5 Alat Yang Dibutuhkan Filmmaker Pemula

Dengan perkembangan teknologi membuat orang semakin mudah untuk menghasilkan film. Bahkan dengan hanya mengandalkan smartphone seseorang bisa membuat film, contohnya pada ajang Sundance Film Festival, film yang berjudul Tangerine sangat menyita perhatian karena proses shootingnya menggunakan iPhone 5S. Tentunya dengan kemudahan teknologi membuat orang lebih kreatif. Nah, kali ini kami akan merekomendasikan 5 alat yang dibutuhkan filmmaker pemula.

1. Alat Perekam (Kamera/Handycam)

Kalau ga pakai kamera atau handycam pakai apa dong yaa buat merekam dan bisa bikin film. Oleh karena itu, kamera menjadi alat yang utama untuk memroduksi film. Tetapi tidak harus dengan kamera sensor full frame ataupun kamera yang biasa digunakan untuk shooting film layar lebar. Karena sebagian kamera saat ini sudah menghasilkan gambar yang beresolusi tinggi dan merekam video dengan kualitas HD. Banyak sekali jenis kamera yang anda bisa pilih dan tergantung dari jenis video yang ingin anda hasilkan.

2. Tripod

Jangan sesekali menyepelekan tripod untuk kebutuhan shooting. Tripod sangat dibutuhkan agar proses pengambilan gambar tidak bergetar. Jadi fungsinya mirip dengan stabilizer kamera, tripod juga bisa melakukan gerakan memutar, panning, dan tilting. Sebab itulah tripod berperan penting dalam pembuatan film.

3. Lighting

Dalam kondisi tertentu ketika kekurangan cahaya atau membutuhkan cahaya tambahan untuk keperluan shooting, lighting sangat dibutuhkan karena pencahayaan dapat membantu menghasilkan gambar yang tajam. Lighting HMI (Hydrargyrum Medium-arc Iodide) adalah pencahayaan bagus yang direkomendasikan tetapi harga sewanya yang lumayan mahal dan membutuhkan daya yang tinggi. Karena itulah banyak yang menggantinya dengan LED. Ada beberapa aksesoris tambahan untuk keperluan lighting seperti; reflector, filter CTO, filter CTB, diffusion/difuse.

4. Audio Recorder & Microphone

Jangan hanya memikirkan kualitas gambar saja untuk memproduksi film, agar penonton bisa menikmati keseluruhan filmnya secara maksimal maka suara juga harus terdengar jelas karena suara juga merupakan aspek terpenting dalam film.

Salah satu audio recorder yang mumpuni digunakan adalah Zoom H4N/H6N dan dibutuhkan perangkat pendukung berupa microphone. Ada 3 jenis microphone untuk pengambilan suara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, diantaranya clip on, shotgun mic, dan boom mic. Zoom H4N/H6N yang dipasangkan dengan microphone akan menghasilkan suara jernih.

 

5. Software Editing

Setelah shooting selesai selanjutnya memasuki tahap akhir produksi yaitu editing. Kita bisa menyusunan video, memotong adegan, mengedit suara, menambah efek, colour grading dan masih banyak lagi. Ada beberapa software editing yang bisa digunakan antara lain; Final Cut Pro, Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, Pinnacle Studio, dan After Effect.

Semua itu merupakan peralatan yang dibutuhkan pemula untuk memproduksi film, Bagaimana? Simple bukan? Teruslah berkarya jangan sampai terjanggal oleh alat produksi karena dengan perkembangan teknologi kita dipilihkan dengan banyak pilihan.

 

No Comments

Leave a Reply