4 Festival Film Yang Merayakan Kemanusiaan

Selain sebagai hiburan, film juga bisa jadi sarana buat menyampaikan pesan-pesan kehidupan. Beberapa festival film bahkan diadakan dengan mengusung tema khusus setelah mengkurasi film-film dengan benang merah pesan yang sama. Contohnya nih, di berbagai belahan dunia ada festival-festival film yang mengusung nilai kemanusiaan, seperti festival-festival berikut ini:

1. Movies That Matter Festival

Movies That Matter, merupakan salah satu festival film yang merayakan kemanusiaan.

Movies that Matter Festival menyediakan layar mereka buat film-film fiksi yang menyentuh dan film-film dokumenter yang menayangkan fakta tentang hak asasi manusia serta keberlangsungan dan perjuangan menentang ketidakadilan. Diselenggarakan di Den Haag, Belanda, festival ini juga mengadakan diskusi, pertunjukan musik, dan pameran. Selain membagi sesi penayangan berdasarkan tema, film-film yang telah dikurasi juga dibagi lagi berdasarkan tiga program utama: (1) Amnesty International’s Activist, untuk film yang berbicara tentang para pengacara hak asasi manusia, (2) Camera Justitia – bagi film yang berkisah tentang hukum dan keadilan and (3) Dutch Movies Matter, dikhususkan bagi film-film kemanusiaan karya sineas Belanda. Selain sebagai tempat berkumpulnya para aktivis dan penyuka film, Movies That Matter Festival biasanya juga dihadiri oleh politikus dan jurnalis.

 

2. Human Rights Film Festival “Inconvenient Films”

Human Rights Film Festival merupakan festival film yang merayakan kemanusiaan.Human Rights Film Festival “Inconvenient Films” adalah festival film dokumenter tahunan yang dimulai sejak tahun 2007 di Lithuania. Inisiatif nirlaba ini bertujuan buat meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu hak asasi manusia di seluruh dunia dan mengaitkannya dengan yang terjadi di Lithuania. Dengan menayangkan dokumenter dalam beragam tema kemanusiaan dan mengundang para sineas serta aktivis dari seluruh dunia, penyelenggara festival berharap bisa mendorong dan memfasilitasi diskusi publik mengenai hak asasi manusia. Keren banget ya!

 

3. FreedomFilmFest

Freedom Film Festi di Malaysia merupakan festival film yang merayakan kemanusiaan.

FreedomFilmFest yang diadakan di Petaling Jaya, Malaysia bermula dari keprihatinan atas makin melebarnya kesenjangan antara masyarakat kaya dan miskin, yang berada dan berkekurangan, serta yang berkuasa dan tertindas, terutama di era kemajuan sains, teknologi, dan demokrasi belakangan ini. Selain penayangan film, workshop, dan kelas-kelas pelatihan, festival ini juga diwarnai diskusi serta tanya jawab bersama para sineas.

 

4. Festival Film 100% Manusia

100% Manusia Film Festival merupakan salah satu festival film yang merayakan kemanusiaan.

Nah, balik ke negara sendiri, kita punya Festival Film 100% Manusia. Diselenggarakan di Jakarta, Indonesia, festival film ini mengusung isu-isu seputar hak asasi manusia, keberagaman, gender, dan HIV/AIDS. Festival ini juga bermaksud untuk mendorong kepedulian pada skala yang lebih luas dan memfasilitasi pertukaran ide-ide serta kreativitas tanpa memandang label, stereotip, prasangka, dan stigma negatif.

Comments