.

Lalu, apa saja tipe video marketing yang efektif di Indonesia? Di postingan ini, kami ingin menjabarkan tipe konten video marketing yang banyak digunakan oleh brand & perusahaan di Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Branded Films

Apa sebetulnya branded films? Mungkin belum banyak yang familiar dengan istilah ini. Branded films menurut kami adalah kolaborasi antara visi pembuat film dan value sebuah brand / perusahaan. Tujuan dari brand films adalah menceritakan core value dan visi besar brand anda. Branded films, berbeda dengan iklan televisi, menghindari hard selling dan lebih bertumpu pada kekuatan cerita dan visi pembuat film.

Kami pernah mengerjakan film pendek untuk beberapa brand, antara lain film yang kami buat untuk Milna:

Dan yang kami kerjakan untuk Yamaha Indonesia:

2. Web Series

Sama dengan branded films, web series juga bertumpu pada kekuatan cerita dan visi pembuat film. Perbedaannya terletak pada panjang cerita serta kemasan prodaknya. Branded films dibuat sebagai satu produk yang berdiri sendiri. Sementara web series terdiri dari beberapa episodes. Sensasi menontonnya pun tentu berbeda.

Brand punya kesempatan untuk melakukan product placement di titik-titik tertentu. Kami pernah melakukannya untuk Wardah lewat web series Hijab Love Story 2 & 3. Silahkan tonton di bawah ini:

3. Educational Video

Setiap brand pasti punya misi yang dikejar selain menjual prodaknya. Pasti ada isu yang diusung oleh setiap brand. Setiap isu pasti mengandung informasi. Dan informasi-informasi itu penting untuk dishare ke konsumen. Konsumen senang mempelajari hal-hal baru dengan cepat, singkat, dinamis, dan menghibur. Itulah alasan tipe video ini perlu untuk di buat.

Kami pernah mengerjakan jenis video ini untuk kampanye milik Wardah. Misinya adalah mengkampanyekan pentingnya merawat kulit wajah dari sengatan sinar matahari tropis Indonesia. Nih, bisa ditonton di bawah ini:

4. Profile Video

Untuk membangun kepercayaan kepada konsumen, perusahaan dan brand perlu memperkuat citranya. Memperkuat citra bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya adalah menceritakan kisah perusahaan itu sendiri. Dalam kisah itu, visi dan misi perusahaan penting untuk diketahui oleh orang banyak. Atas dasar itulah, penting agar setiap perusahaan memiliki video profil. P

Ini contoh video profil yang pernah kami kerjakan untuk Mimopay dengan gaya animasi:

Dan ini contoh lain yang pernah kami kerjakan untuk Decon Beton:

5. Documentary

Ini salah satu tren yang mulai berkembang. Banyak brand dan perusahaan menggunakan tipe video ini untuk menceritakan kisah-kisah nyata di luar sana. Kisah-kisah itu kebanyakan kisah inspiratif yang nyata, sehingga penonton dapat terinspirasi.

Tonton salah satu video yang pernah kami kerjakan untuk DBS Bank yang memotret sosok inspiratif di balik Toraja Melo, Dinny Jusuf:

6. Explainer / Tutorial Video

Beberapa brand spesifik memerlukan video tipe ini. Tujuannya jelas, agar penonton / konsumen dapat mempelajari cara penggunaan satu prodak dengan mudah dan praktis. Dengan menonton video tutorial, maka mereka dapat memahaminya dengan lebih mudah, tanpa harus dijelaskan langsung oleh staff dari brand / perusahaan.

Coba simak video Get Fulfilled berikut ini:

Comments