Suka Film Musikal? Ini 7 Film Musikal Broadway!

Dari film-film Disney Live Action seperti Beauty and the Beast, The Greatest Showman, sampai film yang mendapatkan nominasi Oscar seperti La La Land, drama musikal menjadi salah satu genre yang filmnya ditunggu-tunggu. Dengan alunan musik yang dapat membawa penontonnya ke dalam emosi dari cerita dan pertunjukkan yang menghibur, film musikal memiliki daya tariknya sendiri. Obrolan film musikal pastinya tidak jauh dari pertunjukkan teater musikal dan Broadway adalah tempat paling terkenal untuk pertunjukkan teater musikal. Dengan adanya adaptasi pertunjukkan teater musikal ke film, kita tidak harus jauh-jauh pergi ke New York, kok! Ini ada 7 film musikal broadway yang bisa kamu tonton:

1. West Side Story (1961)

West Side Story merupakan salah satu film musikal terlaris hingga hari ini. Walaupun pertunjukkannya gagal mendapatkan penghargaan Tony untuk Best Musical, tapi film ini mendapatkan piala Oscar terbanyak. West Side Story mengangkat cerita percintaan khas Romeo dan Juliet, dimana kedua kekasih dilarang untuk menjadi satu. Tony, salah satu anggota gang kulit putih bernamakan Jets jatuh cinta dengan Maria, adik dari ketua gang Puerto Rico yang juga rival mereka bernamakan Sharks. Kamu pasti bisa membayangkan betapa dramatisnya film yang menceritakan kehidupan di New York pada tahun 1950-an ini kan? Ditambah dengan lagu-lagu legendarisnya seperti Tonight dan Somewhere, tidak heran mengapa Steven Spielberg sedang berusaha untuk membuat remake-nya.

2. Chicago (2002)


Seperti West Side Story, Chicago juga merupakan salah satu film musikal terlaris yang juga banyak memenangkan penghargaan Oscar. Termasuk penghargaan untuk Best Picture di tahun 2003. Film musikal ini dimainkan oleh aktor-aktor ternama seperti Catherine Zeta Jones, Renée Zellweger, dan Richard Gere. Ceritanya sendiri memiliki latar tahun 1924, puncak dari Jazz Age di Chicago, yang penuh dengan skandal dan korupsi.

3. Mamma Mia! (2008)


Siapa sih yang tidak mengetahui grup musik pop ABBA? Mamma Mia! yang awalnya merupakan pertunjukkan panggung Broadway merupakan sebuah film musikal jukebox, yang berarti film ini mengangkat lagu-lagu dari ABBA yang dimasukkan ke dalam alur ceritanya. Film ini bercerita mengenai seorang anak perempuan yang mengundang tiga laki-laki yang ia sangka ayah kandungnya. Lagu-lagu populer ABBA seperti Mamma Mia dan Dancing Queen dinyanyikan oleh cast yang penuh dengan bintang: Meryl Streep, Pierce Brosnan, Colin Firth, Stellan Skarsgård, Julie Walters, Christine Baranski, Amanda Seyfried, dan Dominic Cooper. Jika kamu sudah selesai menonton Mamma Mia! dan masih ingin berkaraoke dengan lagu ABBA sambil tertawa dan menangis, kamu bisa langsung lanjut dengan sequelnya, yaitu Mamma Mia!: Here We Go Again.

4. Les Misérables (2012)

Les Misérables berawalkan dari sebuah novel karya Victor Hugo. Pertunjukkan pertamanyanya muncul di Paris (1980) sebelum dibawa ke West End di Inggris (1985) lalu ke Broadway (1987). Pertunjukkan musikal ini menempati urutan kelima pada daftar pertunjukkan Broadway terpanjang (hingga tahun 2003) dan sampai sekarang masih dapat disaksikan di West End. Film musikal yang adaptasi dari novel dan pertunjukkannya sudah dilakukan berbagai bahasa dan negara, tetapi adaptasinya yang paling terkenal adalah film adaptasi tahun 2012. Les Mis menceritakan kisah seorang pengemis bernama Jean Valjean (Hugh Jackman) dan keinginannya untuk membalas dendam setelah menjadi tahanan penjara untuk 19 tahun karena ia mencuri roti untuk keponakannya. Karena latarnya di Perancis pada awal abad ke-19, Valjean dan karakter-karakter lainnya harus menghadapi masa revolusi yang sangat tragis. Film ini juga dimainkan oleh aktor-aktor Hollywood ternama seperti Russell Crowe, Anne Hathway, Eddie Redmayne, Amanda Seyfried, Helena Bonham Carter, dan Sacha Baron Cohen.

5. Dreamgirls

Pertunjukkan teater Dreamgirls bercerita mengenai grup musikal yang bernamakan Dreamettes. Saat seorang manager, Curtis Taylor Jr., melihat mereka di sebuah pertunjukkan bakat, ia memberikan mereka tawaran untuk menjadi penyanyi latar dari seorang penyanyi populer. Taylor akhirnya menjadi manager dari grup dan membawa mereka ke dalam kesuksesan. Film adaptasi ini berhasil memenangkan dua penghargaan Oscar, yang salah satunya diraih oleh Jennifer Hudson untuk prestasinya dalam memainkan karakter Effie White. Dengan cast-nya yang dipenuhi dengan nama-nama seperti Jamie Foxx, Beyoncé Knowles, Eddie Murphy, dan Danny Glover dan lagu-lagu legendarisnya seperti Listen dan And I Am Telling You I’m Not Going, bisa bayangkan kan betapa kerennya film ini?

6. Cats (UPCOMING)

Dari daftar 7 film musikal Broadway ini, Cats merupakan satu-satunya yang memiliki genre fantasi. Seperti Les Mis, Cats juga berawal dari sebuah buku karangan T. S. Elliot yang berjudul Old Possum’s Book of Practical Cats. Filmnya sendiri juga akan disutradarai oleh Tom Hooper yang juga menyutradarai Les Miserables di tahun 2012. Walaupun film ini baru akan dirilis di akhir tahun 2019, sudah banyak hype di sekitarnya karena bintang-bintang yang akan muncul di film ini seperti Jennifer Hudson, Taylor Swift, James Corden, Idris Elba, Rebel Wilson, Jason Derulo, Ian McKellen, Judi Dench, dan Danny DeVito. Penasaran kan akan seperti apa bentuk dari film ini?

7. Wicked (UPCOMING)

Film musikal ini, diadaptasi dari pertunjukkan ternama yang masih terus mengadakan pementasan hingga hari ini. Pertunjukkan ini menceritakan pertemanan aneh antara Elphaba, The Wicked Witch of the West dan Galinda the Good Witch yang memperjuangkan persahabatan mereka dengan kepribadian mereka yang berlawanan, perebutan seorang laki-laki, dan juga pemerintahan The Wizard yang korup. Pertunjukkan yang awalnya dibintangi oleh Idina Menzel yang juga menyuarai karakter Elsa di Frozen dan Kristin Chenoweth diberitakan akan diadaptasi menjadi film dan dirilis sekitar waktu yang sama dengan Cats, yaitu akhir tahun 2019. Tetapi berbeda dengan Cats, Wicked masih belum merilis nama-nama aktor yang akan membintanginya.

No Comments

Leave a Reply