6 Tipe Sutradara Film, Kamu Yang Mana?

Sutradara adalah orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas masalah artistik dan teknis dalam pementasan drama, pembuatan film, dan sebagainya. Sutradara bertanggung jawab atas aspek-aspek kreatif pada film baik dari segi naratif maupun sinematik dan sutradara berperan aktif dalam membimbing kru, pemeran dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya. Sutradara juga bertugas memberikan visi pada film yang dibuat, menentukan arah film itu. Ada beberapa tipe sutradara film demi merealisasikan visinya, kami tuliskan 6 tipenya:

1. Sutradara Konseptor atau Laissez Faire

Jenis sutradara ini membantu pemain mengekspresikan dirinya, membiarkan pemain bebas mengembangkan konsep individualnya secara kreatif agar melaksanakan peran dengan sebaik-baiknya. Tetapi juga masih terikat dengan pokok penafsiran naskah dari visi sutradara.

ini dia salah satu tipe sutradara film2. Sutradara Diktator atau Gordon Craig

Jenis sutradara ini sangat mengharapkan pemain dicetak seperti kemauan dirinya sendiri, pemain tidak bisa melakukan kreativitasnya sendiri. Semua harus mengikuti kemauannya dan juga tidak menerima masukan dari kru yang terlibat.

3. Sutradara Koordinator

Jenis sutradara ini menempatkan diri sebagai pengarah produksi film atau orang yang mengkoordinasikan pemain dengan konsep pokok penafsirannya.

4. Tipe Sutradara Paternalis

Sutradara yang satu ini bertindak sebagai guru yang mengamalkan ilmu dengan mengasuh para anggota produksi yang terlibat. Produksi film disamakan dengan padepokan, sehingga yang terlibat produksi film adalah murid yang harus setia kepada sutradara.

Kalau Garin Nugroho, tipe sutradara film yang mana ya?

5. Tipe Sutradara Pendidik

Jenis sutradara ini bersikap ”Tut Wuri Handayani”, hanya memberi petunjuk bila dianggap perlu. Sehingga, sutradara ini akan turun tangan ketika sudah ada hal jika ada hal yang benar-benar urgent.

6. Tipe Sutradara Interpreter

Naskah, naskah, dan naskah! Jenis sutradara ini berpegang penuh pada interpretasi terhadap naskah secara kaku sehingga pemain dituntut mengikuti naskah dan tidak bisa melakukan kebebasan kreatifitasnya.

Baca Juga:  Apa itu Mise en Scene dan Kenapa Penting untuk Diperhatikan

Itulah beberapa jenis sutradara film, jika kalian bercita-cita sebegai sutradara jadilah sutradara yang memberikan visinya dengan baik dari pilihan di atas yang manakah tipe paling cocok buatmu? Kalau kamu yang sudah pernah menjadi sutradara, tipe sutradara yang manakah kamu? Setelah mengetahui jenis-jenis sutradara film, kamu juga perlu tahu tugas sutradara film, yang bisa kamu baca disini.

Dicky Dwiaji Himawan

Content Writer
Dicky Dwiaji Himawan lahir di Tegal, 6 Mei 1997. Mulai tertarik dengan dunia perfilman sejak SMP dan memiliki hobi menonton film. Menempuh pendidikan program studi film di salah satu sekolah tinggi swasta di Yogyakarta.
Dicky Dwiaji Himawan

Latest posts by Dicky Dwiaji Himawan (see all)

No Comments

Tulis Komentar:

shares