Perbedaan Efek Khusus (SFX) dan Efek Visual (VFX)

VFX dan SFX. Pernah denger dua istilah itu? Atau sering denger, tapi juga sering kebalik-balik buat bedain keduanya? Dua elemen ini emang sering muncul di dunia perfilman dan saling melengkapi untuk menghasilkan film yang berkualitas. Biar begitu, mereka punya beberapa perbedaan mendasar loh!

VFX atau Visual FX adalah singkatan dari visual effects alias efek visual. Elemen-elemen yang kira-kira sukar dimunculkan dalam kamera melalui rekaman langsung, dapat direka menggunakan visual effects dengan melakukan manipulasi digital pada tahap pasca produksi. Manipulasi digital ini sendiri bisa dibuat dengan mengombinasi beberapa footage live action, atau justru dibuat seluruhnya dengan menggunakan computer-generated images (CGI), atau mengombinasi footage live action dengan pemanfaatan CGI untuk mewujudkan tampilan yang lebih realistik. Selain CGI, wujud visual effects lainnya bisa berupa motion capture, modelling, compositing, dan sebagainya. Pernah nonton Jurassic World kan? Nah, sebagian besar dinosaurus di film itu didesain menggunakan CGI.

 

Nah, kalo special effects (SFX) alias efek khusus adalah efek yang dihasilkan dari seperangkat perlengkapan set yang dibuat selama produksi, seperti properti, ledakan, stuntman, tata rias, animatronik, pyroteknik, dan sebagainya. Efek-efek ini direkam langsung oleh kamera, jadi bukan dibikin di pasca produksi. Jurassic Park juga menggunakan special effects, yaitu berupa animatronik (boneka elektronik) tyrannosaurus rex.

Nah, dengan penjelasan singkat ini, semoga kamu gak bingung lagi ya dengan pengertian visual effects maupun special effects!

No Comments

Leave a Reply