20 Istilah Dalam TikTok Yang Wajib Kamu Ketahui

Bahas istilah dalam Twitter udah, bahas istilah dalam Instagram juga udah, kalau gitu sekarang kita bahas istilah dalam TikTok kali yah! Seperti yang kita semua sudah tahu, TikTok merupakan platform distribusi konten video singkat yang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir.

Oh ya buat yang belum tahu, Studio Antelope juga sudah punya akun TikTok lho, klik di sini dan jangan lupa follow yah. Oh ya selain itu kemarin kita juga sempat bikin film lho di TikTok. Bikin film di TikTok? Emang bisa/ Bisa dong, coba aja mampir ke link berikut ini buat menonton film X&Y, film pendek vertikal pertama di TikTok.

Ini dia istilah dalam TikTok yang perlu kamu ketahui biar gak ketinggalan zaman!

Oke ehem, berhubung udah beberapa waktu main TikTok, jadi kita udah mulai paham nih sama beberapa bahasa gaulnya. Kita bahas satu per satu yuk!

CEO _____

Kalau kata CEO udah sering kita dengar lah ya. CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer alias pimpinan tertinggi dalam sebuah perusahaan. Nah kalau di TikTok, CEO itu merujuk pada orang yang benar-benar menguasai suatu topik. Misalnya: “CEO of Filmmaking”, artinya si kreator itu pandai banget dalam urusan filmmaking. Yah kurang lebih mirip-mirip lah sama istilah “S3 ____”

Check

Kata check ini pasti udah gak asing lagi buat yang main TikTok. Jadi intinya kata check ini tuh kayak ‘checklist’ dari ciri-ciri yang ingin kamu tonjolkan. Misalnya di awal video kamu menyebut, ‘filmmaker independen check!’, nah isi videonya kamu bisa bikin jokes lewat ciri-ciri yang mewakili ‘filmmaker independen’ tadi, misalnya ‘minjem alat temen buat syuting’ atau ‘ngajak temen jadi aktor’, dsb.

Ini dia istilah dalam TikTok yang perlu kamu ketahui biar gak ketinggalan zaman!

Creators

Meskipun sudah banyak orang yang menggunakan istilah TikTokers untuk menyebut kreator TikTok, tapi tahu gak kamu kalau sebetulnya TikTok official tidak pernah menggunakannya. Nah makanya dalam acara-acara TikTok, istilah ‘creator TikTok’ lebih sering dipakai. Intinya sama kok sebenernya: merujuk pada orang-orang yang membuat konten TikTok.

Discovery Page

Laman ini mirip dengan laman Explore di Instagram. Bedanya di Discovery Page TikTok, kamu bisa menemukan hashtag-hashtag yang sedang trending di TikTok juga banner-banner iklan yang sedang promosi.

Drafts

Drafts merupakan fitur TikTok yang memungkinkan kamu membuat video di satu waktu, menyimpannya, lalu mengunggahnya di waktu yang lain. Caranya mudah, saat kamu sudah selesai mengedit videomu, kamu tinggal klik ‘Save as Draft’ dan video kamu akan masuk ke dalam bagian Draft.

Duets

Duets merupakan salah satu fitur keren yang ada di TikTok. Nah jadi fitur ini tuh memungkinkan kamu berkolaborasi dengan creator lain. Nanti layarnya kayak dibagi dua gitu guys, jadi seolah-olah kamu bisa berinteraksi dengan konten yang udah lebih dulu dibuat sama si kreator tersebut.

Flex / Flexing

Istilah flex dan flexing ini nampaknya cukup populer di kalangan Gen-Z. Jadi flex artinya pamer atau memamerkan sesuatu di TikTok. Misalnya kamu bikin konten sama pacar baru, nah bisa aja kamu lagi dianggap ‘flexing pacar baru’.

FYP

FYP adalah singkatan dari for you page, atau kalau diterjemahkan halaman buatmu. Nah cara kerjanya mirip laman explore di Instagram, tapi bedanya algoritma TikTok bisa langsung menawarkan konten yang kira-kira kamu sukai. FYP ini yang bikin TikTok berbeda dengan media lainnya, karena siapa pun punya kesempatan viral yang sama lewat laman FYP TikTok ini.

