Tripod Hack: Aneka Cara Menggunakan Tripodmu

Punya tripod tapi cuma digunakan untuk self timer saja? Ah sayang banget tuh. Tahukah kamu tripod kamu bisa digunakan untuk aneka macam fungsi. Nah, di #SiasatSinema kali ini, kami ingin berbagi tripod hack alias cara menggunakan tripodmu. #SiasatSinema adalah tempatnya belajar film secara otodidak. Setiap hari Sabtu, kami akan membagikan tips dan siasat seputar filmmaking langsung di channel YouTube kami.

Di edisi kali ini, kami akan bermain-main dengan tripod (tripod hack). Jangan khawatir, karena tripod yang kami gunakan di tutorial ini adalah tripod biasa dengan harga terjangkau. Kami yakin kamu pasti punya model tripod yang kami jadikan contoh di video ini. Jadi, coba buka kembali lacimu dan maksimalkan tripodmu segera. Simak di video berikut ini.

 

Jib Movement

Dengan meletakan kaki tripod di lututmu dan tangan di bagian atas tripod. Gerakan kamera perlahan-lahan dari bawah ke atas. Di saat yang bersamaan arahkan kameramu ke objek yang direkam. Kamu akan mendapatkan pergerakan kamera yang mulus.

 

Slide Handle

Pasti kamu sering merasa pergerakan panning kameramu kurang mulus alias patah-patah. Nah, kami punya solusinya! Ambilah karet gelang yang biasa kamu dapatkan dari bungkus warteg favoritmu. Pasang karet tersebut di handle tripod, lalu tariklah pelan-pelan. Nah, dijamin kamu mendapatkan pergerakan kamera yang mulus.

 

Shoulder Rig

Kamu ingin merekam adegan follow seperti shoulder rig. Jangan khawatir, sebab kami punya siasatnya. Lipat tripodmu dan naikan bagian atas tripodmu. Lalu letakan di atas bahumu menyerupai shoulder cam. Nah, sekarang kamu bisa merekam objek dengan mulus.

 

Glide Cam

Ingin membuat pergerakan steadicam yang mulus? Kami punya siasatnya. Buka semua kaki tripodmu lebar-lebar. Peganglah bagian atas tripodmu dan rekamlah onjekmu. Nah, sekarang dijamin kamu mendapatkan pergerakan steadicam yang stabil.

 

Low Angle Cam

Ingin merekam langkah kaku namun bingung caranya? Aha, cukup putar tripodmu hingga terbalik dan rekamlah objekmu. Lalu editlah di aplikasi editing dan berilah efek rotasi. Kamu akan mendapatkan gambar low angle yang indah.

So, begitulah tips memanfaatkan tripodmu dari kami. Jangan lupa subscribe channel YouTube kami untuk tips-tips terbaru. Punya ide-ide lain? Jangan lupa untuk berbagi di kolom komentar!

Comments