Menjadi Makeup Artist Untuk Film

Selain kostum seorang karakter, makeup juga menjadi aspek yang penting dalam penghidupan karakter. Studio Antelope berkesempatan untuk berbicara dengan seorang makeup artist yang juga terlibat dalam Elegi Melodi, yaitu Christy Pramarsita. Dalam perbincangan ini, Christy memberikan gambaran yang lebih jelas tentang segala hal berbau makeup dalam dunia perfilman, dari tipe-tipenya sampai bagaimana caranya untuk bisa menjadi seorang makeup artist di dalam film. Yuk, kita kupas peranan penting makeup dalam film!

Apa sih fungsi makeup dalam film?

Christy mengungkapkan bahwa makeup di sebuah film itu berfungsi untuk menunjang pembentukan karakter yang lebih dalam. Menurutnya makeup juga berperan penting dalam membantu penyampaian naratif.

Ada berapa tipe makeup di dalam film?

Ada tiga tipe makeup yang paling umum di dalam film. Yang pertama disebutkan oleh Christy adalah straight makeup. Straight makeup berguna untuk menonjolkan karakter dan biasanya digunakan untuk mengkoreksi muka aktor. Straight makeup juga merupakan makeup yang memberikan kesan natural look.

Tipe makeup yang kedua adalah character makeup, yaitu makeup yang digunakan untuk membantu menyesuaikan aktor berdasarkan kebutuhan cerita. Contohnya adalah untuk membuat seorang aktor terlihat lebih tua atau lebih muda dari umur aslinya.

Yang terakhir adalah special effect makeup. Makeup tipe ini merupakan makeup yang dapat membuat efek-efek tertentu sesuai kebutuhan suatu cerita, seperti luka sampai aktor yang harus diubah menjadi hantu atau monster.

Bagaimana cara membuat makeup look untuk film?

Makeup look dalam film itu harus disesuaikan dengan karakter yang ingin dibentuk. Misalnya, aktor yang memainkan peran anak sekolah yang adegannya mayoritas memiliki setting sekolah, makeup-nya harus dibuat senatural mungkin untuk memunculkan karakter anak sekolahan yang sebenarnya.

Baca Juga:  6 Tipe Sutradara Film, Kamu Yang Mana?

Bagaimana proses koordinasi dan kolaborasi makeup artist dengan wardrobe?

Christy menguraikan beberapa tahapan yang ada di dalam proses kolaborasi kedua departemen tersebut. Pertama keduanya harus hadir di dalam PPM (Pra-Production Meeting) untuk mendapatkan pemahaman cerita dan karakter yang akan diangkat di dalam film. Kemudian, keduanya akan menyesuaikan berdasarkan kebutuhan karakter dalam cerita dan juga masukan dari sutradara. Setelah kedua tahapan tersebut, kedua tim akan berdiskusi dalam pembuatan mood board agar sesuai antara wardrobe dan makeup. Lalu pada akhirnya mereka akan melakukan fitting wardrobe dan test makeup, di mana kedua tim akan melihat dan memeriksa lagi apakah makeup dan wardrobe sudah selaras dan sesuai dengan kebutuhan karakter di dalam filmnya.

Kamu juga bisa lihat ulasan tentang wardrobe lho di sini: Peran Penting Penata Busana Film

Untuk menjadi makeup artist dalam film, hal apa saja yang harus dipelajari?

Menurut Christy, hal yang penting dipelajari untuk menjadi seorang makeup artist selain basic makeup adalah referensi, khususnya adalah referensi dari film-film lain.

Selain referensi, pengalaman juga menjadi penting. Pengalaman bisa didapatkan dengan mengikuti banyak project di mana seorang makeup artist bisa melewati proses learning by doing dimana mereka akan tahu apa saja yang harus dilakukan di lapangan.

Setelah itu baru bisa memilih fokus ke dalam salah satu tipe makeup dari tiga tipe makeup di dalam film (straight makeup, character makeup, dan special effect makeup).

Lebih susah jadi makeup artist dalam film drama dan action atau horror?

Makeup special effect memerlukan pembelajaran yang lebih dalam, menurut Christy. Seperti dalam film horor, makeup dalam film itu akan membutuhkan banyak special effect dan membuatnya akan lebih rumit dibandingkan dengan natural look.

Apa sih yang jarang diketahui publik mengenai divisi makeup?

Dari pengalaman pribadi Christy, orang banyak yang menganggap makeup yang ada di dalam film didasarkan pada ego makeup artist di dalam film tersebut. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Seorang makeup artist akan membuat makeup berdasarkan kebutuhan karakter dari cerita film yang mau diangkat.

Baca Juga:  5 Perbedaan Akting Panggung dan Film

Selain itu, makeup di dalam film harus sangat memperhatikan continuity. Seorang makeup artist dalam film harus sangat memahami scene dan shot yang mau diambil pada saat shooting dan hafal akan continuity makeup dari karakter.

Sudah lebih mengerti tentang makeup di dalam film kan? Sekarang yuk cek video Siasat Sinema terbaru dengan Christy Pramarsita untuk melihat tutorial straight makeup!

Putri Odelia Devin

Content Writer
Mulai mengenal film melalui film musikal dan film animasi Disney dari kecil, Putri Odelia menjadi tertarik dengan storytelling dan pertunjukkan. Selain merupakan sarajana ekonomi, ia juga menghabiskan waktunya dengan menulis fiksi dan berakting dalam pertunjukkan.
Putri Odelia Devin

Latest posts by Putri Odelia Devin (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

shares