Nominasi Best Actress Oscar 2019

Academy Awards sudah tinggal menghitung hari! Kalau kemarin kita sudah membahas mengenai nominasi Aktor Terbaik Oscar 2019, kali ini kita akan mengupas nominasi Aktris Terbaik. Siapa saja sih aktris yang mendapatkan nominasi dan seperti apa persiapan untuk memerankan peran yang mereka mainkan? Mari simak nominasi Best Actress Oscar 2019!

Yalitza Aparicio

Nominasi Best Actress Oscar 2019 yang pertama adalah Yalitza Aparicio atas perannya di film ‘Roma’. Percaya atau tidak, Yalitza Aparicio belum pernah bermain di dalam sebuah film. Ia pun tidak pernah bermimpi untuk menjadi seorang aktris. Bahkan sebenarnya, kakak dari Aparicio-lah yang harusnya mengikuti audisi untuk peran Cleo. Tapi karena kehamilannya, kakaknya menyuruh Aparicio yang tidak memiliki latarbelakang akting sama sekali untuk mengambil kesempatan itu. Aparicio yang sedang belajar menjadi seorang guru bertemu dengan sutradara Alfonso Cuarón. Saat itulah Cuarón merasa menemukan bintangnya pada pandangan pertama. Untuk memainkan peran Cleo, yaitu seorang pembantu rumah tangga, Aparicio tidak melakukan banyak preparasi. Ia hanya melihat ke dalam dirinya sendiri dan mencoba untuk mencari hubungan diantara dirinya dan peran tersebut.

Saat ditanyakan apakah ia ingin melanjutkan kariernya sebagai seorang aktris, ia menyatakan kesediaannya, tetapi ia juga merasa bahwa ia masih butuh banyak belajar. Semoga kita bisa melihat perkembangan Aparicio di film-film selanjutnya ya!

Glenn Close

Glenn Close merupakan pelari terdepan di kategori ini dan wajar saja, di dalam kariernya sebagai aktris, Close sudah mengumpulkan banyak sekali nominasi dan penghargaan. Untuk penghargaan Oscar, ia sudah mendapatkan nominasi sebanyak enam kali. Permainannya di film ‘The Wife’ juga telah memenangkannya penghargaan Nominasi Best Actress dari Penghargaan Golden Globe dan SAG. Di dalam film ini, Close memerakan Joan Castleman, istri dari seorang penulis Joe Castleman (Jonathan Pryce) yang akan dihadiahkan Nobel Prize. Lalu seorang reporter mengancam untuk membongkar kebenaran dibalik hubungan mereka. Untuk mempersiapkan peran ini, Close mengambil inspirasi dari ibunya yang menurutnya ditindas oleh ayahnya di dalam pernikahan mereka.

Rekomendasi film-film Glenn Close lainnya: Fatal Attraction, 101 Dalmatians, Albert Nobbs, The World According to Garp, The Big Chill, dan The Natural.

Olivia Colman

Olivia Colman merupakan aktris Inggris dengan perhitungan penghargaan yang cukup banyak. Tetapi permainannya di dalam film ‘The Favourite’-lah yang berhasil mendapatkannya Nominasi Best Actress Oscar 2019. Dalam film The Favourite, Colman memainkan seorang ratu, yaitu Queen Anne. Sedangkan Emma Stone dan Rachel Weisz yang juga mendapatkan nominasi Oscar untuk peran mereka di film ini bermain sebagai dua sepupu Queen Anne yang berkompetisi untuk menjadi favoritnya. Walaupun ini bukan pertama atau terakhir kalinya Colman memainkan seorang ratu, kali ini ia harus menaikkan berat badannya untuk menggambarkan karakter Queen Anne yang besar karena ia tidak mau memakai prosthetics sama sekali.

Rekomendasi film dan serial TV Olivia Colman lainnya: Tyrannosaur, Hyde Park on Hudson, The Lobster, Broadchurch, Hot Fuzz, dan Murder on the Orient Express.

Lady Gaga

Selain Yalitza Aparicio, Lady Gaga juga nominee yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam berakting. Gaga yang banyak dikenal orang sebagai musisi pop dengan gaya yang eksentrik hanya pernah berakting sekali. Film sebelumnya adalah ‘Sin City: A Dame to Kill For’, dimana ia memainkan peran yang kecil. Awal tahun 2019, ia sudah mendapatkan banyak nominasi dan memenangkan penghargaan Best Actress bersama dengan Glenn Close dari Critics’ Choice Awards. Di dalam film ‘A Star is Born’, Gaga menjadi Ally, seorang pelayan dan penyanyi. Sayangnya, ia tidak bisa menemukan kesuksesan. Hingga suatu hari Jack Maine (Bradley Cooper) menemukannya di bar dimana ia bekerja. Dengan berjalannya cerita dan kisah cinta mereka berdua, Ally menjadi bintang pop besar yang tidak terlalu berbeda dari diri Gaga sendiri. Untuk film ini pun Gaga mengakui bahwa ia harus benar-benar membuka dirinya secara mental maupun fisik.

Melissa McCarthy

Dari Spy hingga Bridesmaid, Melissa McCarthy sudah mengeluarkan banyak film komedi yang membuat audiens tertawa. Kali ini McCarthy mendapatkan nominasi Best Actress Oscar untuk perannya di film drama biografi ‘Can You Ever Forgive Me’. Film ini menceritakan mengenai hidup Lee Israel, seorang biografer para artis, seperti: Katharine Hepburn, Tallulah Bankhead, Estee Lauder, dan Dorothy Kilgallen. Saat tidak ada yang mau menerbitkan karyanya lagi, Israel akhirnya mencoba untuk menghidupkan kembali kariernya dengan memalsukan surat-surat dari penulis yang telah meninggal. Karena kebanyakan dari buku-buku yang Israel tulis bukan tentang dirinya sendiri, untuk persiapan memainkan karakter Lee Israel, McCarthy mengandalkan dua produser film ini, yaitu David Yarnell dan Anne Carey yang mengenal Israel dengan sangat dekat.

Rekomendasi film-film Melissa McCarthy lainnya: Bridesmaids, Identity Thief, Spy, The Heat, St. Vincent, dan Ghostbusters.

Jadi aktris manakah yang menurutmu akan mendapatkan penghargaan untuk nominasi Best Actress Oscar 2019?

No Comments

Leave a Reply