6 Tips Mencari Talent Film Indie

Dalam pembuatan film, pemeran atau biasa disebut dengan aktor dan aktris merupakan sosok yang tak kalah penting. Aktor atau aktris adalah orang yang bertugas memeragakan peran tokoh di dalam cerita. Beberapa pemeran dibutuhkan dalam sebuah film berdasarkan banyak tokoh yang tertulis di dalam naskah. Agar sebuah film dikatakan berhasil, pemeran dipilih secara tepat sesuai dengan peran yang dibutuhkan. Berikut merupakan 6 tips mencari talent untuk film indie:

Gunakan Aktor atau Aktris yang Masih Merintis

Tips Mencari Talent Film
Menggunakan aktor atau aktris profesional memang cara yang bisa dipertimbangkan, tapi jam terbang mereka biasanya sebanding lurus dengan uang akan kamu alokasikan. Salah satu pilihan untuk mendapatkan talent Film Indie kamu adalah cari aktor atau aktris yang masih merintis. Jika kamu bisa berkolaborasi dengannya, kamu bisa mendapatkan kualitas akting yang pas untuk film dengan harga yang masih miring. Sang aktor pun juga bisa menambah portofolio, jam terbang, hingga relasi. Siapa tahu film kamu bisa menjadi batu loncatan baginya. Tentu hal tersebut bisa bikin film kamu juga semakin dikenal.

Gunakan Kerabat atau Teman

Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan kerabat atau teman sebagai pemeran dalam film. Meski terdengar klasik, namun hingga kini masih cukup efektif dan efisien karena dengan menggunakan orang terdekat sebagai pemeran di filmmu, kamu tidak perlu membayar talent yang nantinya akan membuat kantong bolong. Tapi, kamu juga perlu pastikan bahwa temanmu ini bisa akting yaa!

Cari Selebgram

Kini kian ramai banyak selebgram atau Selebriti Instagram yang mulai mencari lahan pekerjaan sebagai aktor atau aktris. Jumlah followers yang banyak di Instagram adalah nilai tawar mereka, karena mereka biasanya juga turut membantu membagi informasi tentang proyek yang sedang dikerjakan. Coba saja kamu mulai aktif melihat akun Instagram yang banyak diikuti orang dan kemampuannya di depan kamera. Alangkah nikmatnya kamu jika selebgram yang kamu incar adalah kerabatmu dan ia sedang mencoba menjajaki pekerjaan sebagai aktor!

Baca Juga:  Susunan Kru Film Pendek Yang Penting Dalam Produksi

Lakukan Casting

Besar kemungkinan film pendek indie yang dibintangi oleh aktor atau aktris yang belum memiliki jam terbang yang banyak, sehingga hasilnya kurang maksimal. Apalagi jika mereka tidak dibayar karena bergabung dalam project berdasarkan sukarela membantu. Untuk hasil yang lebih baik, lakukanlah pemilihan peran (casting). Jangan melakukan casting mendadak (beberapa saat menjelang shooting) agar kamu punya banyak pilihan pemain.

Datangi Komunitas Teater Sekolah atau Kampus

Salah satu cara mudah adalah dengan mendatangi komunitas teater di sekolah-sekolah atau universitas. Mulailah untuk sering bermain atau menonton pertunjukan teater atau saat mereka latihan. Dari sana kamu bisa melihat aktor dan aktris yang cocok untuk film kamu. Kemudian, tawari anggota komunitas untuk bergabung denganmu. Karena mereka terbiasa untuk berlatih akting, itu akan memudahkanmu dalam mengarahkan mereka.

Pergilah Jalan-jalan

Jalan-Jalan ke Mall Salah Satu Cara Mencari Talent Film
Cara selanjutnya adalah pergi jalan-jalan. Pergilah ke mall, tempat rekreasi, taman, dan tempat umum lainnya yang ramai. Carilah seseorang yang menurutmu cocok memerankan tokoh dalam filmmu. Jika sudah menemukan yang cocok, tawari mereka untuk bergabung bersamamu. Cara ini memang sedikit terdengar aneh, namun cara ini sering dilakukan. Contohnya terjadi pada Dimas Anggara yang ditawari casting ketika sedang jalan-jalan di mall.

Semoga tips mencari talent untuk film indie ini bermanfaat bagimu ya!

Dewi Masithoh Fahrur

Content Writer
Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta jurusan Penyiaran. Memiliki ketertarikan di bidang perfilman dan bercita-cita memiliki production house sendiri. Roman & Drama Keluarga merupakan genre favoritnya. Dewi memiliki ketertarikan dengan dunia disabilitas dan ingin membuat film tentang mereka.
Dewi Masithoh Fahrur
Baca Juga:  3 Jenis Sponsor Film yang Perlu Kamu Ketahui

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: