Kami sering dapet undangan untuk mengisi acara dari komunitas-komunitas film di Indonesia, apalagi sekarang komunitas semacam itu mulai menjamur, gak cuma sebatas di kampus atau kota-kota besar, bahkan udah merambah ke daerah juga. Komunitas-komunitas film ini berperan sangat besar dalam meningkatkan produktivitas industri film, karena selain menyediakan ruang bagi para...

Proses pemilihan pemeran sering disepelekan dalam pembuatan film independen, padahal casting juga sebuah proses yang penting dan gak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi sekadar memilih teman sendiri yang cantik atau tampan biar keliatan oke di kamera. Nih, kami kasih beberapa tips mencari pemeran buat cari pemeran di film kamu.Prioritaskan Aktor ProfesionalPasti...

Banyak filmmaker yang sering kebingungan menentukan lokasi syuting, antara syuting di dalam studio atau lokasi sungguhan, mana yang kira-kira memiliki hasil lebih baik, ya? Studio Antelope pun beberapa pertimbangan buat kamu sebelum memilih lokasi syuting yang tepat! Pertimbangan FinansialKita ga bisa menampik kalau kebutuhan finansial harus dipikirkan matang-matang dalam pembuatan sebuah...

VFX dan SFX. Pernah denger dua istilah itu? Atau sering denger, tapi juga sering kebalik-balik buat bedain keduanya? Dua elemen ini emang sering muncul di dunia perfilman dan saling melengkapi untuk menghasilkan film yang berkualitas. Biar begitu, mereka punya beberapa perbedaan mendasar loh!VFX atau Visual FX adalah singkatan dari visual...

Tahun 2019 sudah di depan mata, dan ada banyak hal yang bisa kita prediksi mengenai masa depan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk yang bisa mendukung aktivitas di dunia marketing dan bisnis. Salah satunya adalah pembuatan video, entah untuk strategi pemasaran atau branding. Banyak perusahaan yang mulai melihat video sebagai sarana...

Buku adalah jendela dunia. Apalagi sekarang, ketika teknologi udah makin maju, kita bahkan bisa baca buku dari layar gadget dimanapun, kapanpun. Kalo kamu suka baca buku dan penasaran sama rekomendasi buku apa aja yang sebaiknya dibaca buat menambah pengetahuan kamu soal film, kami punya daftarnya! Yuk simak 6 rekomendasi buku...

Ada banyak cara untuk mengapresiasi karya seni, salah satunya adalah menerjemahkan interpretasi kita dalam medium seni yang lain. Dalam dunia film, dikenal istilah l’adaptation cinématographique yang pertama kali dibahas oleh André Bazin. Meski beberapa orang menganggap proses adaptasi seringkali menghilangkan esensi dari medium asalnya, ada juga orang yang memandang karya...

Di era teknologi yang makin canggih, banyak set film yang udah bisa diciptakan cuma lewat green screen dan komputer. Tapi, syuting di lokasi nyata punya daya tarik tersendiri yang gak bisa digantikan oleh teknologi. Selain bisa menghemat biaya produksi, bekas lokasi-lokasi syuting itu pun nantinya berpotensi mendatangkan banyak turis yang...

Selalu ada orang unik di mana aja yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala, termasuk juga di beragam festival film. Kamu pernah ketemu sama salah satu di antara mereka gak? Atau jangan-jangan, justru kamu salah satunya? Nemenin Temen… atau “Temen”Tipe pertama ini gampang banget ditemui. Biasanya dia tuh yang lagi main ponsel...

Setelah diumumkan pertengahan November kemarin, banyak orang mulai penasaran dan cari tahu tentang ketujuh film pendek yang berhasil masuk nominasi Festival Film Indonesia tahun ini. Beberapa judul udah sering terdengar, tapi beberapa lainnya belum. Film pendek jagoanmu yang mana?  Melawan Arus (Eka Saputri) [vc_video link='https://youtu.be/lCjYo4EPsuA']Film pendek berdurasi 10 menit ini disutradarai oleh...