5 Lokasi Syuting di Jakarta Yang Dapat Kamu Gunakan

Dalam sebuah produksi film, tentunya lokasi syuting menjadi salah satu unsur yang sangat penting. Tanpa lokasi, sebuah produksi film tidak akan dapat berjalan. Biasanya pemilihan lokasi akan disesuaikan dengan kebutuhan cerita dan visi dari sang sutradara. Jika kamu bisa mendapat lokasi yang menarik, hal itu akan menjadi nilai plus untuk film kamu.

Sekarang sudah banyak tempat menarik yang dapat dijadikan lokasi syuting. Sudah banyak lokasi dengan keunikan dan keindahannya di Jakarta dan sekitarnya yang menarik perhatian para filmmaker. Buat kamu yang sedang mencari lokasi syuting di daerah Jakarta dan sekitarnya. Sebelum kamu menemukan lokasi syuting di Jakarta kamu perlu membaca aturan tidak tertulis di lokasi syuting film yang perlu kamu pahami. Nah, sekarang, yuk, coba cek 5 lokasi syuting berikut ini:

Kota Tua

Alamat: Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat

Lokasi Syuting Jakarta: Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu tempat wisata terkenal di daerah Jakarta. Selain terkenal sebagai tempat wisata, Kota Tua juga terkenal sebagai lokasi syuting dan spot foto di daerah Jakarta. Di sini, banyak sekali spot menarik yang sering dijadikan lokasi syuting film ataupun iklan. Salah satu ciri khas Kota Tua adalah terdapat bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda di Indonesia.

Jika kamu sedang mencari lokasi syuting dengan konsep film di era zaman dahulu, Kota Tua sangat cocok untuk kamu. Terdapat berbagai museum yang khas bangunan Hindia-Belanda. Selain itu ada “Café Batavia”, tempat hits dengan gaya arsitektur Belanda yang kental. Tidak hanya itu, ada juga berbagai atraksi menarik di halaman Kota Tua.

Stasiun Tanjung Priuk

Alamat: Jl. Tenggiri, Tj. Priok, Jakarta Utara

Stasiun Tanjung Priok bisa dipakai untuk lokasi syuting di Jakarta

Bagi kamu yang sedang mencari lokasi stasiun untuk syuting, Stasiun Tanjung Priuk bisa jadi pilihan yang oke. Stasiun yang berada di seberang Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, ini menjadi salah satu stasiun yang paling sering dipakai sebagai lokasi syuting. Sudah banyak film atau iklan yang menggunakan stasiun ini. Hal tersebut dikarenakan Stasiun Tanjung Priuk terdapat banyak gerbong yang tidak aktif. Kondisi stasiun pun jadi tidak sesibuk stasiun lainnya di Jakarta, sehingga dapat mempermudah proses syuting berjalan.

Baca Juga:  5 Aturan Penting Membuat Pre Production Meeting yang Efektif

Selain lokasi Stasiun yang cukup kondusif untuk kegiatan syuting, Stasiun Tanjung Priuk memiliki bangunan yang menarik. Ciri Khas Tempo Dulu masih melekat pada bangunan Stasiun. Sehingga unsur tersebut menjadi daya tarik tersendiri di lokasi ini.

Taman Ismail Marzuki

Alamat: Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Jakarta Pusat

Gedung Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta

Sebagai salah satu pusat pagelaran seni di Jakarta, Taman Ismail Marzuki seringkali dijadikan tidak hanya sebagai tempat pertunjukan atau pameran, namun juga lokasi syuting untuk film maupun iklan. Terdapat dua macam teater di Taman Ismail Marzuki ini, pertama ada teater besar dan juga teater kecil. Perbedaan keduanya hanya terdapat dalam ukuran theater, interior teater, dan gedung yang didapatkan saja. Sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan lokasi scene teater, atau panggung.

Lobby Taman Ismail Marzuki
Di bagian depan dan lobby Gedung Taman Ismail Marzuki terlihat cukup modern. Kamu dapat menjadikan bagian lobby gedung untuk scene kantor, ataupun kampus. Selain lokasi interior gedung, terdapat area outdoor Plaza Taman Ismail Marzuki. Di mana dari bagian ini dapat terlihat arsitektur Gedung Taman Ismail Marzuki yang unik. Juga terdapat bagian halaman yang fungsional. Kamu juga bisa cari tahu informasih lebih lanjut di website tamanismailmarzuki.jakarta.go.id

The Breeze, BSD, Tangerang

Alamat: BSD Green Office Park, Jl. BSD Grand Boulevard, Sampora, BSD, Tangerang

Lokasi Syuting di Daerah Serpong: The Breeze

Ada lagi tempat hits di daerah BSD, Tangerang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, dan cukup dekat dengan pintu Tol BSD. The Breeze merupakan salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan modern dengan konsep outdoor. Banyak kafe, restoran dan spot outdoor menarik dengan pemandangan indah. Terdapat jembatan, danau, dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada arena bowling yang juga bisa dijadikan tempat syuting.

Baca Juga:  5 Tips Memberi Saran Rekan Setim Produksi Film

The Breeze sangat cocok dijadikan lokasi syuting untuk kebutuhan produksi film dengan banyak scene dalam satu hari. Dikarenakan banyak spot menarik untuk berbagai kebutuhan sceneberbeda. Sehingga secara produksi dapat menghemat waktu perpindahan antar scene.

Gunung Pancar, Sentul

Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor

Lokasi Syuting Hutan di Bogor: Gunung Pancar
Lokasi pegunungan sering menjadi pilihan filmmaker dalam pembuatan film. Salah satu lokasi pegunungan di sekitar Jakarta adalah Gunung Pancar. Keindahan alam dan keasrian wisata alam Gunung Pancar menjadi daya tarik tersendiri. Di dalamnya banyak sekali pepohonan tinggi dan rindang, mulai dari pohon Pinus hingga Rotan. Juga ada area tangga dan alur trek pendakian di sepanjang pegunungan.

Gunung Pancar sudah sering dijadikan lokasi syuting video ataupun pemotretan. Bagi kamu yang sedang mencari lokasi syuting untuk scene hutan, atau pegunungan, kamu bisa coba datang ke sini untuk survey. Namun untuk syuting di Gunung Pancar, kamu harus mengurus perizinan ke beberapa pihak, salah satunya Perhutani selaku salah satu pengelola.

Nah, gimana apakah cukup menjadi referensi kamu untuk mencari lokasi syuting di Jakarta dan sekitarnya? Ingat, jangan lupa untuk mencari tahu bagaimana izin untuk syuting ya!

Livia Agatha

Producer
Livia adalah seorang produser lulusan Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang. Sebelum menjadi produser tetap di Studio Antelope, Livia Agatha memulai karir sebagai Talent Coordinator di beberapafilm pendek & web series.
Livia Agatha
Baca Juga:  Bikin Dokumenter Ala Yuda Kurniawan

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar: