7 Film Anak Nasional Paling Inspiratif

Selamat Hari Anak Nasional, mari kita menonton film anak! Mengingat anak-anak adalah fase yang paling penting dalam menanam nilai, budaya, dan karakter. Sehingga dalam memilih film perlu mempertimbangkan nilai kandungan film apakah pantas untuk ditonton oleh anak-anak atau tidak. Karena pilihan film anak nasional masih terbilang tidak terlalu banyak, tapi diantaranya banyak film bagus dan mendidik lho! Bahkan bagi orang dewasa atau orang tua saja bisa sangat terhibur. Jika kamu sedang mencari rekomendasi film lainnya, kami punya 4 Rekomendasi Film Untuk Merayakan Hari Sumpah Pemuda! Nah, berikut adalah 6 film anak nasional yang bisa kamu rekomendasikan ke adik atau keponakan kamu!

Petualangan Sherina

Oh ya, siapa yang nge-fans dengan Sherina karena film ini? Generasi 90-an pasti mengenal film ini! Film Petualangan Sherina adalah salah satu film yang wajib untuk kalian tonton. Film ini merupakan film musikal yang telah memberikan kenangan indah untuk anak-anak karena memiliki jalan cerita yang ringan dan seru. Petualangan Sherina juga sempat menjadi film yang menggemparkan perfilman Indonesia, lho. Pada tahun 2000, industri perfilman Indonesia sedang tidak begitu baik, namun film ini berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta penonton di bioskop!

Joshua Oh Joshua

film anak nasional: joshua oh joshua

Menyusul kesuksesan film Petualangan Sherina, film musikal datang lagi di bioskop pada tahun 2001. Kali ini dibintangi oleh artis cilik Joshua Suherman dan Mega Utami, dengan judul Joshua Oh Joshua. Film ini menceritakan kehidupan Joshua sebagai anak dari keluarga miskin yang berjuang untuk belajar sambil bekerja di Jakarta. Namun, temannya selalu hadir untuk menyemangati dan menghiasi hari-hari mereka dengan tarian dan nyanyian.

Doremi And You

Film ini merupakan salah satu dari sedikitnya film musikal untuk anak Indonesia yang terbaru. Film karya BW Purbanegara bekerjasama dengan GoodWork terbaru ini menceritakan tentang satu geng pertemanan. Mereka harus mengikuti lomba menyanyi demi menebus uang teman-temannya yang hilang. Melalui cerita mereka, kita bisa belajar tentang tanggung jawab, persahabatan, dan keberagaman agama teman-teman kita. Doremi and You ini dibintangi oleh salah seorang aktris dan penyanyi cilik yang banyak penggemarnya, Naura.

Baca Juga:  Perbedaan Sequel, Prequel, Remake, Reboot, dan Spinoff

Kulari Ke Pantai

Setelah memproduksi film-film legendaris, rumah produksi Miles Film akhirnya kembali membuat film untuk anak-anak, nih. Riri Riza dan Mira Lesmana sudah tidak diragukan lagi dalam membuat film untuk anak-anak, sudah terbukti di Petualangan Sherina. Nah, Kulari ke Pantai karya Riri Riza ini menceritakan tentang seorang anak dari kota yang mengalami culture shock ketika harus bepergian bersama sepupunya yang berasal dari kota Nusa Tenggara Timur. Keduanya belajar untuk memahami satu sama lain dan lingkungan baru yang dikunjunginya. Film yang bertema road movie ini, bisa membuat penontonnya ingin sekali melakukan road trip bersama keluarga dan saudara!

Petualangan Menangkap Petir

Anak-anak dan film, adalah sebuah kombinasi yang jarang digunakan dalam ide cerita. Petualangan Menangkap Petir mencoba menggunakan formula tersebut. Apa jadinya ya kalau sekelompok anak-anak berusaha membuat film di sebuah pedesaan? Nah, film Petualangan Menangkap Petir mungkin bisa jadi jawabannya. Film yang disutradarai oleh Kuntz Agus ini bisa memberikan semangat untuk anak-anak untuk mempunyai mimpi besar. Melalui film ini, kita bisa mengikuti petualangan Sterling dalam meraih mimpinya bersama teman-teman baru di sebuah pedesaan sekitar Boyolali. Selain itu film ini juga memperlihatkan serunya bermain dengan teman-teman secara langsung dibandingkan berinteraksi lewat internet dengan gadget masing-masing.

Koki-Koki Cilik

Bagaimana jika tema anak-anak dilekatkan dengan tema memasak? Koki-Koki Cilik yang disutradarai Ifa Isfansyah ini berusaha mengombinasikannya. Film ini menceritakan tentang Cooking Camp khusus anak-anak dan diharuskan membuat sebuah masakan terbaiknya. Jika kamu pernah mendengar program TV “Master Chef Junior Indonesia”, nah beberapa pesertanya turut terlibat menjadi aktor dan aktrisnya. Tidak lama ini, sudah rilis sekuelnya, Koki-Koki Cilik 2 yang kini Viva Westi sebagai sutradaranya.

Baca Juga:  Manfaatkan Instagram Sebagai Personal Branding

Laskar Pelangi

Kelihaian Riri Riza dalam mengarahkan film anak-anak tidak perlu diragukan lagi. Laskar Pelangi film keluaran tahun 2008 ini terbilang fenomenal bisa mengundang lebih dari 4,7 juta penonton! Meski diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata yang sangat populer juga, tapi filmnya mampu menjadi sebuah hiburan yang berbeda pula. Film ini bercerita tentang Ikal, seorang anak yagng bersekolah dengan sangat sederhana. Bahkan Ikal dan kawan-kawannya hampir saja tidak bisa bersekolah dikarenakan batas minimal jumlah muridnya tidak terpenuhi. Tetapi, perjuangannya dan gurunya, Ibu Mus, tidak sia-sia. OST ini juga terbilang sukses yang dinyanyikan oleh Nidji dengan judul yang sama.

Bagaimana? Sudah menentukan film yang tepat untuk ditonton di Hari Anak Nasional? Jangan lupa untuk menonton di situs online yang legal, agar kita bisa mendukung filmmaker Indonesia untuk memproduksi film anak-anak lagi di masa depan. Selamat Hari Anak Nasional!

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.

Latest posts by Yosua Imantaka (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

× How can I help you?