3 Tips Komunikasi dan Networking Untuk Komunitas Film

Kami sering dapet undangan untuk mengisi acara dari komunitas-komunitas film di Indonesia, apalagi sekarang komunitas semacam itu mulai menjamur, gak cuma sebatas di kampus atau kota-kota besar, bahkan udah merambah ke daerah juga. Komunitas-komunitas film ini berperan sangat besar dalam meningkatkan produktivitas industri film, karena selain menyediakan ruang bagi para sineas untuk saling berbagi, komunitas-komunitas ini ada juga yang secara independen memproduksi film serta mengadakan pemutaran film. Di Kupang ada Komunitas Film Kupang, yang salah satu film produksi mereka bahkan berhasil masuk daftar nominasi Festival Film Indonesia 2018. Kami akan kasih tips komunikasi buat kamu-kamu penggiat komunitas film

Nah, tapi bagaimana sih caranya agar komunitas kamu lebih dikenal oleh publik? Gimana pula caranya supaya kamu bisa berjejaring dengan teman-teman dari komunitas lain? Mengingat forum komunikasi ini sebenernya penting banget buat menciptakan industri film yang sehat, termasuk sampai ke proses distribusi ketika film menemukan penontonnya.

Datang ke Acara Film

Datang ke acara film salah satu usaha tips komunikasi yang baik buat komunitas film kamu!

Pemutaran film atau diskusi independen bukan cuma ajang mendapatkan inspirasi dari film yang kita tonton, tapi juga dari orang-orang yang terlibat di dalamnya, mulai dari pihak penyelenggara sampai sesama penonton. Makanya, jangan lupa buat selalu bawa kartu nama kamu atau jangan sungkan buat saling berkenalan dan tukar menukar media sosial, apalagi medsos di jaman sekarang adalah media yang paling strategis buat membagikan karya dan portofolio kamu! Salah satu komunitas yang cukup eksis ada dari Jatinangor nih, baca berbincang dengan komunitas film asik dari Jatinangor

Bikin Acara Sendiri

Cobalah sesekali bikin suatu acara yang bisa menarik massa dari komunitas-komunitas film independen. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seperti apa tren komunitas saat ini. Sangat penting juga untuk mengetahui karakter masing-masing komunitas, sehingga kamu bisa mengetahui komunitas seperti apa yang mau kamu ajak kerjasama untuk project tertentu.

Baca Juga:  Cerdas Cermat Film Ala Studio Antelope

Manfaatkan Media Sosial!

Di era serba dinamis seperti sekarang ini, keberadaan medsos gak bisa dipungkiri membawa kemudahan buat kita berbagi inspirasi. Kami udah membuktikan sendiri lewat beragam medsos kami, mulai dari YouTube sampai Instagram, di mana kami membagikan ilmu-ilmu dan konten inspiratif yang menarik. Tapi inget, konten yang menarik bukan cuma satu-satunya aspek yang harus kamu perhatikan. Jangan lupa buat terus menjaga konsistensi dalam mengunggah materi konten, karena medsos menjaga pemirsa atau pengikut kita dengan beberapa algoritma khusus.

Biar gak lupa buat update, kamu bisa bikin jadwal posting atau pakai aplikasi manajemen medsos seperti Hootsuite atau SproutSocial. Selain konten yang menarik dan konsistensi, interaksi dengan pengikut medsos juga penting. Pastikan medsos kamu bicara ‘dua arah’, semisal konten kamu lagi bahas tentang film terbaik tahun ini, coba tanyakan juga komentar para pengikut kamu soal tema yang sedang kamu bahas!

Semoga tips komunikasi buat komunitas film ini bisa bikin kamu dan kawan-kawan bisa lebih dikenal ya!

No Comments

Tulis Komentar: