[VIDEO] Mengupas Tuntas Cara Menggunakan Clapperboard – #SiasatSinema

Hi, kembali lagi ke #SiasatSinema! Kali ini kami mau membahas sebuah alat yang fungsinya sangat penting sekali dalam proses pembuatan film. Betul sekali, alat itu bernama clapperboard! Banyak yang mengira clapperboard hanya untuk gaya-gayaan saja dan tidak punya fungsi. Padahal, clapperboard punya fungsi yang sangat penting. Nah, di #SiasatSinema kali ini, kami secara khusus mengupas tuntas fungsi dan cara menggunakan clapperboard.

Sebetulnya, kami sudah pernah membahasnya di artikel blog kami. Kamu bisa membacanya di sini. Namun, supaya lebih mudah dipahami, kami sudah membuatkan video yang mendemonstrasikan fungsi dari clapperboard ini.

Jadi, secara garis besar, clapperboard memiliki dua fungsi utama, yaitu alat sinkronisasi gambar dan suara, dan juga sebagai pemberi identitas gambar yang sedang diambil. Kedua fungsi ini bertujuan mempermudah kerja editor di paska produksi. Bayangkan, tanpa clapperboard, seorang editor harus menggabungkan ratusan bahkan ribuan gambar dan suara. Mereka juga akan bingung dengan banyaknya gambar yang harus dipilih.

Oh ya, selain membahas fungsinya, kami juga memberikan demonstrasi sedikit soal cara pakai clapperboard yang mungkin kamu belum tahu. Kami membahas soal end slate, alias slate yang dilakukan di akhir pengambilan gambar. Selain itu, kami juga membahas gentle clap, alias clap secara perlahan di depan wajah pemeran saat ukuran shot padat. Buat kamu yang ingin tahu lengkapnya, langsung saja simak di video berikut ini:

Comments