5 Film Tentang Makanan yang Menggugah Selera

Hari ini adalah World Food Day, yang selalu diperingati di tanggal 16 Oktober. Salah satu hal yang paling enak ketika menonton pastinya adalah sambil makan, entah sembari makan popcorn atau bahkan makan indomie malam hari. Bagaimana jika makanan yang biasa kamu makan dijadikan sebuah film? Pastinya tidak hanya menampilkan visual makanan yang menggiurkan, tetapi juga memiliki jalan cerita yang menarik. Kamu bisa menikmati visual dari proses makanan tersebut dibuat. Bagi pecinta kuliner, boleh nih makan favoritmu sambil menonton film tentang makanan ini!

Tabula Rasa

Film yang disutradarai oleh Adriyanto Dewo ini mengangkat tema makanan Indonesia yang membuat kita seakan menikmati setiap masakan Padang yang divisualisasikan. Tabula mengangkat cerita tentang masakan Padang seperti rendang, ayam, dendeng, cincang dan juga ikan kakap, yang diambil secara detail dan berhasil membuat kita kelaparan setelah selesai menonton filmnya. Tabula juga merupakan food film pertama di Indonesia.

Ratatoullie

Film animasi yang tayang pada tahun 2007 ini memiliki cerita yang unik, bagaimana seekor tikus yang sangat mencintai budaya kuliner Perancis dan memiliki keinginan untuk bekerja di restoran terbaik di Perancis. Namun, biasanya citra restoran yang baik dinilai dari kebersihan dapurnya. Film ini memberikan sebuah animasi makanan yang membuat kita seakan-akan mencium bau rempah-rempah dan kaldu khas kuliner Perancis, seperti yang biasa kita lihat di dapur.

Aruna Dan Lidahnya

Film ke-17 Dian Sastro ini disutradarai oleh Edwin dan diproduksi oleh Palari, yang juga film yang di adaptasi dari novel Laksmi Simanjutak. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan yang ahli wabah penyakit dari unggas dan sangat mencintai makanan. Tidak hanya Dian Sastro, dalam film ini juga diperankan oleh Nicholas Saputra, Oka Antara dan Hannah Al Rashid. Visual yang disajikan dalam film ini adalah potret hidangan nusantara yang tidak hanya membuat kita lapar tetapi juga membuat kita ingin berkuliner mencoba makanan nusantara yang lain. Bahkan kita diajak ke berbagai kota di Indonesia, dari Surabaya hingga Singkawang.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Film Pendek Tentang Tionghoa

Chef

Siapa tak mengenal Jon Favreau? Ajudan Tony Stark dalam film Iron Man ini menjadi penulis dan sutradara dan juga pemeran Carl dalam film Chef. Film yang mengangkat tentang seorang chef terkenal yang karirnya hancur karena sebuah kritik seorang food blogger di media sosial yang kemudian viral. Film ini berfokus pada proses membangun karir Carl dan bijak dalam bertutur di media sosial. Tetapi film ini tetap akan membuat kamu kelaparan karena visual makanan yang ditampilkan ini sangat mendetail, bahkan Jon Favreau sebagai Carl kursus memasak, masakan Perancis.

Julie & Julia

Diangkat dari kisah nyata tentang dua karakter utamanya, yang naskahnya diadapatasi dari dua buku berbeda yakni “My Life in France” oleh Alex Prud’homme dan “Julie & Julia 365 Days, 524 Recipes, 1 Tiny Apartment Kitchen” oleh Julie Powell. Film ini memiliki alurnya yang maju mundur dari tahun 1949 dan 2002, mereka memiliki kisah hidup yang hampir mirip tetap karakter Julia terasa lebih kuat dan unik. Makanan yang disajikan pun cantik-cantik dan proses memasaknya semakin membuat kita ingin ke mencicipi makanan Perancis. Film ini juga merupakan film terakhir dari sang penulis naskah dan sutradara, Nora Ephron sebelum meninggal pada 2012.

Denita Putri Raharja

Content Creator
Denita adalah lulusan jurusan Film & Sinematografi Telkom University, Bandung. Penggemar desain grafis, film, dan drama Korea. Sehari-hari bertanggung jawab mendesain konten-konten di media sosial Studio Antelope.
Denita Putri Raharja

Latest posts by Denita Putri Raharja (see all)

Baca Juga:  5 Tipe Pengunjung Festival Film, Kamu Yang Mana?

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: