10 Sekolah Film di Luar Negeri

Saat ini film bukan hanya digemari, sebagian anak muda memimpikan bergabung dan menekuni dunia perfilman. Kuliah di jurusan perfilman sudah tak bisa dipandang sebelah mata, sebab pekerjaan di dunia film sangat menjanjikan. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah sineas muda yang meraih penghargaan di berbagai festival film nasional maupun internasional. Sebagai bekal, tentu kita harus mempelajari ilmu perfilman. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan perfilman, tapi kalau kamu berniat sekolah film di luar negeri, sepuluh kampus unggulan ini bisa menjadi pilihanmu. Bagi kamu yang ingin sekolah film di dalam negeri, kami juga punya daftarnya kok!

University of California, Los Angeles (UCLA)

Jurusan Film dan Televisi di UCLA mendorong pengembangan visi mahasiswa yang menggabungkan nilai-nilai kreatif, praktis, intelektual, dan estetika. Program ini memberikan latar belakang yang luas di lapangan dan dalam keragaman praktik film dan televisi, termasuk kursus dalam sejarah dan teori, pemikiran kritis, penulisan skenario, dan dasar-dasar film. Mahasiswa di UCLA memiliki enam fokus studi pada jurusan perfilman. Dengan penerimaan di bawah 20 persen, artinya setiap mahasiswa di kampus tersebut merupakan orang-orang pilihan yang akan menciptakan karya spektakuler. Beberapa alumnus UCLA, yaitu Francis Ford Coppola, Rob Reiner, dan Alexander Payne.

University of Southern California (USC)

Divisi Produksi Film dan Televisi di USC mengajarkan kepada siswa cara membuat konten yang menarik dan diminati untuk layar dengan berbagai ukuran, baik itu IMAX atau perangkat genggam. Di USC Cinematic Arts, siswa dengan cepat menjadi mahir dalam alat-alat produksi, mulai dari kamera, lampu, dan perangkat lunak pengeditan hingga teknik dan teknologi mutakhir terbaru yang merupakan proses produksi profesional. Kualitas USC di dunia perfilman tak bisa diragukan lagi. Perlu kamu ketahui bahwa USC School of Cinematic Arts hanya menerima empat hingga lima persen mahasiswa dari total jumlah pelamar sehingga lebih berat masuk ke sini dibandingkan universitas-universitas top lain, seperti Harvard, Stanford, atau Yale.

Savannah College of Art and Design (SCAD)

SCADFILM adalah program terkemuka untuk siswa dan profesional yang bekerja di film dan televisi, animasi, game, realitas virtual dan seni digital, mereka menawarkan peluang karir yang tak tertandingi untuk belajar dan berjejaring. SCAD merupakan tempat berkumpulnya orang-orang kreatif di industri perfilman. Meski populasi mahasiswa di jurusan perfilman menjadi minoritas, kampus ini memiliki fasilitas perfilman yang mumpuni. Dengan ketersediaan alat-alat terbaik tersebut, kamu bisa belajar mengambil gambar apa pun yang diinginkan.

Baca Juga:  3 Formula Cerita Untuk Membuat Penonton Menangis

Chapman University Dodge College

Universitas ini diakui sebagai salah satu dari sepuluh sekolah film terbaik di dunia dan menduduki peringkat 7 oleh The Hollywood Reporter di antara sekolah film Amerika. Dodge College of Film and Media Arts menawarkan serangkaian gelar sarjana dan pascasarjana yang membahas perkembangan bisnis hiburan, sehingga kamu tidak hanya belajar tentang bagaimana cara bercerita, tapi juga tentang apa yang diperlukan untuk memproduksi, membiayai, memasarkan dan mendistribusikan cerita yang ingin kamu ceritakan. Chapman ini adalah solusi bagi mahasiswa yang ingin tinggal di Los Angeles (LA), Amerika Serikat, tetapi tidak ingin terlarut dalam hiruk-pikuk kota yang terlalu ramai. Dilansir College Magazine, kampus ini menawarkan empat konsentrasi bidang perfilman dan memiliki fasilitas yang luar biasa untuk menciptakan dan mengedit film.

California State University (CSU), Northridge

Di CSU jurusan Film dan Televisi pelatihan akademik dan profesional untuk karir di industri hiburan dan bidang terkait. Program ini berkomitmen kuat untuk menyeimbangkan antara pendidikan teoritis dan praktis.CSU Northridge mengajak para mahasiswa mempraktikkan pengetahuan filmnya secara langsung. Kampus ini dijamin memberikan kualitas pendidikan film terbaik. CSU juga punya tiga program komprehensif untuk jurusan film yang ideal bagi mahasiswa dengan dilengkapi teknologi dan laboratorium editing yang canggih.

