4 Aplikasi Pengatur Feed Dan Jadwal Posting Instagram

Apakah kamu adalah seorang pengguna akun Instagram yang sangat memerhatikan kerapihan feed Instagram? Misal, dengan tipe foto atau konten yang mau di-upload harus menggunakan filter yang sama? Atau bahkan kamu berkeinginan menjadi selebgram? Jika iya, maka, kamu memerlukan aplikasi pengatur feed Instagram! Aplikasi pengatur feed Instagram akan membantumu merancang susunan foto yang asik untuk di-upload hingga merancang jadwal upload yang rutin.

Aplikasi Pengatur Feed & Jadwal Posting Instagram

Untuk menggunakan tiap aplikasi di bawah ini, kamu diharuskan untuk log in akun IG kamu. Lalu, aplikasi akan menampilkan semua unggahan kontenmu di Instagram, baik foto maupun video dengan jumlah yang sama persis. Biasanya, tiap aplikasi akan menyediakan grid kosong serupa di Instagram yang bisa kamu isi dengan foto atau video yang mau kamu upload. Oya, jika dalam artikel ini ada beberapa istilah yang belum kamu pahami, maka ada baiknya kamu membaca istilah-istilah dalam Instagram yang perlu kamu ketahui. ! Apa saja aplikasi yang bisa kamu gunakan dan bagaimanakah cara penggunaannya? Mari kita bahas di bawah ini!

UNUM

Saat kamu menggunakan UNUM, biasanya kamu akan mendapati banyak grid yang kosong sebelum menemukan unggahan kontenmu. Aplikasi ini memberikan banyak grid kosong untuk bisa kamu masukkan foto atau video di dalamnya. Sehingga, kamu bisa membayangkan berapa jumlah konten yang pas untuk di-upload. Tidak hanya foto, kamu akan juga bisa menuliskan caption-nya sekaligus. Jadi, saat kamu harus meng-upload konten tersebut, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan caption. Kamu juga bisa mengunggah konten kamu lewat UNUM asal kedua aplikasi terkait (UNUM dan Instagram) tersinkronisasi dengan baik.

Fasilitas lain yang bisa kamu gunakan di UNUM adalah aplikasi ini menyediakan tools untuk mengatur jadwal harian dalam mengunggah konten. Tidak hanya mengatur jadwal, UNUM juga akan menjadi alarm atau reminder jika sudah tiba waktunya kamu harus meng-upload konten. Jika kamu berlangganan UNUM, kamu bisa mendapatkan fasilitas lain yang tidak kalah penting adalah: insights. Insights adalah rekapan hasil impressions dan engagement tiap konten yang kamu unggah. Data insights ini yang nantinya bisa kamu gunakan untuk memikirkan strategi konten kamu selanjutnya. Kalau kamu tertarik untuk mencari tahu tentang UNUM, bisa ke website nya di unum.la dan tentunya kamu bisa download aplikasi ini melalui Playstore atau Appstore.

Baca Juga:  10 Infografis Seputar Filmmaking Terpopuler di Tahun 2017

Preview

Ini dia salah satu aplikasi yang mengatur feed Instagram lainnya yang cukup digandrungi, Preview. Tools yang diberikan serupa dengan UNUM, namun di Preview kamu tidak akan menemukan grid kosong yang banyak. Sehingga, jika kamu ingin membayangkan tampilan Instagram, kamu harus memasukkan semua gambar yang akan diunggah. Preview menyediakan fitur merancang jadwal unggah lho! Fasilitas lain yang ditawarkannya adalah kemampuannya repost konten akun lain dan menyediakan kumpulan foto yang bisa kamu unduh secara gratis.

Seperti kalimat yang dicantumkan di website Preview (thepreviewapp.com) “plan, design, and manage your Instagram”, maka sudah sewajarnya Preview memiliki tools untuk mengedit foto. Ada beberapa koleksi pilihan filter yang disediakan oleh Preview. Aplikasi ini juga membantu kamu untuk menemukan hashtag yang sesuai dengan tema kontenmu. Misal, kamu ingin post foto makanan, Preview menyediakan pilihan hashtag yang biasa digunakan di Instagram. Tentunya, aplikasi ini bisa didapat di Playstore ataupun Appstore.

Planoly

Aplikasi ini serupa dengan dua aplikasi lainnya, namun hal yang membuat berbeda adalah Planoly cenderung lebih fokus pada penjadwalan posting. Planoly akan membagi dua kategori: scheduled dan unscheduled. Tidak seperti UNUM maupun Preview, Planoly akan merancang penjadwalan spesifik di tiap masing-masing konten. Hal ini lah yang membuat kategorisasi scheduled dan unscheduled. Ternyata, aplikasi ini tidak hanya mengatur jadwal untuk konten di feed Instagram, melainkan Planoly juga menyediakan fitur untuk menjadwalkan post instastory! Bisa dilengkapi dengan gambar, hashtag, hingga mention.

Fitur lain yang bisa digunakan adalah Planoly memiliki web dashboard. Hal ini memudahkan bagi pengguna akun yang menyimpan file atau konten Instagram-nya di laptop. Sehingga tidak perlu memindahkan konten ke handphone terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi. Pada tampilan web kamu juga akan menemukan kalender yang bisa gunakan sebagai penjadwalan menggunggah konten. Planoly juga punya fitur untuk membalas komentar lho, bisa digunakan di mobile ataupun web dashboard. Kamu bisa baca fitur lengkapnya di planoly.com dan bisa mengunduh aplikasinya di App Store dan Play Store.

Baca Juga:  5 Film Pendek Horror Indonesia Paling Seram

Hootsuite

Aplikasi Hootsuite cocok digunakan bagi akun bisnis atau perusahaan yang concern pada media sosial. Kenapa media sosial, karena sebenarnya Hootsuite mampu mengatur jadwal beberapa media sosial: Instagram, Facebook, Twitter, Linkedinn, Pinterest, dan Youtube. Fokus aplikasi ini bukan hanya pada penjadwalan saja, tetapi pada kemampuannya menganalisa tiap konten yang diunggah. Meski beberapa aplikasi juga memiliki fitur yang serupa, namun Hootsuite memberikan pengguna kesempatan memantau dan menganalisa konten yang diunggah secara intens. Pada laman blog Hootsuite, juga terdapat beberapa tips strategi pemasaran yang bisa kamu intip dan coba lakukan.

Target pengguna Hootsuite rasanya adalah akun bisnis dan perusahaan. Sehingga, Hootsuite memiliki pilihan langganan untuk bisa diakses dengan banyak pengguna dan untuk beberapa akun media sosial. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu menjadwalkan satu konten bisa di-publish untuk ke beberapa media sosial sekaligus. Mirip dengan Planoly, Hootsuite juga menyediakan fitur kalender harian untuk meng-upload konten disertai dengan jam yang spesifik.

Jadi, dari keempat aplikasi pengatur feed Instagram dan jadwal postingnya di atas mana yang akan kamu gunakan demi menunjang bisnis kamu atau eksistensimu di media sosial? Sesuaikan saja ya dengan kelebihan dan kebutuhan kamu, semoga bermanfaat!

Swasthi Mangundjaya

Community Manager
Kuliahnya di Surabaya menjadi awal pertemuannya dengan komunitas dan festival film. Setelah kuliahnya rampung, kembali pulang ke Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Community Manager di Studio Antelope.
Swasthi Mangundjaya

Latest posts by Swasthi Mangundjaya (see all)

Baca Juga:  Streaming Film di Video on Demand

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares