5 Software Video Editing Gratis

Sebagai seorang editor pemula, mempelajari video editing bisa dimulai dengan memahami hal-hal dasar melalui software yang sederhana. Selain menyediakan user interface yang lebih mudah dipahami, software sederhana bagi pemula juga dapat diakses secara gratis. Hal ini dapat mempersiapkan kita untuk membiasakan diri dengan fitur-fitur yang lebih rumit dalam software profesional berbayar nantinya. Selain itu, software tersebut juga bisa digunakan untuk kalian yang hanya ingin menggunakan fitur tertentu tanpa pengaturan yang rumit. Baca juga 4 hal yang harus diperhatikan sebelum mengedit film pendek. Berikut adalah daftar lima software video editing gratis yang bisa menjadi pilihanmu.

Software Video Editing Gratis Terbaik

Videopad (Windows & MacOS)

Videopad adalah software untuk video editing yang bernaung di bawah NCH Software. User interface yang mudah dan ukuran file yang ringan menjadi keunggulan software ini. Ukuran Videopad bisa menjadi sangat ringan karena hanya berfokus pada pengeditan video. Sedangkan tools khusus untuk mengedit audio dapat diperoleh secara terpisah sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Software ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis selama masa trial dalam sebulan pertama. Setelah masa trial selesai, software ini masih bisa digunakan walaupun terdapat beberapa batasan pada tools tertentu.

Movie Maker (Windows)

Bagi kalian pengguna setia Windows, software ini mungkin tidak begitu asing. Movie Maker merupakan software bawaan Windows pada beberapa tahun silam, sehingga dapat kamu temukan dalam sistem operasi Windows sebelum tahun 2013. Sayangnya, Windows versi terbaru sudah tidak lagi menyediakan Movie Maker sebagai software bawaan. Walaupun begitu, Movie Maker masih bisa di-install pada versi Windows terbaru, meskipun tidak banyak pembaruan yang disediakan bagi software ini.

iMovie (MacOS & iOS)

Software iMovie merupakan software video editing gratis yang hanya tersedia untuk perangkat khusus Apple. Karena Apple memproduksi software dan perangkat hardware sendiri, iMovie menjadi sebuah video editor yang telah dioptimalkan untuk perangkat-perangkat Apple seperti Mac, Macbook, iPhone, dan iPad. Hasil dari pengoptimalan software ini sangat berpengaruh dalam fungsi dan fitur yang disediakan. Salah satunya adalah kolaborasi antarperangkat, dimana kamu bisa memulai pengeditan video di iPad lalu dilanjutkan di Macbook secara nirkabel melalui AirDrop.

Baca Juga:  Lens Hack - Cara Mudah Mengakali Lensamu

Freemake Video Converter (Windows)

Jika kebutuhanmu dalam mengedit video sangat sederhana, Freemake bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Freemake Video Converter merupakan software untuk sistem operasi Windows yang dapat diunduh secara gratis. Sesuai dengan namanya, fitur yang diunggulkan oleh software ini terletak pada fleksibilitas dalam mengubah ekstensi file video. Namun, software ini juga menyediakan fitur untuk mengedit video walaupun fungsinya sangat terbatas: memotong dan menyambungkan video.

VSDC Video Editor (Windows)

Nah, kalau kamu ingin mulai belajar tentang pengeditan video secara lebih serius, VSDC Video Editor bisa menjadi alternatif yang oke. Software ini memiliki fitur yang cukup lengkap jika dibandingkan dengan software gratis lainnya. Selain memotong dan menyambungkan video, VSDC Video Editor juga menyediakan pilihan yang lebih lengkap untuk proses coloring dan audio editing. Fitur-fitur tersebut bisa menjadi sarana belajar sebelum kamu beralih ke software berbayar dengan tools yang lebih rumit. Sayangnya, VSDC Video Editor hanya tersedia untuk sistem operasi Windows.

Bagaimana? Sudah kah kamu menentukan software yang tepat untuk kebutuhanmu? Hati-hati dengan situs unduhan yang tidak dapat dipercaya, ya! Pastikan kamu mengunduh software-software tersebut di situs resmi masing-masing.

Yosua Imantaka

Content Writer
Seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi di Universitas Sebelas Maret yang sedang menekuni penulisan kritik film. Kerap ditemukan menangis setelah menonton film coming-of-age.
Baca Juga:  Istilah Shot Dalam Film Yang Perlu Kamu Ketahui

Artikel Terkait:

No Comments

Tulis Komentar:

shares