Mending Syuting di Studio Atau Lokasi Asli?!

Banyak filmmaker yang sering kebingungan menentukan lokasi syuting, antara syuting di dalam studio atau lokasi sungguhan, mana yang kira-kira memiliki hasil lebih baik, ya? Studio Antelope pun beberapa pertimbangan buat kamu sebelum memilih lokasi syuting yang tepat!

Pertimbangan Finansial

Kita ga bisa menampik kalau kebutuhan finansial harus dipikirkan matang-matang dalam pembuatan sebuah film. Apalagi, faktor lokasi juga sangat menentukan, kira-kira berapa anggaran yang dibutuhkan untuk beragam peralatan, kebutuhan kru, dan sebagainya. Syuting di studio biasanya akan membutuhkan alokasi biaya sewa dan tambahan biaya untuk pembuatan properti special effects, sementara syuting di lokasi sungguhan bisa membantu kita menghemat biaya karena seringkali tak membutuhkan properti tambahan selain setting yang tersedia di sana.

Pertimbangan Teknis

Mana yang lebih baik: syuting di studio atau lokasi asli nih?

Syuting di studio tentu bikin kita lebih leluasa mengatur properti ataupun hal-hal lain yang kita butuhkan dalam setting. Misal kita mau merekam adegan di dalam rumah, kita bisa membuat serta menata rumah tersebut sesuai selera kita. Sementara kalau kita menggunakan lokasi sungguhan, seringkali ada faktor X yang tidak kita duga terjadi selama syuting berlangsung. Misal kita menggunakan rumah sungguhan untuk merekam adegan di dalam rumah, bisa jadi ada bagian-bagian rumah yang tidak layak untuk direkam, atau ada masyarakat yang lalu lalang dan cuaca yang tak bisa diprediksi.

Pertimbangan Akses dan Perijinan

Akses dan perijinan merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih lokasi syuting.

Syuting di studio bisa membuat kita leluasa melakukan aktivitas produksi di sana, karena ada jadwal yang sudah disepakati bersama sesuai dengan biaya yang harus dibayar juga. Beda dengan syuting di lokasi sungguhan, pastikan kamu mengantongi izin terkait, karena beberapa tempat pasti punya regulasi dan peraturan khusus tentang kegiatan yang melibatkan orang banyak di sana.

Pertimbangan Realisme

Sebaik-baiknya set di studio, tak bisa menyaingi nuansa realisme yang ditawarkan oleh lokasi asli.

Setiap sutradara punya pendekatan masing-masing. Satu cerita yang sama, apabila digarap oleh dua sutradara yang berbeda, maka menghasilkan dua karya yang berbeda total. Pertimbangan realisme merupakan salah satu pertimbangan penting dalam memilih syuting di lokasi asli atau di studio. Bagaimanapun juga, syuting di dalam studio dan membangun set dari nol tak akan mampu menyaingi nuansa realisme yang dimiliki oleh lokasi aslinya. Tekstur, guratan di tembok, coretan, lantai yang somplak, dsb adalah beberapa hal yang tak dimiliki oleh set yang dibangun di dalam studio.

Nah, dengan beberapa pertimbangan yang udah kami sebutkan tadi, semoga gak bikin kamu makin bingung ya!

No Comments

Leave a Reply