5 Film Tentang Fotografi yang Wajib Ditonton Fotografer!

Karya seni fotografi memiliki cerita-cerita menarik di balik proses pengerjaannya. Beberapa diantaranya bahkan dapat memberikan pelajaran hidup yang sangat berharga bagi fotografer maupun penikmat karya fotografi. Berikut adalah 5 film tentang fotografi yang harus kamu tonton untuk memahami seluk-beluk fotografi di berbagai belahan dunia. Kamu juga perlu nih mengetahui beberapa 5 tips memotret untuk meningkatkan kualitas foto Instagrammu.

Finding Vivian Maier

Nama Vivian Maier tidak dikenal ketika ia masih hidup. Namun, pengalaman hidupnya terekam dalam karya-karya fotografi yang tersimpan dalam sebuah peti. Karya-karya yang ditemukan secara tidak sengaja tersebut menyimpan banyak cerita mengenai lingkungan sekitar Maier. Ironisnya, foto-foto tersebut tidak menceritakan latar belakang Maier serta motivasinya dalam menggeluti fotografi bagi dirinya sendiri.

Film dokumenter Finding Vivian Maier merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengetahui pribadi di balik karya-karya fotografi yang patut diapresiasi atas keindahannya. Informasi yang sangat terbatas menjadi tantangan tersendiri untuk menyelidiki pribadi Vivian Maier yang hadir secara misterius. Walaupun begitu, karya Maier dianggap memiliki bagian penting dalam dunia street photography.

The Bang Bang Club

Film ini menceritakan tentang sekelompok photojournalist yang sedang bertugas di tengah konflik yang berkecamuk sebelum runtuhnya pemerintahan apartheid di Afrika Selatan. Judul The Bang Bang Club sendiri diambil dari nama kelompok photojournalist tersebut yang terdiri dari 4 anggota; Kevin Carter, Greg Marinovich, ken Oosterbroek, dan João Silva.

Film The Bang Bang Club menampilkan pekerjaan fotografer yang harus siap sedia dalam segala situasi. Melalui film ini kita bisa belajar bagaimana peran karya fotografi dalam menjembatani suatu daerah dengan dunia internasional. Selain itu, film ini juga memperlihatkan cerita dibalik salah satu foto karya Kevin Carter yang sempat mengguncang dunia. Keadaan politik dan krisis kemanusiaan yang disaksikan secara langsung olehnya memberikan beban psikologis yang hebat, sehingga film ini memperlihatkan kita akan beratnya profesi photojournalist.

Everybody Street

Film tentang fotografi dokumenter Everybody Street membahas tentang semangat dalam street photography, khususnya pada kota New York. Lima orang street photographer membagikan pengalamannya dalam merekam keadaan yang terjadi pada sekitarnya di jalanan dengan gaya masing-masing. Pengalaman kolektif fotografer-fotografer tersebut membentuk sebuah narasi mengenai manusia-manusia yang mendiami New York serta keadaan jalanan dari waktu ke waktu.

Baca Juga:  12 Babak Formula Cerita Hero's Journey

Everlasting Moments

Kehadiran kamera dalam hidup seseorang dapat mengubah cara pandang akan kehidupan di sekitarnya. Hal ini terjadi pada hidup seorang ibu bernama Maria Larrson dalam film Everlasting Moments. Latar belakang waktu yang terletak pada tahun 1911 dalam film ini memperlihatkan betapa berharganya sebuah kamera analog bagi Larrson untuk menemukan jati dirinya di usia yang sudah dewasa. Walaupun Larrson tidak mendapatkan pendidikan fotografi, insting yang ia miliki dalam mengambil gambar melampaui keahlian fotografer handal. Bakat terpendam yang ia temukan dalam fotografi merubah perjalanan hidupnya untuk lepas dari hubungan dengan suaminya yang bersifat sangat destruktif.

War Photographer

Film dokumenter War Photographer merangkum kisah seorang photojournalist yang bertugas selama 20 tahun untuk merekam kerusakan-kerusakan yang terjadi di Kosovo dan Rwanda pasca-perang. Narasumber utama pada film ini, James Nachtwey, menceritakan kedekatan dirinya dengan karya fotografi yang telah ia buat. Ia juga mengajak kita sebagai penonton untuk melihat profesi photojournalist, terutama pada daerah perang, secara lebih dekat. Hal ini memberikan wawasan bagi kita semua tentang perjalanan yang dialami untuk mengambil gambar agar lebih mengerti akan kisah yang terkandung dalam sebuah karya fotografi.

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.

Latest posts by Yosua Imantaka (see all)

Baca Juga:  Bocoran Struktur Naskah Film Pendek

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: