6 Tahap Pengembangan Ide Kreatif Film

Proses membuat sebuah film membutuhkan waktu yang panjang, bahkan tidak sedikit film membutuhkan proses pembuatan bertahun-tahun sampai film tersebut dapat didistribusikan dan ditonton oleh publik. Secara garis besar terdapat 5 tahapan dalam proses pembuatan film, yaitu development, pre-production, production, post-production, distribution. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut tahapan pertama dalam proses pembuatan film, yaitu development. Tahap pengembangan ide kreatif film adalah tahapan awal dalam proses pembuatan film yang menjadi fondasi penting dari sebuah film. Pada tahap ini, cerita dan pendanaan film adalah hal yang paling banyak akan dibahas.

Story

Cari tahu 6 tahap pengembangan ide kreatif film
Proses pengembangan ide kreatif film dimulai saat produser memilih sebuah cerita, cerita ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti novel, webtoon, cerpen, video game, series, film lain yang sudah ada, cerita nyata, ataupun ide original. Di tahap ini, produser perlu mengurus copyright dan intellectual property (IP) dari cerita tersebut, dapat dari pembuatnya langsung atau pihak lain yang memilikinya. Produser perlu membuat kesepakatan dan membeli copyright dan intellectual property (IP) tersebut untuk dijadikan film.

Synopsis

Setelah menentukan cerita film, selanjutnya produser akan bekerjasama dengan penulis untuk membuat sinopsis. Gabungan dari beberapa kalimat yang mewakili cerita film secara singkat. Tujuan penulisan sinopsis untuk membuat orang tertarik lebih lanjut terhadap proyek film.

Treatment

Lalu dilanjutkan dengan membuat treatment untuk menentukan struktur film dari awal, tengah, akhir. Jika menggunakan struktur 3 babak dapat dimulai dengan persiapan, konfrontasi, dan resolusi. Di treatment, scene by scene breakdown sudah lengkap, yang belum ada hanyalah dialog.

Script

Selanjutnya, penulis akan mulai menulis script, tahap ini biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai script dengan tingkat dramatisasi, kejelasan, struktur, karakter, dialog, dan gaya keseluruhan yang sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga:  Bikin Dokumenter Ala Yuda Kurniawan

Packaging

Packaging adalah salah satu tahap development film
Setelah script selesai, produser akan membuat packaging film untuk keperluan pitching dengan tujuan mencari pendanaan film, dengan menyertakan informasi tentang film, seperti genre film, target penonton, referensi, aktor, aktris, dan sutradara yang ingin diajak bekerjasama.

Finance

Setelah script dan packaging film jadi, produser akan mencoba menawarkan film tersebut ke berbagai pihak, seperti investor perorangan atau perusahaan, studio film, dan lainnya, untuk mencari pihak yang tertarik dengan proyek film dan juga tertarik untuk pendanaan film. Selain itu, produser akan menawarkan proyek film ini ke aktor, aktris, dan sutradara yang ingin diajak bekerjasama.

Jika pitch proyek film ini berhasil, yaitu ketika produser sudah mendapatkan green light dari pihak yang akan mendanai proyek film, selanjutnya pihak-pihak yang terlibat di proyek film ini akan bernegosiasi lebih lanjut untuk mencapai kesepakatan dan menandatangani kontrak kerjasama.

Setelah kesepakatan dan kontrak kerjasama selesai dikerjakan, di saat inilah tahap development film selesai. Tetapi perjalanan proses pembuatan film baru saja dimulai, selanjutnya proyek film sudah siap
memasuki tahap selanjutnya, yaitu tahap pre-production, lalu dilanjutkan dengan production, post production, dan distribution.

Florence Giovani

Head Producer
Tertarik menggeluti bidang kreatif sejak kecil. Memulai karir sebagai desainer grafis, sebelum akhirnya mendirikan Studio Antelope dan bekerja penuh sebagai produser.
Florence Giovani

Latest posts by Florence Giovani (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

× How can I help you?