Riri Riza dan Cerita Tentang Ibu

Ada banyak sekali film tentang ibu. Sebut saja Mommy (2014) karya Xavier Dolan, Lady Bird (2017) karya Greta Gerwig, atau Madeo (2010) karya sutradara Korea Selatan, Bong Joon Ho. Walaupun berbeda genre, ketiganya memiliki kedekatan yang sangat personal, terlihat tidak hanya dari ceritanya tetapi juga permainan visualnya yang begitu dekat. Nah, bagaimana dengan di Indonesia?!

Kebetulan ada seorang sineas Indonesia yang jago banget meracik cerita tentang hubungan ibu dan anak, terbukti beberapa di antaranya berhasil menyabet macam-macam penghargaan. Siapa lagi kalo bukan Riri Riza! Nah, ini dia 3 rekomendasi film Studio Antelope seputar film-film yang mengisahkan hubungan ibu dan anak, dan spesialnya, dibikin oleh Riri Riza!

1. Eliana, Eliana

Pernah dinominasikan untuk melaju dalam Vancouver Film Festival, Eliana, Eliana menuturkan hubungan Ibu dan anak yang sangat nyata. Kadang akur, kadang berantem, kadang yang satunya batu, dan yang lainnya harus banyak mengalah. Penasaran gak sih gimana bumbu-bumbu sederhana itu dikemas jadi menarik di tangan Riri Riza? Tontonan wajib nih!

 

2. Athirah

Film biopik tentang ibunda Jusuf Kalla ini juga begitu akrab dengan kehidupan perempuan Indonesia, terutama yang telah berumah tangga. Gak cuma sibuk mengurus suami dan anak, kadang para Ibu juga harus cerdas dalam mengelola rumah tangga di tengah-tengah kungkungan adat yang tak selalu relevan dengan perkembangan jaman. Abis nonton film ini, siap-siap kangen Ibu!

 

3. Kulari Ke Pantai

Dikemas secara menyenangkan, kita seakan diajak oleh Sam dan ibunya menjelajahi Pulau Jawa. Dan lewat film ini, Riri Riza seakan mengulang kesuksesan Petualangan Sherina setelah sekian lama gak membuat film anak-anak. Anyway, abis nonton Kulari ke Pantai, jadi pengen ajak Ibu roadtrip berdua gak sih?!

Comments