5 Tipe Pengunjung Festival Film, Kamu Yang Mana?

Selalu ada orang unik di mana aja yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala, termasuk juga di beragam festival film. Kamu pernah ketemu sama salah satu di antara mereka gak? Atau jangan-jangan, justru kamu salah satunya?

Nemenin Temen… atau “Temen”

Ini dia 5 tipe pengunjung festival film. Kamu yang mana?

Tipe pertama ini gampang banget ditemui. Biasanya dia tuh yang lagi main ponsel di pojokan atau celingukan nyari-nyari orang, atau yang ketiduran pas lagi screening, atau yang nguap mulu ketika lagi nyimak talkshow. Tipe yang sabar dan rela diajakin ke sana-sini, karena bahkan ke festival film cuma buat nemenin orang aja mereka mau. Kadang bahkan mereka gak ngerti bakal diajakin nonton film apa, gak pernah denger nama sutradaranya, atau yang paling parah, bahkan gak tahu lagi dateng di acara apa. Tujuan utama mereka emang cuma nurutin ajakan temen yang maksa-maksa minta ditemenin, atau nurutin maunya gebetan yang emang doyan film.

Fans Berat!

Ini dia 5 tipe pengunjung festival film. Kamu yang mana?

Sebagai moviegoer sejati, dia pasti udah biasa nongol di banyak pemutaran film. Entah buat ketemu sama sutradara pujaannya, atau nonton film yang udah diincer dari lama. Kemungkinan besar dia hafal banget detail tentang si sutradara atau si film, sampe informasi yang nyelip-nyelip sekali pun dia tau! Gak susah buat nemuin orang ini di festival, tinggal cari aja yang paling histeris minta tanda tangan atau foto bareng, bahkan sesekali ngajak ngobrol si sutradaranya lama sampe bikin antrean di belakangnya lama nungguin.

The Updater

Ini dia 5 tipe pengunjung festival film. Kamu yang mana?Dia gak boleh ketinggalan info, harus jadi yang nomor satu. Tipe-tipe ini lagi gampang banget ditemui di venue festival film, biasanya lagi LIVE atau update status di entah berapa media sosial. Dia juga yang terakhir kali matiin gadget ketika lampu bioskop mulai dimatiin, dan yang pertama bikin review soal film pake thread atau post dan dikasih rating bintang-bintang.

The Learner

Ini dia 5 tipe pengunjung festival film. Kamu yang mana?

Kalo kamu tertarik buat join semua talkshow yang disediain oleh sebuah festival film, entah itu berbayar atau gratis karena yang kamu cari adalah ilmunya, berarti kamu termasuk dalam tipe pengunjung festival yang ini. Cara paling gampang buat mengenali pengunjung tipe ini adalah berkat notebook dan bolpoin yang dibawa ketika talkshow, dan dari tangan yang teracung pertama kali dan paling tinggi ketika sesi tanya jawab dibuka.

Si Nggak Mau Rugi

Anggota tipe pengunjung model ini sangatlah banyak. Banyak banget. Mereka gak akan mikir dua kali kalau ada booth merchandise dengan tulisan “Silakan ambil, gratis!”, bahkan yang diambil juga bukan satu dua aja. Semua fillm gratis ditonton sampai habis, kadang meski gak ngerti genrenya juga yang penting udah nonton aja. Kalo ada keramaian karena ada seorang sineas muncul, pasti dia akan ikut antre buat foto bersama, meski dia gak tahu juga akan berfoto dengan siapa, yang penting foto dulu.

Nah, kalo berdasarkan tipe-tipe pengunjung festival film yang udah kami sebutin tadi, kamu salah satunya bukan?