Tips Memanfaatkan SEO Untuk Film Pendekmu

SEO, search engine optimization, adalah faktor penting dalam film era digital. Bagi yang belum tahu apa itu SEO, SEO adalah optimisasi mesin pencari (Google), sehingga orang-orang lebih mudah menemukan konten buatanmu. SEO dilakukan secara organik, namun optimisasi juga bisa dilakukan secara berbayar, atau lebih dikenal dengan istilah SEM (search engine marketing). Secara organik, ada berbagai cara untuk memunculkan film pendekmu di mesin pencari Google, antara lain dengan menggunakan keyword / kata kunci yang tepat, backlink dari website lain, dsb.

Apa relevansinya bagi pembuat film? Tentu saja sebagai pembuat film, kamu ingin filmmu ditonton oleh orang banyak. Entah kamu pembuat film Youtube, maupun pembuat film untuk di festival film. Film yang selesai adalah film yang sudah bertemu dengan penontonnya. Lalu siapa yang mau menonton filmmu? Disini gunanya SEO untuk film pendekmu.

Dengan menggunakan strategi SEO yang baik untuk promosi filmmu, kamu akan mampu menjaring banyak sekali penonton. Jika kamu mengunggah di Youtube, maka traffic filmmu akan bagus, dan jika kamu membuat film untuk festival, maka penonton akan lebih mudah menemukan filmmua. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut tips-tips memanfaatkan SEO untuk film pendekmu:

Mulailah Lebih Awal

SEO membutuhkan waktu, maka mulailah lebih awal. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh produser / publisis film, adalah memulai promosi terlambat. Banyak promosi justru baru dimulai ketika film sudah selesai diproduksi dan menunggu tayang. Padahal SEO membutuhkan  waktu dan tak bisa instan. Maka saran dari kami adalah begitu produksi filmmu dimulai, mulailah membuat konten-konten, baik video maupun tulisan, unggah di situs resmi atau blog, lalu update secara berkala. Dengan begitu, saat filmmu selesai dan siap tayang, mesin pencari sudah optimal.

Buat Konten Pendukung

SEO membutuhkan konten pendukung. Konten pendukung berguna untuk menambah kemungkinan orang mengaksesnya melalui mesin pencari. Saat syuting, rekamlah video-video balik layar lalu kemaslah secara menarik. Kamu juga bisa membuat vlog selama syuting yang bisa dikemas secara menarik. Unggahlah konten-konten tersebut ke channel Youtube atau situs atau blog kalian.

Berikut tips memanfaatkan SEO untuk film pendekmu.

Lakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

SEO membutuhan kata kunci yang akurat. Salah satu kemewahan era digital adalah data yang semakin komprehensif dan akurat. Dengan demikian, kalian dapat memahami secara spesifik siapa yang akan menonton film kalian. Sesuaikan kata kunci alias keyword sesuai dengan karakteristik film kalian. Setiap kalian membuat konten pendukung, masukan kata kunci yang relevan di kolom meta tag. Di youtube, kalian bisa memasukan keyword di kolom tag. Begitu pula dengan blog, kalian bisa memasukan kata kunci di kolom meta tag. Jika kalian tidak memahami apa itu meta tag, silahkan baca artikel ini (https://id.wikipedia.org/wiki/Meta). Jika kalian tidak tahu cara mengaplikasikannya, tak perlu khawatir, cukup pastikan deskripsi atau paragraf yang kalian tulis memiliki kata kunci yang relevan dengan film pendek kalian.

Kontak Media Online

SEO membutuhkan backlink. Apa itu backlink? Backlink adalah website lain yang memberikan link ke website anda. Semakin sering website atau konten video anda di backlink oleh website lain, maka semakin tinggi pagerank kalian. Semakin tinggi pagerank, maka semakin besar kemungkinan film pendek anda masuk di page pertama mesin pencari Google. Dengan begitu, semakin besar kemungkinan film anda diakses penonton. Maka, kamu bisa memulai dengan mengontak media online untuk meliput film pendek anda. Jika terasa sulit, tak ada salahnya juga meminta tema-teman blogger untuk meliput film anda. Semakin banyak liputan tentang film anda, maka semakin besar film anda diakses di page pertama Google.

Manfaatkan Sosial Media

Kita sudah bicara soal konten pendukung di Youtube dan Blog. Masih ada faktor kunci lain yang tidak boleh dilupakan, yaitu sosial media. Instagram sedang banyak sekali digandrungi oleh netizen. Maka jangan lupa juga untuk membuat konten-konten pendukung di Instagram, juga Facebook. Buatlah konten-konten menarik nan lucu sehingga penonton tertarik untuk mencari tahu lebih banyak. Jangan sungkan pula untuk menghubungi social media influencer yang mempunyai banyak pengikut. Pastikan pengikut mereka sesuai dengan karakteristik target penonton anda, dan sasaran pun dituju dengan tepat.

Manfaatkan Data Untuk Proyek Selanjutnya

Data yang anda peroleh tidak akan sia-sia. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu keunggulan era digital adalah perhitungan data yang semakin akurat. Jika kamu mengunggah film di Youtube, maka kamu bisa membuka analytics penonton fillmu setiap detik. Manfaatkan data tersebut untuk mempelajari potensi dan kekurangan yang perlu dibenahi di produksi selanjutnya. Data digital juga membuat kamu memahami konten jenis apa yang paling dicari.

Era digital berkembang dengan pesat. Sebagai pembuat film penting sekali untuk mengimbangi kecepatan era digital. Ada banyak sekali potensi digital yang bisa dimanfaatkan oleh pembuat film, salah satunya SEO. Inilah tips-tips kami untuk pembuat film dalam memanfaatkan SEO untuk film pendek. Jika kamu punya tambahan atau sanggahan, silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

Comments