fbpx

10 Film Pendek Karya Awal Sutradara Ternama Yang Bisa Kamu Tonton Online

Kesalahpahaman yang paling sering terjadi adalah menyangka film panjang pertama sutradara sebagai karya pertama mereka. Cara berpikir seperti ini menyebabkan banyak orang berpikir instan. Mereka menyangka karir sutradara melesat begitu saja hanya dalam satu karya. Padahal sebetulnya film panjang pertama sutradara manapun sudah diawali karir yang panjang, bertahun-tahun, dan bahkan belasan, atau puluhan tahun.

Ada sutradara yang memulai karir dari sekolah film, adapula yang tidak. Sebut saja sutradara-sutradara seperti Quentin Tarantino, ia tidak pernah mengenyam pendidikan film. Ia adalah penjaga toko video  yang jatuh cinta teramat sangat pada sinema. Pembuat film lain memuai karir dari sekolah film, contohnya Martin Scorsese yang lulus dari New York University jurusan film. Nah, di postingan kali ini, kami akan menyoroti 10 film pendek karya awal sutradara ternama, baik yang berasal dari sekolah film, baik yang tidak:

 

Sofia Coppola: Lick The Star (1998)

Karya awal Coppola yang dibuat 8 tahun setelah penampilannya di The Godfather: Part III ini sudah menunjukan gaya tutur Coppola yang unik, mulai dari komposisi yang unik hingga penggunaan musik rock ’n’ roll.

 

Martin McDonagh: Six Shooter (2006)

Martin MCDonagh boleh dibilang merupakan salah satu sutradara yang juga punya gaya yang unik. Jika kamu menyukai komedi gelap atau cerita satir seperti film-filmnya Coen Brothers, maka kamu pasti menyukai karya sutradara satu ini. Di film pendek berdurasi 27 menit ini, kamu sudah bisa melihat pola-pola yang akan kamu temui di film panjangnya: tragedi yang awalnya lucu, namun pelan-pelan berujung dengan kekerasan.

 

Paul Thomas Anderson: Cigarettes & Coffee (1993)

Siapa yang tidak kenal dengan sutradara satu ini?  Karya-karyanya seperti The Master dan There Will Be Blood dianggap sebagai salah satu karya terpenting sepanjang masa. Nah, pada tahun 1993 Paul Thomas Anderson membuat sebuah film pendek berjudul Cigarettes & Coffee. Film pendek ini membuat Paul Thomas Anderson diundang ke filmmaker lab di Sundance dan mengadaptasi cerita ini menjadi film panjang pertama Anderson yang berjudul Hard Eight.

 

John Lasseter: Luxo Jr (1986)

Tahun 1986, Steve Jobs membeli Lucasfilm Computer Graphic Group dan mengubah namanya menjadi Pixar. Steve Jobs lalu memperkerjakan John Lasseter, yang kala itu masih berusia 30 tahun, untuk membuat film animasi pendek yang mampu menyoroti sejauh mana kemampuan Pixar membuat animasi. Film pendek ini kemudian menjadi trademark dari Pixar dan bahkan menjadi corporate identity perusahan animasi tersebut. Semenjak itu, John Lasseter telah menyutradarai banyak karya besar Pixar, antara lain: Toy Story, A Bug’s Life, Cars, dan masih banyak lagi.

 

Wes Anderson: Bottle Rocket (1994)

Semua pasti sudah tahu karya-karyanya, mulai dari The Grand Budapest Hotel, Moonrise Kingdom, hingga Fantastic Mr. Fox. Wes Anderson dikenal sebagai sutradara yang punya gaya yang unik, tidak hanya dari pergerakan kamera tetapi juga dari desain produksi yang selalu ciamik. Bottle Rocket adalah film pendeknya yang digarap pada tahun 1994. Meskipun pada perhelatan Sundance, film ini tidak terlalu menarik penonton, tetapi produser James Brooks mencium gaya unik Anderson dan memutuskan untuk membuat versi panjang dari film pendek ini.

 

Steven Spielberg : Amblin (1968)

Tidak banyak yang tahu ketika Steven Spielberg sekolah di California State University, ia bekerja paruh waktu di Universal Studios tak jauh dari kampusnya. Pada masa-masa itu, Spielberg membuat film pendek berjudul Amblin, yang kemudian mengantarkannya keluar dari kampusnya lantaran terbengkalai. Vice president Universal Studio, Sid Sheinberg, melihat film itu dan merekrut Spielber dengan durasi kontrak 7 tahun. Spielberg kemudian mendirikan rumah produksi dengan nama Amblin Entertainment.

 

Martin Scorsese: What’s a Nice Girl Like You Doing in a Place Like This?

Scorsese membuat beberapa film pendek semasa kuliah di New York University. Film What’s a Nice Girl Like You Doing in a Place Like This? adalah salah satu karyanya yang paling dikenal. Di film ini kita sudah bisa melihat gaya Scorsese yang banyak ia pakai di film-film panjangnya, seperti pergerakan kamera yang cair, serta penggunaan voice over untuk menuntun cerita.

 

Christopher Nolan: Doodlebug

Sebelum membuat Following, karya panjang pertamanya, Nolan sudah membuat beberapa film pendek. Nolan bahkan mengaku sudah membuat film pendek sejak usia 7 tahun. Film Doodlebug ini cukup menyoroti keahlian Nolan dalam memberikan sajian yang mindblowing. Dalam durasi hanya tiga menit, Nolan berhasil membawa kita ke dalam semestanya yang tak hanya mencekam, tetapi juga membuatmu putus asa.

 

Abbas Kiarostami: Bread & Alley

Abbas Kiarostami adalah salah satu sutradara terpenting Iran, atau bahkan sinema dunia. Bread & Alley adalah film pendeknya yang dibuat pada tahun 1970. Di film berdurasi 10 menit ini, kamu sudah bisa melihat pendekatan-pendekatan Kiarostami yang sering ia pakai di karya-karyanya selanjutnya. Sebut saja tema-tema humanis sederhana yang menceritakan kehidupan sehari-hari. Pendekatan kamera yang sederhana juga mendekatkan penonton dengan sang protagonis.

 

George Lucas: Electronic Labyrinth: THX1138 3EB

George Lucas tercatat sebagai pelajar USC (University of Souther California) saat menyutradarai film pendek ini. Di film ini, George Lucas telah menunjukan craftmanship yang luar biasa, baik dari segi teknis maupun artistik. Film pendek ini kemudian diadaptasi olehnya menjadi film panjang pertamanya: THX 1138.

Itu dia 10 film karya sutradara ternama yang bisa kamu tonton online. Kamu punya rekomendasi lain? Ayo berbagi bersama kami dengan menuliskannya di kolom komentar!

 

Comments