Loyola Marymount University (LMU)

LMU secara konsisten masuk dalam peringkat teratas oleh The Hollywood Reporter. Kampus ini menawarkan setidaknya lima fokus pembelajaran film yang berbeda dalam satu jurusan. Mahasiswa yang belajar film di sini akan mendapat latar pendidikan yang berkualitas ditambah fasilitas dan alat perfilman yang profesional. LMU memiliki Laboratorium Animasi Walter and Grace Lantz yang dilengkapi dengan teknologi digital paling canggih, menjadikan LMU sebagai salah satu universitas yang memiliki program animasi pertama di dunia yang menawarkan sinematografi virtual. Kalau kamu ingin menjadi seorang sineas, animator, penulis skenario, atau sinematografer, LMU akan memberikan fasilitas alat untuk menghidupkan kisahmu.

Baca Juga:  Butuh Suasana Baru? Nih Rekomendasi Tempat Asyik Untuk Menulis

Emerson College

Di Emerson College, kamu akan belajar langsung dari orang berpengalaman yang merupakan pengajar, praktisi film yang berbakat, dan mendapat manfaat dari belajar di kota yang berada di peringkat lima besar pasar media AS. Emerson memiliki 13 program berbeda dalam satu jurusan film. Sekolah film luar negeri ini cocok untuk individu yang kreatif dan ingin mengejar karier di bidang media. Dengan peralatan yang profesional, mahasiswa kampus ini disiapkan untuk masuk pasar kerja secara langsung. Emerson College juga memberikan kesempatan magang yang luar biasa. Para alumnus bahkan sudah bekerja di The Colbert Report, Warner Brothers, Fox, dan perusahaan produksi film lainnya.

San Francisco University (SFSU)

Jika kamu ingin bekerja di dunia sinematografi dengan kelas interaktif praktis, SFSU merupakan pilihan tepat. Kamu bisa mendapatkan gelar sarjanamu dalam waktu 32 Bulan. SFSU menyediakan fasilitas pembuatan film yang modern dengan empat konsentrasi untuk para mahasiswanya. Kampus ini juga mempersiapkan para mahasiswanya untuk masuk dunia kerja dengan memberikan kursus di media dan budaya.

Columbia College Chicago

Columbia College Chicago menawarkan dua pilihan gelar terkait film: Bachelor of Arts (BA) di bidang Filmmaking dan Bachelor of Fine Arts (BFA) di Cinema Art and Science. BA mungkin menjadi pilihan terbaik kalau kamu ingin gambaran luas tentang pembuatan film atau ingin membuat lebih banyak karya eksperimental. Sedangkan BFA lebih mempelajari spesialisasi. Kamu dapat memilih konsentrasi dan memfokuskan studi Anda dalam satu aspek proses pembuatan film. Lebih dari tujuh program pada jurusan film membuat Universitas ini menjadi tempat terbaik untuk belajar perfilman. Di Columbia College Chicago, mahasiswa dapat mengombinasikan berberapa cabang ilmu, seperti desain dan modernitas. Kampus ini juga memiliki peralatan yang lengkap, canggih, dan profesional untuk menunjang pendidikan para mahasiswanya.

Baca Juga:  12 Babak Formula Cerita Hero's Journey

New York University (NYU)

Tisch School of the Arts iadalah salah satu sekolah di New York University. Sekolah ini didirikan pada tahun 1965. Sekolah ini mempunyai 2700 orang sarjana dan 500 siswa magister. Tisch sering dikenal untuk program actingnya, dan program filmnya. NYU memiliki beragam program bagi calon-calon sineas, bahkan sampai program pascasarjana. Salah satu daya tarik kampus ini yaitu fasilitas yang super lengkap dan luar biasa bagi para pembuat film. Meski begitu, NYU lebih cocok untuk para mahasiswa pascasarjana yang punya banyak pilihan karier. Dapat dipastikan, salah satu lulusan dari NYU akan menjadi sineas berbakat di suatu negara.

Bagi kamu yang ingin sekolah film di luar negeri, semangat ya semoga terwujud!

Dewi Masithoh Fahrur

Content Writer
Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta jurusan Penyiaran. Memiliki ketertarikan di bidang perfilman dan bercita-cita memiliki production house sendiri. Roman & Drama Keluarga merupakan genre favoritnya. Dewi memiliki ketertarikan dengan dunia disabilitas dan ingin membuat film tentang mereka.
Dewi Masithoh Fahrur
No Comments

Tulis Komentar: