4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengedit Film Pendek

Proses editing merupakan salah satu tahap krusial dalam pembuatan film pendek. Mungkin kamu sudah cukup puas dengan apa yang kamu dapatkan saat syuting, tetapi tanpa proses editing yang baik, hasil syutingmu bisa jadi sia-sia. Begitu pula sebaliknya, ketika kamu tak puas dengan hasil syutingmu, editor yang baik akan mencari cara untuk memaksimalkannya. Nah, postingan kali ini akan secara khusus membahas proses mengedit film pendek, khususnya bagi kamu yang belum familiar dengannya.

Perhatikan hal-hal berikut sebelum mengedit film pendekmu!

Untuk memulai membuat film pendek pertamamu, tentu membutuhkan banyak konsep yang perlu kamu pahami, memerlukan anggaran yang perlu kamu perhitungkan, hingga menentukan akan seperti apa film pendek yang akan kamu buat nanti. Perhitungan-perhitungan seperti itu membuatmu akan dengan mudah dapat memulainya, membuat film pendek bukan hanya berbicara mengenai pra-produksi hingga produksi atau syuting saja, tetapi lebih dari itu. Ada pasca produksi yang terkadang luput bahwa terdapat kesulitan dalam pasca produksi  ketika menyatukan gambar maupun suara yang kamu sudah konsepkan, hingga hasil akhir dari film kamu yang akhirnya bisa dinikmati oleh orang agar terlihat menarik dan tidak membosankan untuk ditonton.

Berikut kami beritahukan kepada kamu, tips agar kamu tidak kesulitan mengedit film pendek:

Sumber Daya / Sumber Dana

Proses editing membutuhkan dana. Rumah-rumah produksi kebanyakan mengalokasikan 25% s/d 35% budget khusus untuk paskaproduksi. Akan tetapi jangan khawatir, film pendek dengan budget yang minim, ada baiknya mencoba mencari rekan kerja atau teman untuk mencoba menawarkan kepadanya terlebih dahulu untuk menjadi bagian dari film kamu. Bahkan untuk mendapat hasil yang lebih maksimal lagi, dengan berjejaring kamu dapat mencari link diluar lingkaran mu dan mulai bekerjasama dengan seseorang yang memiliki skill lebih tinggi. Alternatif lainnya untuk sumber daya adalah dengan post house yang merupakan rumah produksi khusus melakukan pekerjaan pasca produksi seperti editing. Selain itu lewat pitching forum pada forum-forum pendanaan, apabila mereka sangat menyukai konsep film kamu, mereka bisa memberikan memberikan jasa untuk pasca produksi.  Jadi carilah sejak awal!

Selesaikan Masalah di Lokasi

Melihat segala halangan-halangan yang ada saat produksi itu dimulai, misal kamu dapat mencoba mengantisipasi halangan-halangan saat takut ada kebocoran orang atau barang itu dengan cara menclear area syuting saat akan mulai take agar tidak ada yang bocor orang atau sesuatu yang tidak berhubungan dengan film,  

Karena dengan melihat halangan-halangan yang ada selain kamu bisa meminimalisir anggaran yang keluar lebih banyak lagi kamu juga dapat mengurangi batas waktu yang telah kamu tentukan, oleh sebab itu pastikan agar saat syuting atau produksi kamu bisa melihat bagaimana halangan-halangan itu terjadi nantinya.

Ini dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengedit film pendek!

Backup! Backup!

Beberapa filmmaker suka melupakan proses setelah syuting selesai dan biasa terlupa yang bisa sangat menyesal ketika lupa satu hal ini, yaitu adalah backup data milikmu. Jika kamu ingin membuat backup terhadap file filmmu pastikan setidaknya hard drive milik kamu memiliki rate lebih tinggi atau setidaknya 7200 RPM, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk transfer file yang ada. Biasanya jika kamu membuat film pendek dilakukan melalui backup harian, tetapi jika kamu membuat film panjang backup itu biasa dilakukan selama backup harian dan juga mingguan. Pastikan backup storage di beberapa tempat yang terpisah ya! Untuk mengantisipasi apabila hardisk hilang ataupun rusak. 

Transcoding

Pembuatan film pendek biasanya membutuhkan kualitas yang bagus dan ada juga beberapa filmmaker yang memakai rekaman resolusi tinggi dalam bentuk 4K, jika kamu memakai bentuk tersebut, kamu dapat mencoba mentranskode ke proxy yang lebih rendah seperti ProRes LT. dengan begitu kamu tidak perlu kesulitan untuk mengedit file tersebut dan membutuhkan waktu yang lama  untuk hal tersebut, setelah kamu menyelesaikan cut, kamu bisa dapat menyesuaikan rekaman tersebut kedalam resolusi yang anda inginkan kembali.

Perhatikan lima hal berikut ini sebelum mengedit film pendekmu!

Mengedit film pendek merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan setelah proses syuting/produksi dilakukan, setelah kami beritahu tips-tips dalam mengedit ini semoga saja kamu dapat mengerti  dan bisa mengantisipasi apa yang ada ketika proses pasca produksi itu terjadi, jadi persiapkanlah dengan matang! Ada yang ingin kamu tanyakan? Tulis di kolom komentar ya!

 

Comments