4 Kelas Akting di Jakarta

Mungkin kamu pernah menonton film dan penasaran bagaimana proses akting terjadi. Atau mungkin kamu memang sudah bermimpi menjadi aktor sejak kecil, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Akting merupakan bentuk seni yang lebih banyak mengandalkan diri sendiri. Dari fisik, pikiran, dan emosi. Tetapi belajar akting sendiri merupakan hal yang tidak mudah. Terutama untuk menjadi aktor yang hebat. Pastinya diperlukan pengetahuan yang lebih luas dan keterampilan yang lebih tajam. Kamu bisa mendapatkan semua itu melalui sekolah atau kelas akting. Jika kamu sudah memiliki tekad bulat untuk mendalami seni peran, langkah selanjutnya adalah memilih sekolah atau kelas akting yang tepat untuk keperluanmu. Jika kamu berada di Jakarta, berikut ada 4 kelas akting di Jakarta yang bisa kamu ikuti:

1. Didi Petet Acting Class (DPAC)

Pasti nama Didi Petet sudah tidak asing lagi di telingamu. Sesuai dengan namanya, kelas akting ini didirikan olehnya. Kurikulumnya sendiri terdiri dari pembelajaran aktualisasi diri, konsentrasi, imajinasi dan penghayatan, analisa naskah, analisa peran dan observasi, dan penciptaan peran. Di DPAC ada tiga jenis kelas yang bisa kamu ambil, yaitu: Kelas Reguler yang berjalan selama 3 bulan, Kelas Privat dan Group dengan 10 kali pertemuan, dan Kelas Eksklusif bersama Yayu AW Unru. Sekolah akting ini berada di daerah Jakarta Pusat, tepatnya Cempaka Putih.

2. Hollywood Acting School

Sekolah ini dicetuskan oleh Anjasmara, Adipati Dolken, dan Shanker RS dengan visi mewujudkan impian seseorang untuk menjadi aktor. Jika kamu mendaftar ke sekolah ini, kamu tidak saja akan diajari oleh pendirinya, tetapi juga dengan guru akting Hollywood. Kurikulumnya juga terbilang lengkap dengan pengajaran olah vokal, olah tubuh, latihan di depan kamera maupun langsung di lokasi. Kelasnya sendiri terbagi menjadi Basic Class untuk murid yang belum bisa akting dan pengajarannya dengan pendekatan Stanislavski dan Meisner. Intermediate Class diperuntukan untuk murid yang telah lulus Basic Class dengan teknik Meisner II. Hollywood Acting School berada di daerah Tebet, Jakarta Selatan.

Baca Juga:  10 Film Pendek Karya Awal Sutradara Ternama Yang Bisa Kamu Tonton Online

3. Aura Entertainment

Aura Entertainment memperbolehkan pendaftar semuda 4 tahun dan sampai setua 50 tahun. Dalam kelas akting, mereka menjanjikan pengajaran pembentukan karakter dan bagaimana cara tampil dengan natural di depan kamera. Paket pengajarannya dibagi menjadi tiga sesuai dengan bayaran dan manfaat yang didapatkan, yaitu: Paket Reguler, Paket Intensif, dan Paket Eksklusif. Pengajar kelas sendiri terdiri dari beberapa aktor panggung dan juga ada guru tamu seperti Derry Drajat, Irwan Siregar, dan Kusumo Priyono. Kelas akting ini berlokasi di jalan Kramat, Jakarta Pusat.

4. Kelas Akting Salihara

Ada lagi kelas Akting di Jakarta, yaitu Salihara. Salihara membuka kelas setiap tahunnya dan berjalan dari bulan Januari hingga Maret. Metode seni peran yang diangkat dalam kelas ini adalah Sistem Stanislavski yang menjunjung tinggi realisme di dalam akting. Kelas pun dibagi menjadi dua. Kelas I untuk para murid pemula dan Kelas II untuk para murid yang telah mengikuti Kelas I. Di akhir pembelajaran, murid Kelas Akting Salihara akan tampil dalam pertunjukan di Teater Salihara. Di tahun 2018 dan 2019, Kelas Akting Salihara diajarkan oleh Rukman Rosadi, aktor dan pengajar di Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang juga memiliki klub aktingnya sendiri, yaitu Saturday Acting Club. Sedangkan, Salihara bertempat di bilangan Jakarta Selatan, yakni Pasar Minggu.

Putri Odelia Devin

Content Writer
Mulai mengenal film melalui film musikal dan film animasi Disney dari kecil, Putri Odelia menjadi tertarik dengan storytelling dan pertunjukkan. Selain merupakan sarajana ekonomi, ia juga menghabiskan waktunya dengan menulis fiksi dan berakting dalam pertunjukkan.
Putri Odelia Devin

Latest posts by Putri Odelia Devin (see all)

Baca Juga:  6 Mitos Tentang Dunia Perfilman

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares