6 Rekomendasi Buku Untuk Belajar Film

Buku adalah jendela dunia. Apalagi sekarang, ketika teknologi udah makin maju, kita bahkan bisa baca buku dari layar gadget dimanapun, kapanpun. Kalo kamu suka baca buku dan penasaran sama rekomendasi buku apa aja yang sebaiknya dibaca buat menambah pengetahuan kamu soal film, kami punya daftarnya! Yuk simak 6 rekomendasi buku tentang film berikut ini!

Sight, Sound, Motion: Applied Media Aesthetics (Herbert Zettl)

Rekomendasi buku tentang film.

Kalo kamu tertarik buat mempelajari teori estetika dan bagaimana biasanya penonton memberikan reaksi pada karya visual, coba baca ini deh. Karena buku ini ditulis dengan komprehensif oleh seorang profesor seni komunikasi elektronik dan penyiaran, yang dibahas di buku ini juga lengkap banget, semua elemen teori estetika ada bahasannya sendiri-sendiri.

Master Shots: 100 Advanced Camera Techniques to Get an Expensive Look on Your Low-Budget Movie (Christopher Kenworthy)

Berapapun harga kameramu, buku-buku Master Shots bakal kasih bocoran teknik merekam yang keren dan canggih dan pasti bakal bikin film kamu punya karakter yang kuat. Kebanyakan orang berpendapat film-film dengan budget rendah harus menggadaikan kualitas mereka, tapi buku-buku Master Shots berpikir sebaliknya: kalo ada teknik-teknik oke yang bisa kamu pakai sekalipun dengan budget dan waktu yang mepet, kenapa enggak?

Screenplay (Syd Field)

Kamu tau gak kalo sepuluh halaman pertama naskahmu itu krusial untuk menjaga ketertarikan pembaca? Kamu tau caranya mengadaptasi naskah drama atau novel menjadi naskah yang “laku”? Di buku ini Syd Field gak cuma akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, tapi juga akan berbagi ilmu mulai dari konsep dan karakter dalam naskah, dari scene awal sampai naskah jadi, dan gimana caranya para penulis naskah bisa “menjual” karya mereka.

Baca Juga:  Belajar Tentang Film Lewat Infografis Ini - #AntelopeInfographic Februari 2018

The Filmmaker’s Eye: Learning (and Breaking) the Rules of Cinematic Composition (Gustavo Mercado)

Kamu mau jadi filmmaker keren yang punya ciri khas dalam karya visual kamu? Coba baca buku ini deh. Gak cuma berbagi teori tentang cara membidik yang kuat dan memilih warna-warna dengan cerdas, buku ini juga membeberkan tips-tips praktek yang bisa kamu coba sendiri.

Raindance Producers’ Lab: Lo-To-No Budget Filmmaking (Elliot Grove)

Gimana cara bikin film berkualitas maksimum dengan budget minimum? Buku ini bakal mengupas segala triknya, mulai dari cara mengakali fitur di kamera sederhana sampai beberapa tips publikasi dan pemasaran film lewat media sosial. Elliot Grove gak pelit buat berbagi ilmu di buku ini!

How to Write a Movie in 21 Days Book by Viki King

Nulis naskah emang gampang-gampang susah. Kadang idenya ada, tapi bingung gimana cara ngembanginnya. Atau konfliknya ada, penyelesaiannya yang belum ketemu. Nah, buku ini bakal bantu kamu buat menyelesaikan naskahmu, dari selembar kertas kosong sampai naskah jadi. Selain itu, buku ini juga bakal bantu kamu cari jalan keluar atas segudang kerumitan hidup seorang penulis naskah yang relatable, dengan gaya bahasa yang simpel dan kocak.

3 Comments
  • Adams
    Posted at 20:01h, 04 July Reply

    Beli buku kaya beginian dimana ya?

  • Yogi indra
    Posted at 14:55h, 11 October Reply

    Bagi infonya dong, dimana web online mana yg bisa beli bukunya ?

    • Bikin dan Berbagi
      Posted at 16:52h, 11 October Reply

      Halo, biasanya kami beli buku di Amazon 🙂

Tulis Komentar: