Lulu Ratna Kasih Tips Lolos Festival Film

Teruntuk para filmmaker, pernah ga sih gemas banget kenapa film kamu ga bisa lolos di festival film yang kamu inginkan? Padahal udah berusaha sedemikian mungkin untuk bikin film yang “kamu” banget, atau yang eksperimental banget, atau bahkan yang arthouse banget? Sedangkan, ada pembuat film lain yang sudah berkali-kali atau pasti filmnya masuk ke festival. Penasaran apa aja sih tips lolos festival film?

Sebelumnya, kamu harus mengetahui ekosistem festival film dulu dan paham dasarnya festival film. Studio Antelope sempat mewawancarai salah satu aktivis film yang fokus pada pemutaran dan festival. Lulu Ratna! Ia sudah lama berkecimpung di film lho, ia aktif di Boemboe Forum dan juga mengajar di Universitas Multimedia Nusantara. Ada beberapa hal penting ia sampaikan:

Penyelenggara-Filmmaker-Programmer

Ketiga pihak ini yang bisa saling menentukan festival film akan terbentuk. Karena setiap festival film punya statement sendiri, mau dibentuk seperti apa festivalnya. Disesuaikan dengan visi misinya, sehingga hal ini juga menentukan film mana yang akan dipilih. Biasanya, di dalam festival film juga ada programmer yang bertugas mengkurasi atau memilih film untuk di festival film. Terakhir adalah filmmaker. Kalau kata Mbak Lulu Ratna adalah “try to be genuine as possible” karena biasanya programmer atau festival film mencari film yang fresh. Ketiga ini saling menentukan bagaimana industri film bisa berkembang dengan baik. Karena ketiga ini saling membutuhkan, posisinya sejajar. Tidak ada festival film kalau tidak ada yang membuat film. Programmer juga tidak bisa memilih film kalau tidak ada film yang menarik. Jadi gaada tuh yang ngerasa lebih baik atau lebih tinggi kedudukannya!

Biar kamu lebih jelas, mending langsung dengerin penjelasannya Mbak Lulu Ratna soal tips lolos festival film di video ini:

Swasthi Mangundjaya

Community Manager
Kuliahnya di Surabaya menjadi awal pertemuannya dengan komunitas dan festival film. Setelah kuliahnya rampung, kembali pulang ke Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Community Manager di Studio Antelope.
Swasthi Mangundjaya

Latest posts by Swasthi Mangundjaya (see all)

No Comments

Tulis Komentar: