6 Tips Yang Akan Membantumu Menyutradarai Aktor

Sutradara merupakan peran yang mengemban kewajiban paling besar dalam sebuah produksi. Bagaimana tidak, kesuksesan sebuah film akan selalu dibebankan secara keseluruhan pada kemampuan sang sutradara. Tak hanya terfokus pada hasilnya, sutradara juga dituntut untuk mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi seluruh aktor dan kru. Sutradara harus mampu menyutradarai aktor dengan baik.

Namun, bagi kalian yang pernah menjalankan peran sutradara, ketahuilah bahwa salah satu aktivitas puncak seorang sutradara adalah ketika berhadapan dengan aktor. Sutradara harus mampu memberi ide dan inspirasi kepada pada aktor tanpa membatasi ruang kreatif mereka sama sekali. Tapi bagaimana caranya membawa kata-kata dalam naskah untuk dijadikan arahan yang pas? Bagaimana sih caranya menyutradarai aktor dengan baik?

Berbeda dengan teater, aktor film biasanya tidak bermain untuk penontonnya, melainkan untuk sutradara. Setiap gerak-gerik aktor di depan layar dipantau dan membutuhkan validasi sutradara. Sedangkan, justru perhatian para sutradara akan tersita juga oleh permasalahan kamera, sound, dan sebagainya. Oleh karena itu, penting bagi para sutradara untuk membuat para aktor merasa sebagai prioritas dibandingkan dengan kru film lainnya. Jangan sampai meninggalkan aktor sama sekali tak mengerti apa yang sedang dilakukan.

Nah, untuk mempermudah jalinan hubungan antara sutradara-aktor ini, ada 6 tips kecil dalam menyutradarai aktor yang perlu kamu ketahui:

Jangan Buru-buru

Aktor bukan robot. Karena itu, kemampuan dan kebutuhan kreatif tiap aktor pun berbeda. Sutradara harus mampu mengakomodasi keunikan setiap aktor. Sutradara harus menyediakan waktu dan ruang kreatif sampai para aktornya mampu mengoptimalkan kreatifitas mereka. Sesudah itu, sutradara dituntut untuk menilai apakah sekarang waktu yang tepat untuk mengambil take.

Lindungi aktormu

Ini dia 6 tips mudah dan bermanfaat dalam menyutradarai aktor.

Hanya sutradara yang dapat mengarahkan aktornya. Jika ada kru lain yang berusaha ‘menyetir’ aktor, sutradara harus mampu melindungi dan mempertahankan mereka. Dengan begini, aktor juga merasa lebih spesial sebab sutradara mau menjadikan aktor sebagai prioritas yang utama.

Baca Juga:  5 Film Pendek Untuk Merayakan Gempita Imlek

Respect!

Ini adalah sebuah sikap yang tidak boleh luntur dari diri seorang sutradara. Sebagai sosok ‘pemimpin’ dalam produksi film, sutradara yang menghormati dan menghargai kru dan aktornya akan dihormati dan dihargai pula oleh para kru dan aktor.

Bentuk-bentuk penghargaan tersebut dapat dimulai dari datang tepat waktu, tidak buru-buru dan tidak membiarkan emosimu menguasai suasana. Melihat sutradara yang menghormati orang lain, siapa sih yang tidak ingin memberikan yang terbaik?

Jangan memerintah

Salah satu hal mendasar yang harus diketahui sutradara adalah bahwa tugas sutradara ialah mengarahkan aktor, bukan menyuruh. Karena itu, hindari kalimat-kalimat seperti ‘Kamu harus melakukan ini’, ‘Kamu begini lalu begitu’, dan sebagainya. Kalimat perintah seperti itu menutup kemungkinan kreatif yang bisa diolah oleh aktor. Coba gunakan kalimat yang merangsang imajinasi seperti, ‘Bagaimana jika kita mencoba cara ini?’, ‘Bayangkan jika karaktermu berada di kondisi ini?’, dan sebagainya.

Berikan arahan secara privat

Ini dia 6 tips mudah dan bermanfaat dalam menyutradarai aktor.

Hindari memberikan arahan pada aktor dengan cara berteriak, berseru atau pun berada pada jangkauan pendengaran kru film. Arahkan sang aktor dengan lebih privat dan bicara dengan pelan agar arahan yang diberikan tidak terdengar orang lain. Hal ini dilakukan karena, sekali  lagi, aktor bukan robot. Aktor memiliki perasaan yang cukup sensitif. Arahan yang disampaikan secara privat dapat menurunkan ketegangan atmosfer momen shooting.

Berikan Pujian

Siapa yang tidak suka pujian? Jika seorang aktor telah bekerja dengan baik, entah aktor utama maupun aktor pendukung, pujilah mereka. Nah, jika arahan harus disampaikan secara privat, kini pujian lebih baik disampaikan secara publik, biarkan seluruh kru tahu dan turut memberikan pujian. 

Baca Juga:  10 Film Romantis yang Asik Ditonton Bareng Pacar di Hari Valentine

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares