5 Film Hitam Putih Yang Menyabet Banyak Penghargaan

Film hitam putih memberikan nuansa yang berbeda dengan film berwarna. Berbeda dengan film berwarna yang penuh dengan corak, film hitam putih menawarkan nuansa, atmosfer, dan suasana yang pada akhirnya mempengaruhi tema sebuah film secara keseluruhan.

Pembuatannnya pun berbeda dengan film berwarna, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan secara khusus. Kami pernah membuat sebuah artikel yang membahas tentang tata cahaya di film hitam putih. Kalian bisa membacanya di link berikut ini.

Biasanya filmmaker memilih hitam putih karena dua alasan berbeda. Pertama sebagai penanda zaman, misalnya era sebelum 1960-an, di mana saat itu belum ada film berwarna. Atau alasan kedua: membawa penonton ke dunia yang asing atau tidak biasa. Kedua alasan fundamental itu mendasari pilihan filmmaker untuk memilih berwarna atau hitam putih.

Dalam beberapa tahun terakhir, film hitam putih sepertinya menemukan popularitasnya kembali. Tidak hanya banyak film hitam putih yang mendapat apresiasi di ajang penghargaan film, tetapi juga penonton yang mulai menerima hitam putih sebagai pilihan kreatif pembuat film.

Nah berikut 5 film hitam putih kontemporer yang menyabet banyak penghargaan!

The Artist (2011)

Film unik berikut selain dibuat dengan gaya bisu hitam putih, The Artist juga menggunakan rasio 4:3. Berlatarkan industri hiburan di Hollywood pada tahun 1920-an, The Artist masuk nominasi dalam sepuluh kategori piala Oscar dan berhasil memenangkan setidaknya lima penghargaan di tahun 2012. Salah satunya adalah perhargaan tertinggi di Academy Awards yaitu Film Terbaik. Bergenre drama komedi romantis, film yang berasal dari Perancis ini menceritakan tentang seorang aktor lawas yang karirnya mulai meredup, bertemu dengan artis pendatang baru yang menjadi mega bintang yang lalu membuat nasib mereka berubah.

Roma (2018)

Dinominasikan dalam delapan kategori, film Roma mampu membawa pulang tiga penghargaan Oscar di tahun 2019, untuk kategori Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Film Bahasa Asing Terbaik. Film yang didistribusikan oleh Netflix ini disutradarai oleh Alfonso Cuaron. Menceritakan tentang kehidupan seorang asisten rumah tangga di keluarga kelas menengah atas daerah kolonial di Roma, Meksiko. Film ini sangat menarik, secara visual film Roma menampilkan tidak hanya adegan tetapi pengambilan gambar secara keseluruhan yang sangat detail.

Cold War (2018)

Bersaing dengan film Roma di tahun yang sama, Cold War hanya berhasil masuk dalam tiga kategori di Academy Award. Yaitu kategori Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik dan Film Bahasa Asing Terbaik. Disutradarai oleh PaweĊ‚ Pawlikowski, film ini menceritakan tentang sebuah hubungan sepasang kekasih yang dipisahkan oleh politik. Berlatar belakang saat perang dingin di Polandia pasca perang dunia kedua eropa pada tahun 1950. Walaupun hanya masuk nominasi dalam Academy Awards, Cold War berhasil meraih enam penghargaan dalam European Film Award.

The Lighthouse (2019)

Disutradarai oleh Robert Eggers, The Lighthouse masuk dalam satu kategori di Academy Awards untuk Sinematografi Terbaik. Film hitam putih dengan aspek rasio 1,19:1 ini diperankan oleh Robert Pattinson dan Willem Dafoe. Didistribusikan oleh studio film yang beberapa tahun belakangan ini selalu kehujanan piala Oscar hampir setiap tahunnya yaitu studio film A24. Film The Lighthouse dipuji untuk aspek teknikal, khususnya sinematografi dan desain produksi. Dan tentunya yang tidak ketinggalan, arahan sutradara Robert Eggers dan pemeran utama yang ciamik.

Mank (2020)

Film bergenre drama biografi berikut menceritakan tentang perjalanan seorang penulis skenario asal Amerika bernama Herman J Mankiewicz. Bagaimana Ia mendapatkan penghargaan piala Oscar pada tahun 1941 untuk film hasil karyanya yang berjudul CItizen Kane. Judul film Mank diambil dari nama belakang Herman J Mankiewicz yang mampu mendominasi piala Oscar tahun ini. Film Mank yang didistribusikan oleh netflix, saat ini masuk dalam sepuluh kategori di Academy Awards. Menurutmu kategori apa yang akan di menangkan oleh film Mank di bulan April nanti?

Itu dia 5 film lain yang wajib kamu tonton? Kamu punya film lain yang layak masuk ke daftar ini? Tulis di kolom komentar ya!

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?