Glow Up

Glow up adalah istilah yang artinya kamu membuatĀ improvementĀ yang cukup signifikan dalam hidup kamu. Nah glow up ini bisa berarti secara fisik, penampilan, maupun mental ya guys! Jadi bisa aja kamu glow up secara penampilan alias memakai pakaian yang keren atau dandan. Atau bisa juga kamu memutuskan untuk nulis diary atau membaca buku supaya diri kamu lebih ‘glow up’.

Lit

Lit adalah ungkapan yang menunjukan sesuatu keren atau luar biasa. Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang kamu sukai. Misalnya: “wow The Batman is lit!” yang mengartikan film The Batman sangat keren.

IB

TikTok memang merupakan platform yang kolaboratif. Di sini kamu bisa saling menginspirasi sesama kreator. Nah IB adalah singkatan dari inspired by alias terinspirasi dari. Jadi kalau kamu bikin konten yang terinspirasi dari kreator lain, kamu bisa menuliskan IB di konten kamu.

Ini dia istilah dalam TikTok yang perlu kamu ketahui biar gak ketinggalan zaman!

Q&A

Menurut kami fitur Q&A ini adalah salah satu fitur keren di TikTok. Q&A adalah fitur di TikTok yang memungkinkan followers kamu untuk bertanya di akun kamu. Nah pertanyaan yang sudah terkumpul itu nantinya bisa kamu jawab lewat konten gitu guys. Berbagi ilmu pun jadi makin mudah deh!

POV ____

POV adalah singkatan dari point of view. Betul sesuai dengan istilah POV dalam film, istilah POV di TikTok merujuk pada jenis video yang ngasih lihat sudut pandang tertentu. Misal kamu membuat video dan menuliskan “POV Pacaran sama Aku”, nah artinya di video kamu meletakan kamera seolah-olah itu sudut pandang pacar kamu.

Report

Report adalah salah satu fitur TikTok yang bisa kamu gunakan untuk melaporkan aktivitas, kata-kata, atau konten yang kamu anggap tidak layak dan menimbulkan efek negatif, misalnya: pelecehan, cyberbullying, rasisme, dsb. Inget guys, hal-hal kayak gini gak boleh kita tolerir, harus kita report kalau nemu!

S3 ____

S3 adalah singkatan dari Strata 3 atau jenjang pendidikan tertinggi dalam dunia akademis. Nah di TikTok istilah S3 merujuk pada seseorang yang amat pandai dan cerdik dalam suatu hal. Misalnya: kamu melihat satu perusahaan melakukan campaign marketing yang jitu dan out of the box di TikTok, nah kamu bisa menyebutnya dengan ‘S3 marketing’.

SMH

SMH adalah kependekan dari shaking my head alias geleng-geleng kepala. Jadi misalnya ketika kamu melihat konten TikTok viral tentang perilaku orang yang tidak menyenangkan, kamu bisa menulis komen “duh kenapa harus gitu sih? smh” yang berarti kamu menggelengkan kepala akibat perilaku orang tersebut.

Spill

Spill secara harfiah artinya “menumpahkan”. Nah dalam dunia maya, spill artinya menumpahkan berita atau menceritakan suatu gosip hangat. Misalnya ketika kamu mau menceritakan satu rahasia, kamu bisa menuliskan “guys aku mau nge-spill salah satu cerita aku dan mantanku nih”.

Stitch

Stitch adalah fitur di TikTok yang mirip dengan Duets. Namun bedanya apabila Duets membuat videomu dan video kreator lain bersebelahan (split screen), maka fitur Stitch membuat video kreator lain bermain lebih dulu, lalu baru video yang kamu buat. Biasanya fitur ini dipakai untuk mengomentari atau merespon video buatan kreator lain.

Template

Template merupakan salah satu fitur di TikTok yang memudahkan kamu membuat video. Dengan menggunakan Template kamu tinggal memasukan video atau foto sesuai yang diminta dan voila, videomu selesai dan siap diunggah!

#xyzbca

#xyzbca adalah salah satu hashtag yang cukup populer di TikTok. Tujuan orang menggunakan hashtag ini adalah agar lebih mendapat kesempatan masuk ke FYP alias for you page. Kurang lebih fungsinya sama lah dengan hashtag #foryoupage atau #fyp.

Itu dia istilah-istilah dalam TikTok yang perlu kamu ketahui. Tertarik membaca artikel menarik lainnya? Yuk klik di sini ya!

No Comments

Post A Comment
×

Hello! Please contact our team below according to your needs.

× How can I help you?